CEGAH KANKER SERVIKS, RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG GELAR PEMERIKSAAN IVA TEST & SADANIS

Dalam rangka mensukseskan program Pemerintah RS. Jiwa Prof. HB. Saanin Padang menggelar pemeriksaan IVA (Inpeksi Visual dengan Asam Asetat)dan Pemeriksaan Payudara Klinis (SADANIS), bertempat di Poliklinik Premium Wing RS. Jiwa Prof. HB. Saanin Padang.Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 (tiga) hari mulai hari Jumat, tanggal 19 Oktober 2017 sampai dengan 24 Oktober 2017. 

Kegiatan ini juga merupakan tindak lanjut dari surat edaran Gubernur Sumatera Barat dalam rangka Deteksi Dini kanker Serviks dan Payudara di Bulan Oktober 2017 bagi seluruh ASN dan Non ASN di lingkungan kerja Provinsi Sumatera Barat dan Sesuai dengan arahan Ibu Negara Hj. Iriana Joko Widodo, Bulan Oktober 2017 ditetapkan sebagai bulan “Deteksi Dini Wujudkan Wanita Indonesia “Bebas Kanker” melalui Pemeriksaan Internal Visual Asam Asetat (IVA test) dan Pemeriksaan Payudara Klinis (SADANIS).

Adapun rangkaian kegiatan pelaksanaan pemeriksaan IVA (Inpeksi Visual dengan Asam Asetat) dan Pemeriksaan Payudara Klinis (SADANIS)di lingkungan RS. Jiwa Prof. HB. Saanin Padang sbb :

No.

Kegiatan

Waktu

1.

Pembentukan tim pemeriksaan IVA 

 

5 Oktober 2017

2.

Melakukan pendataan kepada seluruh karyawati dan istri karyawan di lingkungan RS. Jiwa Prof. HB. Saanin Padang yang memenuhi kriteria untuk dilakukan pemeriksaan IVA

 

9 – 13 Oktober 2017

3.

Membuat jadwal pemeriksaan IVA dengan persyaratan :

·         Wanita yang sudah menikah atau pernah menikah

·         Tidak melakukan hubungan suami-istri 3 hari sebelum pemeriksaan

·         Tidak memakai pantyliner saat melakukan pemeriksaan IVA

·         Tidak sedang menstruasi

·         Tidak sedang hamil

·         Belum pernah PAPSMEAR selama tahun 2017

·         Membawa Kartu BPJS dan KTP yang aktif.

 

16 – 18 Oktober 2017

4.

Registrasi Peserta Pemeriksaan IVA

Jumat, 20 Oktober 2017

5.

Pelaksanaan IVA test Hari Pertama (I) :

Sebanyak 62 orang dengan hasil pemeriksaan IVA negatif

Jumat, 20 Oktober 2017

6.

Pembukaan secara resmi ditandai dengan Pelepasan Balon oleh Direktur RS. Jiwa Prof. HB. Saanin Padang didampingi oleh seluruh manajemen dan pegawai RS. Jiwa Prof. HB. Saanin Padang

 

Senin, 23 Oktober 2017

7.

Pelaksanaan IVA test Hari Kedua (II) :

Sebanyak 63 orang dengan hasil pemeriksaan IVA negatif

Senin, 23 Oktober 2017

8.

Pelaksanaan IVA test Hari Ketiga (III) :

Sebanyak 20 orang, 19 orang hasil IVA negatif dan 1 orang suspect positif.

 

Selasa, 24 Oktober 2017

9.

Penutupan Pemeriksaan IVA oleh Direktur RS. Jiwa Prof. HB. Saanin Padang

 

Selasa, 24 Oktober 2017

 

Pelaksanaan Pemeriksaan IVA di lingkungan RS. Jiwa Prof. HB. Saanin Padang berjalan lancar berkat dukungan semua pihak yang telah bekerja keras, bekerjasama yaitu dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat, Dinas Kesehatan Kota Padang , Puskesmas Pauh, Puskesmas Lubuk Kilangan, BPJS dan Dukungan Direktur RS. Jiwa Prof. HB. Saanin Padang “ dr. Lily Gracediani, M.Kes, Wadir Umum Pelayanan “ dr. Aklima, MPH selaku Ketua Panitia Pelaksana Pemeriksaan IVA, seluruh manajemen, pegawai RSJ dan “ Seluruh Jajaran Panitia di lingkungan RS. Jiwa Prof. HB. Saanin Padang, dengan hasil pencapaian pemeriksaan 97,3 %.

Dengan terselenggaranya kegiatan ini dapat bermanfaat bagi Karyawati dan Istri Karyawan di lingkungan RS. Jiwa Prof. HB. Saanin Padang, untuk mengetahui sedini mungkin gejala kanker Serviks , sehingga jika ditemukan ada gejala dapat ditangani dengan segera.   (Humas_hbsaanin)

 

.

 

 

 

           

 

Share Berita :