SEJARAH SINGKAT RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG

Pada tahun 1932 di Padang terdapat dua tempat penampungan orang sakit jiwa. Lokasi pertama dibelakang Rumah&nbsp; Sakit Tentara di Parak Pisang (Sekarang Rumah Sakit Tentara Reksodiwiryo) disebut sebagai <em>Doorganghuis voorKrankzinnigen, dan ini merupakan bagian dari Militaire Hospital</em> dan lokasi kedua ditempat RSJ sekarang, disebut sebagai Koloni Orang Sakit Djiwa (KOSD) Ulu Gadut. Di Ulu Gadut ini orang sakit jiwa melakukan kegiatan pertanian (sawah,ladang dan perkebunan). Setelah diresmikan berdiri pada tahun 1932 disebut Rumah Sakit Jiwa Parak Pisang, dan Ulu Gadut adalah tempat Koloni Orang Sakit Djiwa.


Pada zaman Revolusi 1945 terjadi pengungsian orang sakit jiwa secara keseluruhan dari Parak Pisang ke KOSD Ulu Gadut karena situasi semakin tidak aman Dan 21 Januari 1947, waktu agresi Belanda terjadi lagi evakusi/pengungsisan karena situasi tidak aman lagi dari Ulu Gadut ke Sawah Lunto, menumpang dan bergabung dengan RSU Sawah Lunto (Pimpinan RSU waktu itu Dr.H.Hasan Basri Sa`anin Dt.Tan Pariaman) kemudian bernama Rumah Perawatan Sakit Jiwa (RPSD).

Tahun 1954 dilakukan pembangunan kembali serta pemugaran bangsal-bangsal di Ulu Gadut dan pasien dikembalikan secara bertahap, dan KOSD diubah namanya menjadi Rumah Sakit Jiwa Ulu Gadut.Sejak tahun 1961 statusnya diubah menjadi Rumah Sakit Jiwa Pusat Ulu Gadut Padang (kapasitas 110 tempat tidur) dan berakhir sampai tahun 2000. Berdasarkan surat Menkes-Kesos RI No 1735/Menkes-Kesos / 2000 tanggal 12 Desember 2000 perihal Pengalihan UPT dimana kepemilikan Rumah Sakit Jiwa Prof. Dr.HB.Sa`anin Padang berada dibawah Pemerintah daerah Provinsi Sumatera Barat.

Dalam pelaksanaan tugas dan kegiatan RSJ mengacu kepada Peraturan Daerah Provinsi Sumatera Barat Nomor: 7 Tahun 2010 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Rumah Sakit Jiwa Prof. HB. Saanin Padangdan dan Peraturan Gubernur Sumatera Barat No. 6 tahun 2011 tentang Rincian Tugas Pokok, Fungsidan Tata Kerja Rumah Sakit Jiwa Prof. HB. Saanin Padang. Dan Peraturan Gubernur Sumatera Barat Nomor: 440-538-2011.

Kategori:
VISI DAN MISI PPID INFO KEPEGAWAIAN/PENGUMUMAN Berita Populer Daftar Jumlah Pegawai Non PNS per Bulan SOP PENDOKUMENTASIAN INFORMASI PUBLIK Izin Tempat Penyimpanan Sementara Limbah B3 Monitoring dan Evaluasi Penanganan Pengaduan Masyarakat SPO Pemulasaran Jenazah TATA CARA PERMOHONAN INFORMASI Prosedur Verifikasi Penerimaan dan Pengeluaran Keuangan SOP Pencegahan Risiko Pasien Jatuh Kenaikan Pangkat Informasi Penggunaan Obat Alur Pelayanan Obat Panduan Perlindungan Harta Benda Milik Pasien IJAZAH LAPORAN PELAKSANAAN VALIDITAS DATA INDIKATOR MUTU SOP PENDOKUMENTASIAN INFORMASI YANG DIKECUALIKAN LAPORAN PENINGKATAN MUTU DAN KESELAMATAN PASIEN STANDAR BIAYA PEROLEHAN INFORMASI Daftar Nama Pegawai Cuti per Bulan SPO Penarikan Peralatan Medik PEMBERI PELAYANAN SOP PENANGANAN SENGKETA INFORMASI PUBLIK DATA DIKLAT & PENGEMBANGAN RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG FASILITAS/KELENGKAPAN LAYANAN INFORMASI PUBLIK Lainnya Daftar Jumlah PNS per Bulan Evaluasi Awal Zona Integritas (ZI) Menuju WBK/WBBM PNS Sarana Penerimaan PELAYANAN RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG SOP Pengelolaan Pelaksanaan Teknis Kegiatan Laporan Kegiatan Bulanan Loundry LAYANAN UNGGULAN Prosedur Pelayanan Pasien Rawat Jalan TATA CARA PENGAJUAN KEBERATAN PEDOMAN PENGELOLAAN KEUANGAN Asuhan Keperawatan NAPZA yang Menjalani Detoksifikasi Berita Terkini Pedoman Pelayanan Resiko Tinggi Rekrutmen Profil PPID Download Izin Pemanfaatan Tenaga Nuklir Alur Pengelolaan Pengaduan Masyarakat SK PPID KLINIK JIWA DEWASA KGB Petunjuk Penggunaan APAR Asuhan Keperawatan NAPZA yang Menjalani Rehabilitasi Pensiun Prosedur Pembentukan Dewan Pengawas SOP Pemulangan Pasien (Dropping) RBA BLUD Pedoman Pelayanan Instalasi Rawat Inap Prosedur Penyusunan Anggaran APBD INFORMASI YANG DIKECUALIKAN Laporan Kinerja BLUD Informasi Setiap Saat DOKUMEN TENTANG MOU/NOTA KERJASAMA INDIKATOR KINERJA UTAMA Laporan Keuangan Daftar Jumlah PNS per Bulan DATA STATISTIK KEPEGAWAIAN SOP Bidang Diklat dan Litbang Daftar Surat Keputusan Direktur SPO Perbaikan Peralatan Medik Penempatan Tim Penanggulangan Bencana SPO Pengelolaan Linen Alur Pelayanan Laboratorium serta Persyaratan Pelayanan Pengumuman Surat - Menyurat RS. Jiwa Prof. HB. Saanin Padang SPO Pengambilan Sampel di Laboratorium SK Penetapan Standar Pelayanan Verifikasi Pengeluaran Keuangan PERJANJIAN KINERJA (PK) ESELON II Buku Standar Kode Etik Keperawatan Tahun 2017-2020 Bezzetting Pegawai SPO Pemeliharaan Peralatan Medik SKP Tugas dan Fungsi RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG SOP Penitipan/Penyimpanan Barang Milik Pasien Jumlah Porsi dan Jenis Makanan yang diproduksi di Inst. Gizi Panduan Pengelolaan Limbah Cair LAPORAN TAHUNAN DOKUMEN PERJANJIAN PENGADAAN BARANG DAN JASA SPO Pengelolaan Limbah Cair SPO Pelayanan Pengaduan Informasi Berkala Informasi Berkala SOP Kepegawaian SK PNS Prosedur Penyusunan Laporan Pengeluaran Keuangan BLUD JADWAL PELAYANAN INFORMASI PUBLIK Pelayanan Informasi Obat Laporan Layanan Keterbukaan Informasi Publik Artikel RKA Dokumen RUP (Rencana Umum Pengadaan) Program Kerja Bidang Keperawatan INFORMASI PUBLIK RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG FORMULIR DAN TANDA TERIMA PERMOHONAN INFORMASI SPO Pemeliharaan Berkala / Kalibrasi Ekternal Peralatan Medik PEDOMAN PENGELOLAAN ADMINISTRASI SOP Pengekangan Fisik KALENDER KEGIATAN TAHUNAN DATA STATISTIK KEUANGAN Pergub No.43 Tahun 2016 ANJAB-ABK SPO Penyimpanan Limbah B3 (fixer) Alur Pengelolaan Pengaduan Masyarakat BROSUR PELAYANAN NON PNS LAPORAN LAYANAN INFORMASI KEPUTUSAN PELAYANAN INFORMASI PUBLIK Berita Utama PEDOMAN PENGELOLAAN ORGANISASI Menu Pasien Rawat Inap di Instalasi Gizi Prosedur Penerimaan Pendapatan BLUD SOP Interaksi dengan Pasien DAFTAR INFORMASI PUBLIK WBK/WBBM RENCANA STRATEGIS Peta Jabatan Evaluasi Program Kerja Ruangan Rehabilitasi Mental Informasi Setiap Saat SOP Pindah Ruangan Daftar Nama Pegawai Mengikuti Pelatihan Panduan Komunikasi Efektif PROFIL PIMPINAN RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG Alur Pelayanan Linen Daftar Koleksi Audio Visual INFORMASI DATA PERBENDAHARAAN/INVENTARIS BARANG MILIK NEGARA Pemutkhiran Data Pegawai Panduan Resiko Jatuh Pengumuman Peserta Lulus Seleksi Administrasi Penerimaan Pegawai Non PNS (Formasi Programmer) RS. JIwa Prof. HB. Saanin Padang Tahun 2020 SOP Penanganan Klien Fase Terminal LAKIP 2019 SPO Hak Pasien dan Keluarga Struktur Organisasi dan Uraian Tugas PPID Daftar Koleksi KTI SOP PENGELOLAAN KEBERATAN ATAS INFORMASI SOP Interaksi dengan Keluarga LAKIP SOP Pengiriman Pasien Rehabilitasi Mental Jadwal DPJP Informasi Berkala SOP Terapi Aktivitas Kelompok Jadwal Piket Pengaduan Pelayanan SOP PENETAPAN DAN PEMUKTAHIRAN DIP Usulan Pengelola Keuangan (PA, KPA, PPK dan Bendahara) TUGAS DAN FUNGSI PPID TATA CARA PENGAJUAN PERMOHONAN PENYELESAIAN SENGKETA KE KOMISI INFORMASI Laporan Keuangan SAK Bezzeting STRUKTUR ORGANISASI PPID PEDOMAN KEPEGAWAIAN Daftar Urut Kepangkatan (DUK) Jenis-Jenis Pemeriksaan Laboratorium WEBSITE RSJ BERBASIS ANDROID TARIF Daftar Rekapitulasi Disiplin Pegawai Prosedur Pengawasan Dewan Pengawas Laporan Semester II UKL-UPL Panduan Penanggulangan Kebakaran Daftar Judul Buku Perpustakaan RSJ Panduan Asuhan Keperawatan pada Pasien Resiko Bunuh Diri Informasi Berkala INFORMASI BERKALA DAFTAR REGISTER PERMOHONAN SK TIM LAYANAN PENGADUAN Panduan Pemeliharaan Utilitas SK Dewan Pengawas Alur Penyelenggaraan Makanan di Instalasi Gizi LAKIP Panduan Pengaplikasian Restraint dan Isolasi Pengasingan terhadap Pasien Produk Hukum Tarif Layanan Radiologi PROFIL RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG Struktur Organisasi RSJ FORMULIR KEBERATAN Tugas Belajar Prosedur Pelayanan Pasien IGD Layanan Pengaduan Online Rekrutmen Pegawai Non PNS DOKUMEN PERATURAN/KEPUTUSAN YANG TELAH DITETAPKAN SOP Komunikasi Efektif SOP Pelayanan Pasien Rehabilitasi Mental Prosedur Penyusunan Anggaran BLUD Program Kerja Sub Bidang Profesi dan Asuhan Keperawatan Panduan Hand Hygiene RKT Panduan Pelayanan Pasien Tahap Terminal SURAT KEPUTUSAN DIREKTUR PERATURAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK SOP Layanan Publik Penghargaan ppid pembantu PENGUMUMAN Alur Pelayanan Radiologi Kalender Kegiatan Informasi Publik Laboratorium Informasi Setiap Saat Informasi Setiap Saat SK Penunjukan ASN sebagai PA, KPA, PPK dan Bendahara RENSTRA PERUBAHAN 2016-2021 Izin Belajar FASILITAS PELAYANAN Panduan Perlindungan Terhadap Kekerasan Fisik Panduan Pengelolaan Bahan Bahaya Beracun LAYANAN PUBLIK RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG TATA CARA PENGADUAN PENYALAHGUNAAN WEWENANG/PELANGGARAN OLEH PEJABAT BADAN PUBLIK LAPORAN KEPUASAN PELAYANAN INFORMASI PUBLIK Visi Misi PPID Standar pemberian makanan dan minuman pasien di Instalasi Gizi NASKAH AKADEMIK SOP PENGELOLAAN PERMOHONAN INFORMASI Prosedur Pengeluaran Keuangan Anggaran APBD Prosedur Penyusunan Laporan Keuangan dan Akuntansi Laporan akuntabilitas Bidang Diklat SOP PENGUJIAN TENTANG KONSEKUENSI Program Kerja Dewan Pengawas

Sosial Media

Share to Facebook Share to Twitter Share to Gmail Print More...