SEJARAH SINGKAT RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG

Pada tahun 1932 di Padang terdapat dua tempat penampungan orang sakit jiwa. Lokasi pertama dibelakang Rumah&nbsp; Sakit Tentara di Parak Pisang (Sekarang Rumah Sakit Tentara Reksodiwiryo) disebut sebagai <em>Doorganghuis voorKrankzinnigen, dan ini merupakan bagian dari Militaire Hospital</em> dan lokasi kedua ditempat RSJ sekarang, disebut sebagai Koloni Orang Sakit Djiwa (KOSD) Ulu Gadut. Di Ulu Gadut ini orang sakit jiwa melakukan kegiatan pertanian (sawah,ladang dan perkebunan). Setelah diresmikan berdiri pada tahun 1932 disebut Rumah Sakit Jiwa Parak Pisang, dan Ulu Gadut adalah tempat Koloni Orang Sakit Djiwa.


Pada zaman Revolusi 1945 terjadi pengungsian orang sakit jiwa secara keseluruhan dari Parak Pisang ke KOSD Ulu Gadut karena situasi semakin tidak aman Dan 21 Januari 1947, waktu agresi Belanda terjadi lagi evakusi/pengungsisan karena situasi tidak aman lagi dari Ulu Gadut ke Sawah Lunto, menumpang dan bergabung dengan RSU Sawah Lunto (Pimpinan RSU waktu itu Dr.H.Hasan Basri Sa`anin Dt.Tan Pariaman) kemudian bernama Rumah Perawatan Sakit Jiwa (RPSD).

Tahun 1954 dilakukan pembangunan kembali serta pemugaran bangsal-bangsal di Ulu Gadut dan pasien dikembalikan secara bertahap, dan KOSD diubah namanya menjadi Rumah Sakit Jiwa Ulu Gadut.Sejak tahun 1961 statusnya diubah menjadi Rumah Sakit Jiwa Pusat Ulu Gadut Padang (kapasitas 110 tempat tidur) dan berakhir sampai tahun 2000. Berdasarkan surat Menkes-Kesos RI No 1735/Menkes-Kesos / 2000 tanggal 12 Desember 2000 perihal Pengalihan UPT dimana kepemilikan Rumah Sakit Jiwa Prof. Dr.HB.Sa`anin Padang berada dibawah Pemerintah daerah Provinsi Sumatera Barat.

Dalam pelaksanaan tugas dan kegiatan RSJ mengacu kepada Peraturan Daerah Provinsi Sumatera Barat Nomor: 7 Tahun 2010 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Rumah Sakit Jiwa Prof. HB. Saanin Padangdan dan Peraturan Gubernur Sumatera Barat No. 6 tahun 2011 tentang Rincian Tugas Pokok, Fungsidan Tata Kerja Rumah Sakit Jiwa Prof. HB. Saanin Padang. Dan Peraturan Gubernur Sumatera Barat Nomor: 440-538-2011.

Kategori:
LAPORAN PENINGKATAN MUTU DAN KESELAMATAN PASIEN Kalender Kegiatan Evaluasi Awal Zona Integritas (ZI) Menuju WBK/WBBM Panduan Pengelolaan Limbah Cair FORMULIR DAN TANDA TERIMA PERMOHONAN INFORMASI WEBSITE RSJ BERBASIS ANDROID RENSTRA PERUBAHAN 2016-2021 Prosedur Verifikasi Penerimaan dan Pengeluaran Keuangan IJAZAH Petunjuk Penggunaan APAR PELAYANAN RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG Panduan Perlindungan Harta Benda Milik Pasien Program Kerja Sub Bidang Profesi dan Asuhan Keperawatan Prosedur Penerimaan Pendapatan BLUD DOKUMEN TENTANG MOU/NOTA KERJASAMA BROSUR PELAYANAN SOP PENANGANAN SENGKETA INFORMASI PUBLIK DOKUMEN PERATURAN/KEPUTUSAN YANG TELAH DITETAPKAN FASILITAS/KELENGKAPAN LAYANAN INFORMASI PUBLIK Daftar Jumlah Pegawai Non PNS per Bulan SPO Pengelolaan Linen JADWAL PELAYANAN INFORMASI PUBLIK Daftar Rekapitulasi Disiplin Pegawai Panduan Asuhan Keperawatan pada Pasien Resiko Bunuh Diri Pergub No.43 Tahun 2016 KALENDER KEGIATAN TAHUNAN PEDOMAN PENGELOLAAN ADMINISTRASI Izin Pemanfaatan Tenaga Nuklir SOP Bidang Diklat dan Litbang SPO Pemeliharaan Berkala / Kalibrasi Ekternal Peralatan Medik KLINIK JIWA DEWASA Prosedur Penyusunan Anggaran BLUD Informasi Berkala SOP Pemulangan Pasien (Dropping) Download FASILITAS PELAYANAN Prosedur Pelayanan Pasien Rawat Jalan LAPORAN TAHUNAN PROFIL PIMPINAN RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG Standar pemberian makanan dan minuman pasien di Instalasi Gizi LAKIP Prosedur Penyusunan Laporan Keuangan dan Akuntansi SOP Terapi Aktivitas Kelompok Rekrutmen Pegawai Non PNS Dokumen RUP (Rencana Umum Pengadaan) Asuhan Keperawatan NAPZA yang Menjalani Rehabilitasi LAYANAN UNGGULAN NON PNS LAPORAN LAYANAN INFORMASI SK PPID Sarana Penerimaan Usulan Pengelola Keuangan (PA, KPA, PPK dan Bendahara) SOP PENDOKUMENTASIAN INFORMASI YANG DIKECUALIKAN Jumlah Porsi dan Jenis Makanan yang diproduksi di Inst. Gizi LAKIP 2019 SK TIM LAYANAN PENGADUAN Visi Misi PPID Daftar Koleksi KTI RKT SOP Kepegawaian Daftar Jumlah PNS per Bulan PROFIL RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG Informasi Setiap Saat DAFTAR REGISTER PERMOHONAN DATA DIKLAT & PENGEMBANGAN RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG SPO Pengambilan Sampel di Laboratorium NASKAH AKADEMIK INDIKATOR KINERJA UTAMA SOP Pengekangan Fisik SOP PENETAPAN DAN PEMUKTAHIRAN DIP Panduan Pengelolaan Bahan Bahaya Beracun Program Kerja Bidang Keperawatan Informasi Penggunaan Obat Laporan akuntabilitas Bidang Diklat Berita Utama RKA LAPORAN PELAKSANAAN VALIDITAS DATA INDIKATOR MUTU Tugas dan Fungsi RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG Prosedur Penyusunan Laporan Pengeluaran Keuangan BLUD SK Penetapan Standar Pelayanan Verifikasi Pengeluaran Keuangan Laporan Keuangan SAK SOP Penitipan/Penyimpanan Barang Milik Pasien SOP PENGUJIAN TENTANG KONSEKUENSI Bezzeting Evaluasi Program Kerja Ruangan Rehabilitasi Mental Laporan Kinerja BLUD Daftar Urut Kepangkatan (DUK) PEDOMAN PENGELOLAAN ORGANISASI PEDOMAN KEPEGAWAIAN SPO Pemulasaran Jenazah SOP Pindah Ruangan Program Kerja Dewan Pengawas SPO Perbaikan Peralatan Medik Pengumuman Peserta Lulus Seleksi Administrasi Penerimaan Pegawai Non PNS (Formasi Programmer) RS. JIwa Prof. HB. Saanin Padang Tahun 2020 SPO Pengelolaan Limbah Cair Prosedur Pengawasan Dewan Pengawas DATA STATISTIK KEPEGAWAIAN Laporan Keuangan SOP Interaksi dengan Pasien PERJANJIAN KINERJA (PK) ESELON II PNS Surat - Menyurat RS. Jiwa Prof. HB. Saanin Padang Jenis-Jenis Pemeriksaan Laboratorium RENCANA STRATEGIS FORMULIR KEBERATAN Panduan Penanggulangan Kebakaran Informasi Berkala Panduan Komunikasi Efektif TATA CARA PENGADUAN PENYALAHGUNAAN WEWENANG/PELANGGARAN OLEH PEJABAT BADAN PUBLIK Struktur Organisasi dan Uraian Tugas PPID SOP Layanan Publik SK Penunjukan ASN sebagai PA, KPA, PPK dan Bendahara Pelayanan Informasi Obat KEPUTUSAN PELAYANAN INFORMASI PUBLIK Panduan Pemeliharaan Utilitas LAPORAN KEPUASAN PELAYANAN INFORMASI PUBLIK TARIF Peta Jabatan Panduan Perlindungan Terhadap Kekerasan Fisik STRUKTUR ORGANISASI PPID DAFTAR INFORMASI PUBLIK Daftar Nama Pegawai Cuti per Bulan Berita Terkini Bezzetting Pegawai Artikel Pemutkhiran Data Pegawai Daftar Surat Keputusan Direktur Monitoring dan Evaluasi Penanganan Pengaduan Masyarakat ppid pembantu Informasi Setiap Saat Alur Pelayanan Obat Izin Belajar Prosedur Pembentukan Dewan Pengawas Panduan Pengaplikasian Restraint dan Isolasi Pengasingan terhadap Pasien PEMBERI PELAYANAN SOP Pengiriman Pasien Rehabilitasi Mental INFORMASI YANG DIKECUALIKAN INFO KEPEGAWAIAN/PENGUMUMAN STANDAR BIAYA PEROLEHAN INFORMASI Laporan Kegiatan Bulanan Loundry Alur Pelayanan Radiologi Berita Populer DOKUMEN PERJANJIAN PENGADAAN BARANG DAN JASA Buku Standar Kode Etik Keperawatan Tahun 2017-2020 SPO Pelayanan Pengaduan Produk Hukum SPO Pemeliharaan Peralatan Medik PEDOMAN PENGELOLAAN KEUANGAN Izin Tempat Penyimpanan Sementara Limbah B3 Informasi Publik Laboratorium Asuhan Keperawatan NAPZA yang Menjalani Detoksifikasi DATA STATISTIK KEUANGAN Alur Pelayanan Laboratorium serta Persyaratan Pelayanan Kenaikan Pangkat SOP Pencegahan Risiko Pasien Jatuh Rekrutmen TATA CARA PENGAJUAN PERMOHONAN PENYELESAIAN SENGKETA KE KOMISI INFORMASI SOP PENGELOLAAN KEBERATAN ATAS INFORMASI SOP Penanganan Klien Fase Terminal Penghargaan SPO Penyimpanan Limbah B3 (fixer) TUGAS DAN FUNGSI PPID Tugas Belajar Tarif Layanan Radiologi Lainnya Daftar Koleksi Audio Visual Pedoman Pelayanan Resiko Tinggi Prosedur Pelayanan Pasien IGD Pensiun SOP Pengelolaan Pelaksanaan Teknis Kegiatan SK Dewan Pengawas LAKIP Informasi Setiap Saat SOP Interaksi dengan Keluarga SOP Pelayanan Pasien Rehabilitasi Mental SK PNS Jadwal DPJP INFORMASI DATA PERBENDAHARAAN/INVENTARIS BARANG MILIK NEGARA Daftar Jumlah PNS per Bulan SOP PENGELOLAAN PERMOHONAN INFORMASI ANJAB-ABK Struktur Organisasi RSJ VISI DAN MISI PPID Daftar Judul Buku Perpustakaan RSJ PENGUMUMAN WBK/WBBM LAYANAN PUBLIK RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG Daftar Nama Pegawai Mengikuti Pelatihan Pedoman Pelayanan Instalasi Rawat Inap Laporan Semester II UKL-UPL TATA CARA PENGAJUAN KEBERATAN SOP Komunikasi Efektif TATA CARA PERMOHONAN INFORMASI Panduan Resiko Jatuh Informasi Setiap Saat Profil PPID SOP PENDOKUMENTASIAN INFORMASI PUBLIK RBA BLUD Panduan Hand Hygiene Prosedur Penyusunan Anggaran APBD Layanan Pengaduan Online PERATURAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK Menu Pasien Rawat Inap di Instalasi Gizi INFORMASI PUBLIK RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG Prosedur Pengeluaran Keuangan Anggaran APBD SURAT KEPUTUSAN DIREKTUR Panduan Pelayanan Pasien Tahap Terminal SPO Penarikan Peralatan Medik Pengumuman Penempatan Tim Penanggulangan Bencana Laporan Layanan Keterbukaan Informasi Publik Alur Pelayanan Linen Alur Pengelolaan Pengaduan Masyarakat KGB Alur Penyelenggaraan Makanan di Instalasi Gizi SKP Jadwal Piket Pengaduan Pelayanan SPO Hak Pasien dan Keluarga Alur Pengelolaan Pengaduan Masyarakat

Sosial Media

Share to Facebook Share to Twitter Share to Gmail Print More...