SEJARAH SINGKAT RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG

Pada tahun 1932 di Padang terdapat dua tempat penampungan orang sakit jiwa. Lokasi pertama dibelakang Rumah&nbsp; Sakit Tentara di Parak Pisang (Sekarang Rumah Sakit Tentara Reksodiwiryo) disebut sebagai <em>Doorganghuis voorKrankzinnigen, dan ini merupakan bagian dari Militaire Hospital</em> dan lokasi kedua ditempat RSJ sekarang, disebut sebagai Koloni Orang Sakit Djiwa (KOSD) Ulu Gadut. Di Ulu Gadut ini orang sakit jiwa melakukan kegiatan pertanian (sawah,ladang dan perkebunan). Setelah diresmikan berdiri pada tahun 1932 disebut Rumah Sakit Jiwa Parak Pisang, dan Ulu Gadut adalah tempat Koloni Orang Sakit Djiwa.


Pada zaman Revolusi 1945 terjadi pengungsian orang sakit jiwa secara keseluruhan dari Parak Pisang ke KOSD Ulu Gadut karena situasi semakin tidak aman Dan 21 Januari 1947, waktu agresi Belanda terjadi lagi evakusi/pengungsisan karena situasi tidak aman lagi dari Ulu Gadut ke Sawah Lunto, menumpang dan bergabung dengan RSU Sawah Lunto (Pimpinan RSU waktu itu Dr.H.Hasan Basri Sa`anin Dt.Tan Pariaman) kemudian bernama Rumah Perawatan Sakit Jiwa (RPSD).

Tahun 1954 dilakukan pembangunan kembali serta pemugaran bangsal-bangsal di Ulu Gadut dan pasien dikembalikan secara bertahap, dan KOSD diubah namanya menjadi Rumah Sakit Jiwa Ulu Gadut.Sejak tahun 1961 statusnya diubah menjadi Rumah Sakit Jiwa Pusat Ulu Gadut Padang (kapasitas 110 tempat tidur) dan berakhir sampai tahun 2000. Berdasarkan surat Menkes-Kesos RI No 1735/Menkes-Kesos / 2000 tanggal 12 Desember 2000 perihal Pengalihan UPT dimana kepemilikan Rumah Sakit Jiwa Prof. Dr.HB.Sa`anin Padang berada dibawah Pemerintah daerah Provinsi Sumatera Barat.

Dalam pelaksanaan tugas dan kegiatan RSJ mengacu kepada Peraturan Daerah Provinsi Sumatera Barat Nomor: 7 Tahun 2010 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Rumah Sakit Jiwa Prof. HB. Saanin Padangdan dan Peraturan Gubernur Sumatera Barat No. 6 tahun 2011 tentang Rincian Tugas Pokok, Fungsidan Tata Kerja Rumah Sakit Jiwa Prof. HB. Saanin Padang. Dan Peraturan Gubernur Sumatera Barat Nomor: 440-538-2011.

Kategori:
SPO Perbaikan Peralatan Medik Panduan Pengaplikasian Restraint dan Isolasi Pengasingan terhadap Pasien Izin Belajar DATA DIKLAT & PENGEMBANGAN RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG Asuhan Keperawatan NAPZA yang Menjalani Rehabilitasi SKP Panduan Pemeliharaan Utilitas SOP Pelayanan Pasien Rehabilitasi Mental SPO Pemulasaran Jenazah SPO Pemeliharaan Peralatan Medik SOP Pencegahan Risiko Pasien Jatuh Panduan Perlindungan Harta Benda Milik Pasien Bezzetting Pegawai SOP Pengiriman Pasien Rehabilitasi Mental PERJANJIAN KINERJA (PK) ESELON II LAPORAN TAHUNAN Panduan Hand Hygiene Alur Pelayanan Obat Panduan Pengelolaan Limbah Cair DOKUMEN PERATURAN/KEPUTUSAN YANG TELAH DITETAPKAN Berita Terkini Prosedur Pengawasan Dewan Pengawas Pensiun Daftar Jumlah PNS per Bulan Laporan akuntabilitas Bidang Diklat INFORMASI PUBLIK RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG Prosedur Penyusunan Anggaran APBD Prosedur Pengeluaran Keuangan Anggaran APBD Program Kerja Sub Bidang Profesi dan Asuhan Keperawatan SOP Penanganan Klien Fase Terminal Alur Penyelenggaraan Makanan di Instalasi Gizi SOP Bidang Diklat dan Litbang Alur Pelayanan Radiologi Pedoman Pelayanan Resiko Tinggi RENCANA STRATEGIS Prosedur Penerimaan Pendapatan BLUD Alur Pelayanan Linen INFO KEPEGAWAIAN/PENGUMUMAN SPO Pengambilan Sampel di Laboratorium Laporan Semester II UKL-UPL Evaluasi Program Kerja Ruangan Rehabilitasi Mental Buku Standar Kode Etik Keperawatan Tahun 2017-2020 NON PNS SOP Interaksi dengan Keluarga Surat - Menyurat RS. Jiwa Prof. HB. Saanin Padang Daftar Surat Keputusan Direktur Panduan Asuhan Keperawatan pada Pasien Resiko Bunuh Diri Pelayanan Informasi Obat Petunjuk Penggunaan APAR Program Kerja Bidang Keperawatan RENSTRA PERUBAHAN 2016-2021 SK Penunjukan ASN sebagai PA, KPA, PPK dan Bendahara SK Penetapan Standar Pelayanan Verifikasi Pengeluaran Keuangan RKT Panduan Perlindungan Terhadap Kekerasan Fisik Prosedur Penyusunan Anggaran BLUD Daftar Rekapitulasi Disiplin Pegawai Berita Populer Program Kerja Dewan Pengawas Bezzeting SOP Pindah Ruangan SPO Pengelolaan Linen SOP Interaksi dengan Pasien Menu Pasien Rawat Inap di Instalasi Gizi Rekrutmen ANJAB-ABK Laporan Keuangan SAK PROFIL RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG Prosedur Penyusunan Laporan Pengeluaran Keuangan BLUD Panduan Penanggulangan Kebakaran KGB SK TIM LAYANAN PENGADUAN SPO Penyimpanan Limbah B3 (fixer) Panduan Pelayanan Pasien Tahap Terminal PROFIL PIMPINAN RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG Prosedur Penyusunan Laporan Keuangan dan Akuntansi SK Dewan Pengawas Panduan Resiko Jatuh Artikel LAKIP Prosedur Verifikasi Penerimaan dan Pengeluaran Keuangan Pengumuman Penghargaan Kenaikan Pangkat LAKIP SOP Pengekangan Fisik Daftar Koleksi Audio Visual SOP Terapi Aktivitas Kelompok Izin Tempat Penyimpanan Sementara Limbah B3 SOP Penitipan/Penyimpanan Barang Milik Pasien Informasi Penggunaan Obat Produk Hukum Standar pemberian makanan dan minuman pasien di Instalasi Gizi RBA BLUD Prosedur Pelayanan Pasien Rawat Jalan PENGUMUMAN Izin Pemanfaatan Tenaga Nuklir Daftar Jumlah PNS per Bulan Laporan Keuangan PNS Penempatan Tim Penanggulangan Bencana Pedoman Pelayanan Instalasi Rawat Inap SOP Layanan Publik Lainnya Daftar Urut Kepangkatan (DUK) Panduan Komunikasi Efektif SPO Hak Pasien dan Keluarga SK PNS SPO Pemeliharaan Berkala / Kalibrasi Ekternal Peralatan Medik SPO Pengelolaan Limbah Cair Berita Utama LAYANAN PUBLIK RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG Daftar Judul Buku Perpustakaan RSJ SOP Kepegawaian Usulan Pengelola Keuangan (PA, KPA, PPK dan Bendahara) Asuhan Keperawatan NAPZA yang Menjalani Detoksifikasi SPO Penarikan Peralatan Medik Daftar Nama Pegawai Cuti per Bulan Laporan Kegiatan Bulanan Loundry Laporan Kinerja BLUD Pergub No.43 Tahun 2016 DAFTAR PERATURAN/KEPUTUSAN YANG TELAH DITETAPKAN Daftar Koleksi KTI INDIKATOR KINERJA UTAMA Prosedur Pembentukan Dewan Pengawas Prosedur Pelayanan Pasien IGD Pemutkhiran Data Pegawai Jenis-Jenis Pemeriksaan Laboratorium LAKIP PELAYANAN RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG WBK/WBBM Dokumen RUP (Rencana Umum Pengadaan) Daftar Jumlah Pegawai Non PNS per Bulan SOP Pemulangan Pasien (Dropping) Daftar Nama Pegawai Mengikuti Pelatihan DOKUMEN TENTANG MOU/NOTA KERJASAMA Download Jumlah Porsi dan Jenis Makanan yang diproduksi di Inst. Gizi Panduan Pengelolaan Bahan Bahaya Beracun SURAT KEPUTUSAN DIREKTUR Informasi Publik Laboratorium SOP Pengelolaan Pelaksanaan Teknis Kegiatan Alur Pelayanan Laboratorium serta Persyaratan Pelayanan IJAZAH Tugas dan Fungsi RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG Peta Jabatan SOP Komunikasi Efektif Tarif Layanan Radiologi Tugas Belajar TARIF