SEJARAH SINGKAT RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG

Pada tahun 1932 di Padang terdapat dua tempat penampungan orang sakit jiwa. Lokasi pertama dibelakang Rumah&nbsp; Sakit Tentara di Parak Pisang (Sekarang Rumah Sakit Tentara Reksodiwiryo) disebut sebagai <em>Doorganghuis voorKrankzinnigen, dan ini merupakan bagian dari Militaire Hospital</em> dan lokasi kedua ditempat RSJ sekarang, disebut sebagai Koloni Orang Sakit Djiwa (KOSD) Ulu Gadut. Di Ulu Gadut ini orang sakit jiwa melakukan kegiatan pertanian (sawah,ladang dan perkebunan). Setelah diresmikan berdiri pada tahun 1932 disebut Rumah Sakit Jiwa Parak Pisang, dan Ulu Gadut adalah tempat Koloni Orang Sakit Djiwa.


Pada zaman Revolusi 1945 terjadi pengungsian orang sakit jiwa secara keseluruhan dari Parak Pisang ke KOSD Ulu Gadut karena situasi semakin tidak aman Dan 21 Januari 1947, waktu agresi Belanda terjadi lagi evakusi/pengungsisan karena situasi tidak aman lagi dari Ulu Gadut ke Sawah Lunto, menumpang dan bergabung dengan RSU Sawah Lunto (Pimpinan RSU waktu itu Dr.H.Hasan Basri Sa`anin Dt.Tan Pariaman) kemudian bernama Rumah Perawatan Sakit Jiwa (RPSD).

Tahun 1954 dilakukan pembangunan kembali serta pemugaran bangsal-bangsal di Ulu Gadut dan pasien dikembalikan secara bertahap, dan KOSD diubah namanya menjadi Rumah Sakit Jiwa Ulu Gadut.Sejak tahun 1961 statusnya diubah menjadi Rumah Sakit Jiwa Pusat Ulu Gadut Padang (kapasitas 110 tempat tidur) dan berakhir sampai tahun 2000. Berdasarkan surat Menkes-Kesos RI No 1735/Menkes-Kesos / 2000 tanggal 12 Desember 2000 perihal Pengalihan UPT dimana kepemilikan Rumah Sakit Jiwa Prof. Dr.HB.Sa`anin Padang berada dibawah Pemerintah daerah Provinsi Sumatera Barat.

Dalam pelaksanaan tugas dan kegiatan RSJ mengacu kepada Peraturan Daerah Provinsi Sumatera Barat Nomor: 7 Tahun 2010 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Rumah Sakit Jiwa Prof. HB. Saanin Padangdan dan Peraturan Gubernur Sumatera Barat No. 6 tahun 2011 tentang Rincian Tugas Pokok, Fungsidan Tata Kerja Rumah Sakit Jiwa Prof. HB. Saanin Padang. Dan Peraturan Gubernur Sumatera Barat Nomor: 440-538-2011.

Kategori:
PEDOMAN PENGELOLAAN ADMINISTRASI Pedoman Pelayanan Instalasi Rawat Inap SOP Interaksi dengan Keluarga Laporan Kinerja BLUD Dokumen RUP (Rencana Umum Pengadaan) ANJAB-ABK RKT TATA CARA PENGAJUAN PERMOHONAN PENYELESAIAN SENGKETA KE KOMISI INFORMASI Usulan Pengelola Keuangan (PA, KPA, PPK dan Bendahara) SOP Komunikasi Efektif SOP PENGELOLAAN PERMOHONAN INFORMASI Daftar Koleksi KTI DOKUMEN PERATURAN/KEPUTUSAN YANG TELAH DITETAPKAN Tugas Belajar Daftar Koleksi Audio Visual Pengumuman Prosedur Penyusunan Laporan Keuangan dan Akuntansi Panduan Asuhan Keperawatan pada Pasien Resiko Bunuh Diri Artikel SOP Bidang Diklat dan Litbang Prosedur Penyusunan Anggaran BLUD PERJANJIAN KINERJA (PK) ESELON II SOP PENDOKUMENTASIAN INFORMASI YANG DIKECUALIKAN Bezzetting Pegawai Rekrutmen Alur Pelayanan Linen Berita Populer PNS Asuhan Keperawatan NAPZA yang Menjalani Detoksifikasi Pemutkhiran Data Pegawai INFORMASI DATA PERBENDAHARAAN/INVENTARIS BARANG MILIK NEGARA Lainnya SOP Pencegahan Risiko Pasien Jatuh Standar pemberian makanan dan minuman pasien di Instalasi Gizi PROFIL RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG Pelayanan Informasi Obat FORMULIR DAN TANDA TERIMA PERMOHONAN INFORMASI INDIKATOR KINERJA UTAMA DOKUMEN TENTANG MOU/NOTA KERJASAMA Prosedur Pembentukan Dewan Pengawas Penghargaan LAKIP SPO Pemulasaran Jenazah TUGAS DAN FUNGSI PPID Program Kerja Dewan Pengawas SPO Pengelolaan Linen Prosedur Verifikasi Penerimaan dan Pengeluaran Keuangan Pedoman Pelayanan Resiko Tinggi PEDOMAN PENGELOLAAN KEUANGAN Izin Pemanfaatan Tenaga Nuklir FASILITAS PELAYANAN SOP Pindah Ruangan Buku Standar Kode Etik Keperawatan Tahun 2017-2020 LAPORAN LAYANAN INFORMASI SOP Layanan Publik Pergub No.43 Tahun 2016 LAKIP 2019 Bezzeting SKP LAYANAN UNGGULAN Daftar Nama Pegawai Mengikuti Pelatihan Laporan Semester II UKL-UPL LAKIP STRUKTUR ORGANISASI PPID DATA STATISTIK KEPEGAWAIAN SPO Pemeliharaan Peralatan Medik Alur Pelayanan Radiologi Program Kerja Bidang Keperawatan SOP PENANGANAN SENGKETA INFORMASI PUBLIK Program Kerja Sub Bidang Profesi dan Asuhan Keperawatan Tugas dan Fungsi RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG DAFTAR INFORMASI PUBLIK Informasi Penggunaan Obat Daftar Urut Kepangkatan (DUK) SOP Penitipan/Penyimpanan Barang Milik Pasien RENSTRA PERUBAHAN 2016-2021 Menu Pasien Rawat Inap di Instalasi Gizi Download SOP Pengiriman Pasien Rehabilitasi Mental INFO KEPEGAWAIAN/PENGUMUMAN Berita Terkini SK Penetapan Standar Pelayanan Verifikasi Pengeluaran Keuangan DOKUMEN PERJANJIAN PENGADAAN BARANG DAN JASA Daftar Rekapitulasi Disiplin Pegawai LAPORAN PENINGKATAN MUTU DAN KESELAMATAN PASIEN SOP Pemulangan Pasien (Dropping) Pensiun Izin Tempat Penyimpanan Sementara Limbah B3 Asuhan Keperawatan NAPZA yang Menjalani Rehabilitasi SOP PENDOKUMENTASIAN INFORMASI PUBLIK Berita Utama Daftar Surat Keputusan Direktur SPO Pemeliharaan Berkala / Kalibrasi Ekternal Peralatan Medik SOP Kepegawaian Panduan Hand Hygiene Panduan Pelayanan Pasien Tahap Terminal Surat - Menyurat RS. Jiwa Prof. HB. Saanin Padang PEDOMAN PENGELOLAAN ORGANISASI Jumlah Porsi dan Jenis Makanan yang diproduksi di Inst. Gizi Penempatan Tim Penanggulangan Bencana Daftar Judul Buku Perpustakaan RSJ VISI DAN MISI PPID PELAYANAN RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG SPO Perbaikan Peralatan Medik WEBSITE RSJ BERBASIS ANDROID Panduan Pengaplikasian Restraint dan Isolasi Pengasingan terhadap Pasien Informasi Publik Laboratorium Alur Penyelenggaraan Makanan di Instalasi Gizi SPO Hak Pasien dan Keluarga SK TIM LAYANAN PENGADUAN LAPORAN TAHUNAN Jenis-Jenis Pemeriksaan Laboratorium PEMBERI PELAYANAN Izin Belajar Laporan Keuangan SAK KALENDER KEGIATAN TAHUNAN Prosedur Pengeluaran Keuangan Anggaran APBD INFORMASI YANG DIKECUALIKAN DATA DIKLAT & PENGEMBANGAN RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG TATA CARA PENGAJUAN KEBERATAN SPO Pengambilan Sampel di Laboratorium TATA CARA PERMOHONAN INFORMASI Prosedur Penerimaan Pendapatan BLUD LAYANAN PUBLIK RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG KLINIK JIWA DEWASA INFORMASI PUBLIK RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG SOP Pengelolaan Pelaksanaan Teknis Kegiatan Laporan akuntabilitas Bidang Diklat PERATURAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK SOP Terapi Aktivitas Kelompok Panduan Pengelolaan Limbah Cair SPO Pengelolaan Limbah Cair SURAT KEPUTUSAN DIREKTUR SOP Penanganan Klien Fase Terminal RBA BLUD SPO Penarikan Peralatan Medik Panduan Komunikasi Efektif FORMULIR KEBERATAN Peta Jabatan NASKAH AKADEMIK Laporan Kegiatan Bulanan Loundry KEPUTUSAN PELAYANAN INFORMASI PUBLIK LAPORAN KEPUASAN PELAYANAN INFORMASI PUBLIK Panduan Perlindungan Harta Benda Milik Pasien Alur Pelayanan Laboratorium serta Persyaratan Pelayanan Daftar Nama Pegawai Cuti per Bulan SK Dewan Pengawas JADWAL PELAYANAN INFORMASI PUBLIK Panduan Pemeliharaan Utilitas Panduan Pengelolaan Bahan Bahaya Beracun Prosedur Pelayanan Pasien Rawat Jalan Tarif Layanan Radiologi Sarana Penerimaan Petunjuk Penggunaan APAR DAFTAR REGISTER PERMOHONAN Laporan Keuangan STANDAR BIAYA PEROLEHAN INFORMASI Prosedur Pengawasan Dewan Pengawas Evaluasi Program Kerja Ruangan Rehabilitasi Mental WBK/WBBM TARIF SOP PENETAPAN DAN PEMUKTAHIRAN DIP IJAZAH Produk Hukum Daftar Jumlah PNS per Bulan LAPORAN PELAKSANAAN VALIDITAS DATA INDIKATOR MUTU Prosedur Pelayanan Pasien IGD FASILITAS/KELENGKAPAN LAYANAN INFORMASI PUBLIK RENCANA STRATEGIS KGB SOP Pengekangan Fisik SK PPID DATA STATISTIK KEUANGAN PEDOMAN KEPEGAWAIAN PROFIL PIMPINAN RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG NON PNS RKA Panduan Resiko Jatuh SPO Penyimpanan Limbah B3 (fixer) SK Penunjukan ASN sebagai PA, KPA, PPK dan Bendahara SOP PENGELOLAAN KEBERATAN ATAS INFORMASI Panduan Penanggulangan Kebakaran Kenaikan Pangkat Panduan Perlindungan Terhadap Kekerasan Fisik SOP PENGUJIAN TENTANG KONSEKUENSI Daftar Jumlah Pegawai Non PNS per Bulan Alur Pelayanan Obat TATA CARA PENGADUAN PENYALAHGUNAAN WEWENANG/PELANGGARAN OLEH PEJABAT BADAN PUBLIK Prosedur Penyusunan Laporan Pengeluaran Keuangan BLUD Daftar Jumlah PNS per Bulan Prosedur Penyusunan Anggaran APBD SOP Interaksi dengan Pasien SOP Pelayanan Pasien Rehabilitasi Mental SK PNS PENGUMUMAN