SEJARAH SINGKAT RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG

Pada tahun 1932 di Padang terdapat dua tempat penampungan orang sakit jiwa. Lokasi pertama dibelakang Rumah&nbsp; Sakit Tentara di Parak Pisang (Sekarang Rumah Sakit Tentara Reksodiwiryo) disebut sebagai <em>Doorganghuis voorKrankzinnigen, dan ini merupakan bagian dari Militaire Hospital</em> dan lokasi kedua ditempat RSJ sekarang, disebut sebagai Koloni Orang Sakit Djiwa (KOSD) Ulu Gadut. Di Ulu Gadut ini orang sakit jiwa melakukan kegiatan pertanian (sawah,ladang dan perkebunan). Setelah diresmikan berdiri pada tahun 1932 disebut Rumah Sakit Jiwa Parak Pisang, dan Ulu Gadut adalah tempat Koloni Orang Sakit Djiwa.


Pada zaman Revolusi 1945 terjadi pengungsian orang sakit jiwa secara keseluruhan dari Parak Pisang ke KOSD Ulu Gadut karena situasi semakin tidak aman Dan 21 Januari 1947, waktu agresi Belanda terjadi lagi evakusi/pengungsisan karena situasi tidak aman lagi dari Ulu Gadut ke Sawah Lunto, menumpang dan bergabung dengan RSU Sawah Lunto (Pimpinan RSU waktu itu Dr.H.Hasan Basri Sa`anin Dt.Tan Pariaman) kemudian bernama Rumah Perawatan Sakit Jiwa (RPSD).

Tahun 1954 dilakukan pembangunan kembali serta pemugaran bangsal-bangsal di Ulu Gadut dan pasien dikembalikan secara bertahap, dan KOSD diubah namanya menjadi Rumah Sakit Jiwa Ulu Gadut.Sejak tahun 1961 statusnya diubah menjadi Rumah Sakit Jiwa Pusat Ulu Gadut Padang (kapasitas 110 tempat tidur) dan berakhir sampai tahun 2000. Berdasarkan surat Menkes-Kesos RI No 1735/Menkes-Kesos / 2000 tanggal 12 Desember 2000 perihal Pengalihan UPT dimana kepemilikan Rumah Sakit Jiwa Prof. Dr.HB.Sa`anin Padang berada dibawah Pemerintah daerah Provinsi Sumatera Barat.

Dalam pelaksanaan tugas dan kegiatan RSJ mengacu kepada Peraturan Daerah Provinsi Sumatera Barat Nomor: 7 Tahun 2010 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Rumah Sakit Jiwa Prof. HB. Saanin Padangdan dan Peraturan Gubernur Sumatera Barat No. 6 tahun 2011 tentang Rincian Tugas Pokok, Fungsidan Tata Kerja Rumah Sakit Jiwa Prof. HB. Saanin Padang. Dan Peraturan Gubernur Sumatera Barat Nomor: 440-538-2011.

Kategori:
SOP Pindah Ruangan SK Dewan Pengawas ANJAB-ABK SPO Pemeliharaan Berkala / Kalibrasi Ekternal Peralatan Medik Asuhan Keperawatan NAPZA yang Menjalani Detoksifikasi TUGAS DAN FUNGSI PPID SOP Interaksi dengan Pasien TATA CARA PENGAJUAN KEBERATAN SOP PENDOKUMENTASIAN INFORMASI PUBLIK DATA STATISTIK KEPEGAWAIAN Berita Utama Artikel Penempatan Tim Penanggulangan Bencana PEDOMAN PENGELOLAAN ORGANISASI SKP SK PNS Prosedur Verifikasi Penerimaan dan Pengeluaran Keuangan SK PPID SOP PENGUJIAN TENTANG KONSEKUENSI Panduan Pengaplikasian Restraint dan Isolasi Pengasingan terhadap Pasien PROFIL RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG NON PNS SOP PENGELOLAAN KEBERATAN ATAS INFORMASI LAKIP Informasi Penggunaan Obat WBK/WBBM LAKIP Daftar Urut Kepangkatan (DUK) SPO Pengambilan Sampel di Laboratorium STANDAR BIAYA PEROLEHAN INFORMASI Laporan Keuangan Tugas dan Fungsi RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG PEDOMAN KEPEGAWAIAN WEBSITE RSJ BERBASIS ANDROID NASKAH AKADEMIK SOP Kepegawaian Alur Pelayanan Linen Tugas Belajar Menu Pasien Rawat Inap di Instalasi Gizi LAPORAN LAYANAN INFORMASI Laporan Semester II UKL-UPL TATA CARA PENGADUAN PENYALAHGUNAAN WEWENANG/PELANGGARAN OLEH PEJABAT BADAN PUBLIK Prosedur Penyusunan Anggaran APBD LAPORAN KEPUASAN PELAYANAN INFORMASI PUBLIK FASILITAS/KELENGKAPAN LAYANAN INFORMASI PUBLIK Laporan Kegiatan Bulanan Loundry Pelayanan Informasi Obat PROFIL PIMPINAN RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG Alur Pelayanan Laboratorium serta Persyaratan Pelayanan Standar pemberian makanan dan minuman pasien di Instalasi Gizi SK TIM LAYANAN PENGADUAN Daftar Nama Pegawai Cuti per Bulan Prosedur Penyusunan Anggaran BLUD SOP Terapi Aktivitas Kelompok Panduan Resiko Jatuh SOP Komunikasi Efektif PEDOMAN PENGELOLAAN ADMINISTRASI Prosedur Penyusunan Laporan Pengeluaran Keuangan BLUD Surat - Menyurat RS. Jiwa Prof. HB. Saanin Padang TATA CARA PENGAJUAN PERMOHONAN PENYELESAIAN SENGKETA KE KOMISI INFORMASI SOP Penitipan/Penyimpanan Barang Milik Pasien SPO Pengelolaan Limbah Cair Panduan Pengelolaan Limbah Cair TATA CARA PERMOHONAN INFORMASI INFORMASI YANG DIKECUALIKAN Petunjuk Penggunaan APAR Daftar Rekapitulasi Disiplin Pegawai Kenaikan Pangkat Download STRUKTUR ORGANISASI PPID RENSTRA PERUBAHAN 2016-2021 Alur Penyelenggaraan Makanan di Instalasi Gizi PERATURAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK Pergub No.43 Tahun 2016 Laporan Keuangan SAK Pedoman Pelayanan Resiko Tinggi LAYANAN PUBLIK RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG DATA STATISTIK KEUANGAN Program Kerja Bidang Keperawatan DAFTAR INFORMASI PUBLIK Alur Pelayanan Obat DOKUMEN PERJANJIAN PENGADAAN BARANG DAN JASA Program Kerja Dewan Pengawas Daftar Koleksi KTI Usulan Pengelola Keuangan (PA, KPA, PPK dan Bendahara) SPO Hak Pasien dan Keluarga Jenis-Jenis Pemeriksaan Laboratorium SPO Penyimpanan Limbah B3 (fixer) SOP Pemulangan Pasien (Dropping) FORMULIR KEBERATAN LAKIP Daftar Nama Pegawai Mengikuti Pelatihan Evaluasi Program Kerja Ruangan Rehabilitasi Mental RKT SOP Pengekangan Fisik Panduan Penanggulangan Kebakaran PERJANJIAN KINERJA (PK) ESELON II SOP Interaksi dengan Keluarga DOKUMEN PERATURAN/KEPUTUSAN YANG TELAH DITETAPKAN Produk Hukum SOP Penanganan Klien Fase Terminal Prosedur Pengeluaran Keuangan Anggaran APBD SOP Layanan Publik RBA BLUD Jumlah Porsi dan Jenis Makanan yang diproduksi di Inst. Gizi Pemutkhiran Data Pegawai FORMULIR DAN TANDA TERIMA PERMOHONAN INFORMASI Berita Terkini VISI DAN MISI PPID SPO Pemulasaran Jenazah SOP PENETAPAN DAN PEMUKTAHIRAN DIP Panduan Pelayanan Pasien Tahap Terminal Laporan Kinerja BLUD Peta Jabatan Berita Populer Pedoman Pelayanan Instalasi Rawat Inap Program Kerja Sub Bidang Profesi dan Asuhan Keperawatan Pengumuman RENCANA STRATEGIS SPO Pemeliharaan Peralatan Medik Penghargaan INFORMASI DATA PERBENDAHARAAN/INVENTARIS BARANG MILIK NEGARA Laporan akuntabilitas Bidang Diklat SOP Pengelolaan Pelaksanaan Teknis Kegiatan Panduan Hand Hygiene Bezzeting Buku Standar Kode Etik Keperawatan Tahun 2017-2020 Prosedur Pelayanan Pasien Rawat Jalan INFO KEPEGAWAIAN/PENGUMUMAN SPO Penarikan Peralatan Medik Prosedur Penyusunan Laporan Keuangan dan Akuntansi Prosedur Pengawasan Dewan Pengawas PELAYANAN RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG Bezzetting Pegawai DAFTAR REGISTER PERMOHONAN Prosedur Penerimaan Pendapatan BLUD Panduan Perlindungan Terhadap Kekerasan Fisik Rekrutmen Prosedur Pelayanan Pasien IGD DOKUMEN TENTANG MOU/NOTA KERJASAMA TARIF SOP Bidang Diklat dan Litbang INDIKATOR KINERJA UTAMA Daftar Koleksi Audio Visual Daftar Judul Buku Perpustakaan RSJ Dokumen RUP (Rencana Umum Pengadaan) SOP Pengiriman Pasien Rehabilitasi Mental LAPORAN TAHUNAN SOP Pelayanan Pasien Rehabilitasi Mental PNS Panduan Asuhan Keperawatan pada Pasien Resiko Bunuh Diri SOP PENANGANAN SENGKETA INFORMASI PUBLIK RKA Panduan Perlindungan Harta Benda Milik Pasien DATA DIKLAT & PENGEMBANGAN RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG SURAT KEPUTUSAN DIREKTUR Izin Pemanfaatan Tenaga Nuklir JADWAL PELAYANAN INFORMASI PUBLIK KEPUTUSAN PELAYANAN INFORMASI PUBLIK IJAZAH Prosedur Pembentukan Dewan Pengawas SK Penetapan Standar Pelayanan Verifikasi Pengeluaran Keuangan Izin Belajar Daftar Surat Keputusan Direktur Panduan Komunikasi Efektif SOP PENDOKUMENTASIAN INFORMASI YANG DIKECUALIKAN Alur Pelayanan Radiologi Asuhan Keperawatan NAPZA yang Menjalani Rehabilitasi KALENDER KEGIATAN TAHUNAN Lainnya PEDOMAN PENGELOLAAN KEUANGAN SPO Perbaikan Peralatan Medik Daftar Jumlah PNS per Bulan PENGUMUMAN INFORMASI PUBLIK RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG SOP Pencegahan Risiko Pasien Jatuh SOP PENGELOLAAN PERMOHONAN INFORMASI Pensiun Daftar Jumlah Pegawai Non PNS per Bulan Daftar Jumlah PNS per Bulan Informasi Publik Laboratorium Panduan Pengelolaan Bahan Bahaya Beracun SPO Pengelolaan Linen Panduan Pemeliharaan Utilitas SK Penunjukan ASN sebagai PA, KPA, PPK dan Bendahara Tarif Layanan Radiologi Sarana Penerimaan Izin Tempat Penyimpanan Sementara Limbah B3 KGB