Gesyca Rikhaflina, S.I.Kom | 20 Juli 2023 12:06:35 WIB | 1,348 kali dilihat.


Program Inovasi RSJ. HB Saanin Padang, Pro PION Berikan Informasi Obat Secara Cepat Kepada Pasien


Rumah Sakit Jiwa Prof. HB. Saanin Padang merupakan Pusat Rujukan Kesehatan Jiwa di Sumatera Barat yang memberikan berbagai jenis pelayanan Kesehatan. 

 

Pelayanan Kesehatan di Rumah sakit terkolaborasi dari beberapa bidang salah satunya adalah Pelayanan Kefarmasian. 

 

Hal itu dikatakan, Kabid Penunjang dan penanggung jawab program inovasi Program Pelayanan Informasi Obat Online (Pro PION) RSJ. HB. Saanin Padang, Agus Purwanto, SKM kepada wartawan baru-baru ini.

 

Berdasarkan Permenkes No. 72 Tahun 2016 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit, menyebutkan bahwa pelayanan kefarmasian di rumah sakit meliputi Pengelolaan sediaan farmasi dan Farmasi Kinik. Pelayanan Farmasi klinik terdiri dari telaah resep, penelusuran riwayat penggunaan obat, rekonsiliasi obat, Pelayanan Informasi Obat (PIO), visite, konseling, PTO dan Monitoring Efek Samping Obat (MESO).

 

PERMASALAHAN

Permasalahan saat ini, masih kurangnya pengetahuan pasien tentang cara penggunaan obatnya meskipun sudah diberikan penjelasan saat pasien menerima obat di Apotek Rawat Jalan RSJ Prof. HB Saanin Padang. Contoh permasalahan yang ada seperti : (1) Lamanya waktu tunggu mengakibatkan pasien tidak fokus saat menerima informasi obat secara lisan yang diberikan oleh petugas saat di apotek, (2) Seringkali pasien yang telah menerima informasi obat saat di apotek lupa akan penjelasan-penjelasan tersebut sesampainya dirumah atau ketika akan mengonsumsi obat di rumah dan, (3) Belum ada fasilitas pelayanan informasi obat secara online bagi pasien di rumah.

 

ISU STRATEGIS

Pelayanan informasi obat dapat diberikan secara lisan, tulisan maupun melalui media lain seperti sosial media, audiovisual dll. Dalam era digitalisasi ini, social media sudah banyak dimanfaatkan sebagai akses cepat dan mudah untuk menyampaikan informasi. 

 

Oleh karena itu, RSJ. HB. Saanin membuat inovasi dengan judul Pro PION tersebut.

 

Dikatakan Agus Purwanto, inovasi Pro PION diciptakan dalam rentang waktu selama 4 bulan, yaitu mulai dari Inisiasi Januari 2023 sampai Uji coba pada bulan April 2023

Inovasi ini memiliki keunggulan memberikan informasi secara online kepada pasien atau keluarga pasien yang masih belum paham terkait pengobatannya. 

 

Diharapkan dengan adanya inovasi ini dapat meningkatkan kepatuhan pasien dalam menjalankan terapinya dan selanjutnya dapat meningkatkan kualitas hidup pasien.

 

TAHAPAN INOVASI

Langkah- langkah yang dilakukan dalam pelaksanaan inovasi :

Menginformasikan kepada pasien terkait Program Pelayanan Informasi Obat Online (Pro PION). Pasien menghubungi petugas melalui chat Whatsapp Pesan otomatis akan diterima pasien Pasien diminta mengisi data dan memilih informasi yang diinginkan

Petugas membalas chat pasien beserta penjelasan informasi yang diinginkan

Pasien menerima informasi

 

KEUNGGULAN LAYANAN

Inovasi ini memiliki keunggulan memberikan informasi secara online kepada pasien atau keluarga pasien yang masih belum paham terkait pengobatannya. Diharapkan dengan adanya inovasi ini dapat meningkatkan kepatuhan pasien dalam menjalankan terapinya dan selanjutnya dapat meningkatkan kualitas hidup pasien.


Share Berita :