Berita Terkini

PELATIHAN & SIMULASI PENANGGULANGAN BENCANA KEBAKARAN RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG

shadow

Sabtu, 05 November 2016 RS. Jiwa Prof. HB. Saanin Padang berkerjasama dengan pihak Dinas Pemadam Kebakaran BPBD Kota Padang mengadakan kegiatan Simulasi.Penanggulangan Bencana Kebakaran. Hal ini merupakan upaya RS. Jiwa Prof. HB. Saanin Padang untuk melatih serta menyiapkan SDM dalam penanggulangan bencana  sesuai dengan standard operasional prosedur penanggulangan bencana dan mampu menanggulangii kebakaran dalam skala kecil baik dengan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) maupun dengan cara tradisional.

Kegiatan ini ikuti oleh seluruh Unit dan Team dari RS. Jiwa Prof. HB. Saanin Padang, mulai dari Petugas Kebersihan, Perawat, Dokter, Security sampai ke Jajaran Direksi ikut dalam simulasi pemadaman api menggunakan APAR tersebut.

Adapun Susunan Tim Simulasi Bencana Kebakaran ini adalah :

  1. Pelindung                                : Direktur
  2. Penasehat                               : Pejabat Esselon III
  3. Ketua Pelaksana                     : Bentoniwarman, SKM
  4. Sekretaris                                : Ns. Dwi Rahmi, SKM, S.Kep
  5. Tim Code Red                          : Zulfa Emna, S.Pd & Anggota
  6. Tim Code Blue                         : dr. Novi Susanti Hasan& Anggota
  7. Tim Bantuan Medis                  : dr. Nasramita & Anggota
  8. Ketua & Anggota Tim Penilai   : Ns. Syafrizal, S.Kep & Anggota
  9. Tim Pemadam Kebakaran       : Anggota Pemadam Kebakaran BPBD Kota Padang
  10. Tim P Jawab Perlengkapan     : Armendo Febrian, Amd

 

Dalam kesempatan sebelum simulasi di mulai peserta mendapatkan teori terdahulu dari BPBP cara mempergunakan APAR ( Alat Pemadaman Api Ringan ) dengan benar dan baik dan cara memadamkan api sesuai prosedur dengan memperhatikan keselamatan diri.

Simulasi penanggulangan bencana kebakaran RS. Jiwa Prof.HB. Saanin Padang terjadi di gudang penyimpanan barang bekas ( gedung bekas Gizi lama) berdekatan dengan Ruangan Nuri yang menjadi timbulnya sumber apI. Perawat yang bertugas di Ruangan Nuri dengan sigap melakukan prosedur penangan serta melakukan panggilan “Code Red” yang artinya terjadi kebakaran. Petugas helm merah bertugas sebagai pemadam api, Helm biru bertugas melakukan evakuasi pasien, helm putih bertugas mengevakuasi dokumen-dokumen, dan Helm kuning bertugas mengevakuasi alat-alat medis. Tim penangulangan Bencana RS. Jiwa Prof.HB. Saanin Padang dengan sigap melakukan koordinasi dengan insiden commander serta seluruh petugas yang bertangggung jawab melakukan evakuasi pada pasien serta lainya.

Dengan diselenggarakannya Pelatihan dan Simulasi Penanggulangan Bencana Kebakaran yang di fasilitasi oleh Bidang Pendidikan dan Latihan, Penelitian dan Pengembangan RS. Jiwa Prof. HB. Saanin Padang, merupakan bukti nyata bahwa RS. Jiwa Prof. HB. Saanin Padang berkomitmen dalam meningkatkan mutu pelayanan dan Keselamatan terhadap pasien.(Humas_hbsaanin)

 


Back to top