SEJARAH SINGKAT RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG

Pada tahun 1932 di Padang terdapat dua tempat penampungan orang sakit jiwa. Lokasi pertama dibelakang Rumah&nbsp; Sakit Tentara di Parak Pisang (Sekarang Rumah Sakit Tentara Reksodiwiryo) disebut sebagai <em>Doorganghuis voorKrankzinnigen, dan ini merupakan bagian dari Militaire Hospital</em> dan lokasi kedua ditempat RSJ sekarang, disebut sebagai Koloni Orang Sakit Djiwa (KOSD) Ulu Gadut. Di Ulu Gadut ini orang sakit jiwa melakukan kegiatan pertanian (sawah,ladang dan perkebunan). Setelah diresmikan berdiri pada tahun 1932 disebut Rumah Sakit Jiwa Parak Pisang, dan Ulu Gadut adalah tempat Koloni Orang Sakit Djiwa.


Pada zaman Revolusi 1945 terjadi pengungsian orang sakit jiwa secara keseluruhan dari Parak Pisang ke KOSD Ulu Gadut karena situasi semakin tidak aman Dan 21 Januari 1947, waktu agresi Belanda terjadi lagi evakusi/pengungsisan karena situasi tidak aman lagi dari Ulu Gadut ke Sawah Lunto, menumpang dan bergabung dengan RSU Sawah Lunto (Pimpinan RSU waktu itu Dr.H.Hasan Basri Sa`anin Dt.Tan Pariaman) kemudian bernama Rumah Perawatan Sakit Jiwa (RPSD).

Tahun 1954 dilakukan pembangunan kembali serta pemugaran bangsal-bangsal di Ulu Gadut dan pasien dikembalikan secara bertahap, dan KOSD diubah namanya menjadi Rumah Sakit Jiwa Ulu Gadut.Sejak tahun 1961 statusnya diubah menjadi Rumah Sakit Jiwa Pusat Ulu Gadut Padang (kapasitas 110 tempat tidur) dan berakhir sampai tahun 2000. Berdasarkan surat Menkes-Kesos RI No 1735/Menkes-Kesos / 2000 tanggal 12 Desember 2000 perihal Pengalihan UPT dimana kepemilikan Rumah Sakit Jiwa Prof. Dr.HB.Sa`anin Padang berada dibawah Pemerintah daerah Provinsi Sumatera Barat.

Dalam pelaksanaan tugas dan kegiatan RSJ mengacu kepada Peraturan Daerah Provinsi Sumatera Barat Nomor: 7 Tahun 2010 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Rumah Sakit Jiwa Prof. HB. Saanin Padangdan dan Peraturan Gubernur Sumatera Barat No. 6 tahun 2011 tentang Rincian Tugas Pokok, Fungsidan Tata Kerja Rumah Sakit Jiwa Prof. HB. Saanin Padang. Dan Peraturan Gubernur Sumatera Barat Nomor: 440-538-2011.

Kategori:
DATA DIKLAT & PENGEMBANGAN RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG Panduan Pelayanan Pasien Tahap Terminal Informasi Penggunaan Obat Standar pemberian makanan dan minuman pasien di Instalasi Gizi Tarif Layanan Radiologi Alur Pelayanan Laboratorium serta Persyaratan Pelayanan Daftar Koleksi KTI Alur Pelayanan Radiologi Jenis-Jenis Pemeriksaan Laboratorium Prosedur Pelayanan Pasien IGD Berita Populer Produk Hukum Asuhan Keperawatan NAPZA yang Menjalani Rehabilitasi Daftar Judul Buku Perpustakaan RSJ LAPORAN TAHUNAN SPO Pengambilan Sampel di Laboratorium PROFIL PIMPINAN RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG INFO KEPEGAWAIAN/PENGUMUMAN Surat - Menyurat RS. Jiwa Prof. HB. Saanin Padang Laporan Keuangan SAK Tahun 2017 SOP Komunikasi Efektif Panduan Perlindungan Harta Benda Milik Pasien SPO Pemeliharaan Peralatan Medik Prosedur Penyusunan Anggaran BLUD SKP Bezzetting Pegawai DAFTAR PERATURAN/KEPUTUSAN YANG TELAH DITETAPKAN Daftar Jumlah PNS per Bulan Program Kerja Sub Bidang Profesi dan Asuhan Keperawatan Tahun 2018 SOP Pengekangan Fisik Informasi Publik Laboratorium SOP Pengelolaan Pelaksanaan Teknis Kegiatan Asuhan Keperawatan NAPZA yang Menjalani Detoksifikasi Alur Pelayanan Linen Pergub No.43 Tahun 2016 SOP Bidang Diklat dan Litbang SOP Pemulangan Pasien (Dropping) Buku Standar Kode Etik Keperawatan Tahun 2017-2020 Prosedur Penyusunan Laporan Pengeluaran Keuangan BLUD PROFIL RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG Daftar Jumlah Pegawai Non PNS per Bulan SURAT KEPUTUSAN DIREKTUR Panduan Asuhan Keperawatan pada Pasien Resiko Bunuh Diri LAKIP 2018 Evaluasi Program Kerja Ruangan Rehabilitasi Mental Pedoman Pelayanan Instalasi Rawat Inap SOP Pencegahan Risiko Pasien Jatuh Berita Terkini PENGUMUMAN Lainnya Prosedur Penyusunan Anggaran APBD SPO Pengelolaan Linen SOP Kepegawaian SOP Pengiriman Pasien Rehabilitasi Mental SPO Pemeliharaan Berkala / Kalibrasi Ekternal Peralatan Medik IJAZAH Panduan Penanggulangan Kebakaran Izin Belajar SOP Interaksi dengan Pasien Bezzeting Berita Utama RENCANA STRATEGIS 2015 Pedoman Pelayanan Resiko Tinggi Tugas Belajar Download Pelayanan Informasi Obat Menu Pasien Rawat Inap di Instalasi Gizi WBK/WBBM SOP Penitipan/Penyimpanan Barang Milik Pasien Petunjuk Penggunaan APAR Laporan Kinerja BLUD Tahun 2017 SOP Penanganan Klien Fase Terminal SOP Pindah Ruangan Alur Pelayanan Obat Daftar Urut Kepangkatan (DUK) INDIKATOR KINERJA UTAMA SPO Pengelolaan Limbah Cair LAKIP 2015 Laporan Kegiatan Bulanan Loundry SPO Penyimpanan Limbah B3 (fixer) Prosedur Penyusunan Laporan Keuangan dan Akuntansi SOP Interaksi dengan Keluarga Dokumen RUP (Rencana Umum Pengadaan) Tahun 2018 Alur Penyelenggaraan Makanan di Instalasi Gizi Laporan Semester II UKL-UPL DOKUMEN TENTANG MOU/NOTA KERJASAMA Peta Jabatan PERJANJIAN KINERJA (PK) ESELON II TAHUN 2018 Panduan Pengaplikasian Restraint dan Isolasi Pengasingan terhadap Pasien Usulan Pengelola Keuangan (PA, KPA, PPK dan Bendahara) Laporan akuntabilitas Bidang Diklat tahun 2017 PNS Panduan Resiko Jatuh Daftar Surat Keputusan Direktur Prosedur Pelayanan Pasien Rawat Jalan KGB SPO Penarikan Peralatan Medik Panduan Pemeliharaan Utilitas Prosedur Penerimaan Pendapatan BLUD Daftar Koleksi Audio Visual SOP Layanan Publik PELAYANAN RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG SK Penunjukan ASN sebagai PA, KPA, PPK dan Bendahara Pensiun RENSTRA PERUBAHAN 2016-2021 Panduan Pengelolaan Limbah Cair Penghargaan Prosedur Pengawasan Dewan Pengawas SPO Hak Pasien dan Keluarga Panduan Pengelolaan Bahan Bahaya Beracun DOKUMEN PERATURAN/KEPUTUSAN YANG TELAH DITETAPKAN SK PNS NON PNS SPO Perbaikan Peralatan Medik SOP Pelayanan Pasien Rehabilitasi Mental Program Kerja Bidang Keperawatan Tahun 2018 Pengumuman Program Kerja Dewan Pengawas Laporan Keuangan Tahun 2017 RKT 2018-2019 SK Dewan Pengawas Izin Pemanfaatan Tenaga Nuklir SOP Terapi Aktivitas Kelompok ANJAB-ABK Prosedur Pengeluaran Keuangan Anggaran APBD Rekrutmen Panduan Perlindungan Terhadap Kekerasan Fisik Tugas dan Fungsi RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG Prosedur Verifikasi Penerimaan dan Pengeluaran Keuangan Daftar Rekapitulasi Disiplin Pegawai INFORMASI PUBLIK RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG Prosedur Pembentukan Dewan Pengawas Panduan Hand Hygiene Jumlah Porsi dan Jenis Makanan yang diproduksi di Inst. Gizi SK Penetapan Standar Pelayanan Verifikasi Pengeluaran Keuangan Panduan Komunikasi Efektif SPO Pemulasaran Jenazah Kenaikan Pangkat Daftar Nama Pegawai Cuti per Bulan Daftar Jumlah PNS per Bulan Penempatan Tim Penanggulangan Bencana Artikel LAYANAN PUBLIK RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG Pemutkhiran Data Pegawai Izin Tempat Penyimpanan Sementara Limbah B3 RBA BLUD Tahun 2018 LAKIP TAHUN 2018 Daftar Nama Pegawai Mengikuti Pelatihan