SEJARAH SINGKAT RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG

Pada tahun 1932 di Padang terdapat dua tempat penampungan orang sakit jiwa. Lokasi pertama dibelakang Rumah&nbsp; Sakit Tentara di Parak Pisang (Sekarang Rumah Sakit Tentara Reksodiwiryo) disebut sebagai <em>Doorganghuis voorKrankzinnigen, dan ini merupakan bagian dari Militaire Hospital</em> dan lokasi kedua ditempat RSJ sekarang, disebut sebagai Koloni Orang Sakit Djiwa (KOSD) Ulu Gadut. Di Ulu Gadut ini orang sakit jiwa melakukan kegiatan pertanian (sawah,ladang dan perkebunan). Setelah diresmikan berdiri pada tahun 1932 disebut Rumah Sakit Jiwa Parak Pisang, dan Ulu Gadut adalah tempat Koloni Orang Sakit Djiwa.


Pada zaman Revolusi 1945 terjadi pengungsian orang sakit jiwa secara keseluruhan dari Parak Pisang ke KOSD Ulu Gadut karena situasi semakin tidak aman Dan 21 Januari 1947, waktu agresi Belanda terjadi lagi evakusi/pengungsisan karena situasi tidak aman lagi dari Ulu Gadut ke Sawah Lunto, menumpang dan bergabung dengan RSU Sawah Lunto (Pimpinan RSU waktu itu Dr.H.Hasan Basri Sa`anin Dt.Tan Pariaman) kemudian bernama Rumah Perawatan Sakit Jiwa (RPSD).

Tahun 1954 dilakukan pembangunan kembali serta pemugaran bangsal-bangsal di Ulu Gadut dan pasien dikembalikan secara bertahap, dan KOSD diubah namanya menjadi Rumah Sakit Jiwa Ulu Gadut.Sejak tahun 1961 statusnya diubah menjadi Rumah Sakit Jiwa Pusat Ulu Gadut Padang (kapasitas 110 tempat tidur) dan berakhir sampai tahun 2000. Berdasarkan surat Menkes-Kesos RI No 1735/Menkes-Kesos / 2000 tanggal 12 Desember 2000 perihal Pengalihan UPT dimana kepemilikan Rumah Sakit Jiwa Prof. Dr.HB.Sa`anin Padang berada dibawah Pemerintah daerah Provinsi Sumatera Barat.

Dalam pelaksanaan tugas dan kegiatan RSJ mengacu kepada Peraturan Daerah Provinsi Sumatera Barat Nomor: 7 Tahun 2010 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Rumah Sakit Jiwa Prof. HB. Saanin Padangdan dan Peraturan Gubernur Sumatera Barat No. 6 tahun 2011 tentang Rincian Tugas Pokok, Fungsidan Tata Kerja Rumah Sakit Jiwa Prof. HB. Saanin Padang. Dan Peraturan Gubernur Sumatera Barat Nomor: 440-538-2011.

Kategori:
SOP Interaksi dengan Keluarga INFORMASI YANG DIKECUALIKAN TATA CARA PERMOHONAN INFORMASI Tugas Belajar SPO Perbaikan Peralatan Medik Daftar Nama Pegawai Mengikuti Pelatihan SURAT KEPUTUSAN DIREKTUR Evaluasi Awal Zona Integritas (ZI) Menuju WBK/WBBM SOP Pelayanan Pasien Rehabilitasi Mental SK Penunjukan ASN sebagai PA, KPA, PPK dan Bendahara VISI DAN MISI PPID Jadwal Piket Pengaduan Pelayanan Pengumuman PEDOMAN KEPEGAWAIAN RBA BLUD SPO Pengelolaan Limbah Cair Program Kerja Bidang Keperawatan Alur Pelayanan Laboratorium serta Persyaratan Pelayanan Alur Pelayanan Radiologi LAYANAN PUBLIK RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG Download DAFTAR INFORMASI PUBLIK Panduan Resiko Jatuh Daftar Rekapitulasi Disiplin Pegawai Sarana Penerimaan Struktur Organisasi RSJ LAKIP Laporan Kegiatan Bulanan Loundry Prosedur Pembentukan Dewan Pengawas Penghargaan Rekrutmen Pegawai Non PNS Jenis-Jenis Pemeriksaan Laboratorium KGB Daftar Nama Pegawai Cuti per Bulan Pedoman Pelayanan Resiko Tinggi Panduan Pengaplikasian Restraint dan Isolasi Pengasingan terhadap Pasien Menu Pasien Rawat Inap di Instalasi Gizi Petunjuk Penggunaan APAR FORMULIR DAN TANDA TERIMA PERMOHONAN INFORMASI PEDOMAN PENGELOLAAN ORGANISASI SOP Penitipan/Penyimpanan Barang Milik Pasien INFORMASI BERKALA SOP Pencegahan Risiko Pasien Jatuh Berita Utama Usulan Pengelola Keuangan (PA, KPA, PPK dan Bendahara) INDIKATOR KINERJA UTAMA Pelayanan Informasi Obat Kalender Kegiatan Daftar Koleksi Audio Visual TATA CARA PENGADUAN PENYALAHGUNAAN WEWENANG/PELANGGARAN OLEH PEJABAT BADAN PUBLIK Jumlah Porsi dan Jenis Makanan yang diproduksi di Inst. Gizi DOKUMEN TENTANG MOU/NOTA KERJASAMA KALENDER KEGIATAN TAHUNAN Prosedur Penyusunan Laporan Keuangan dan Akuntansi Prosedur Verifikasi Penerimaan dan Pengeluaran Keuangan SPO Pemulasaran Jenazah Tugas dan Fungsi RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG Berita Terkini IJAZAH Pengumuman Peserta Lulus Seleksi Administrasi Penerimaan Pegawai Non PNS (Formasi Programmer) RS. JIwa Prof. HB. Saanin Padang Tahun 2020 Penempatan Tim Penanggulangan Bencana Daftar Jumlah PNS per Bulan Struktur Organisasi dan Uraian Tugas PPID Prosedur Pelayanan Pasien Rawat Jalan Panduan Hand Hygiene SK Dewan Pengawas LAPORAN KEPUASAN PELAYANAN INFORMASI PUBLIK Asuhan Keperawatan NAPZA yang Menjalani Detoksifikasi RKA Informasi Setiap Saat Izin Belajar Daftar Surat Keputusan Direktur Surat - Menyurat RS. Jiwa Prof. HB. Saanin Padang Pensiun STANDAR BIAYA PEROLEHAN INFORMASI Kenaikan Pangkat KLINIK JIWA DEWASA Izin Tempat Penyimpanan Sementara Limbah B3 LAPORAN LAYANAN INFORMASI Izin Pemanfaatan Tenaga Nuklir TARIF Informasi Berkala LAKIP Panduan Pengelolaan Bahan Bahaya Beracun PROFIL PIMPINAN RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG FASILITAS PELAYANAN SOP Terapi Aktivitas Kelompok NASKAH AKADEMIK SPO Pengelolaan Linen Prosedur Pelayanan Pasien IGD Informasi Berkala Program Kerja Sub Bidang Profesi dan Asuhan Keperawatan PERATURAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK Bezzeting WBK/WBBM Panduan Asuhan Keperawatan pada Pasien Resiko Bunuh Diri KEPUTUSAN PELAYANAN INFORMASI PUBLIK FASILITAS/KELENGKAPAN LAYANAN INFORMASI PUBLIK INFO KEPEGAWAIAN/PENGUMUMAN BROSUR PELAYANAN Lainnya SOP Interaksi dengan Pasien SPO Penyimpanan Limbah B3 (fixer) Alur Pengelolaan Pengaduan Masyarakat INFORMASI DATA PERBENDAHARAAN/INVENTARIS BARANG MILIK NEGARA ANJAB-ABK Informasi Berkala PEMBERI PELAYANAN Pergub No.43 Tahun 2016 SOP PENANGANAN SENGKETA INFORMASI PUBLIK SOP PENDOKUMENTASIAN INFORMASI PUBLIK Laporan Keuangan SAK Prosedur Penyusunan Anggaran APBD SK Penetapan Standar Pelayanan Verifikasi Pengeluaran Keuangan FORMULIR KEBERATAN Jadwal DPJP LAYANAN UNGGULAN SOP PENGUJIAN TENTANG KONSEKUENSI Layanan Pengaduan Online Alur Pelayanan Linen SK PPID Laporan Layanan Keterbukaan Informasi Publik INFORMASI PUBLIK RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG SOP Bidang Diklat dan Litbang Laporan Keuangan SOP Layanan Publik LAPORAN TAHUNAN SOP Kepegawaian SPO Pemeliharaan Peralatan Medik Informasi Setiap Saat Berita Populer Daftar Jumlah PNS per Bulan Profil PPID Evaluasi Program Kerja Ruangan Rehabilitasi Mental SK TIM LAYANAN PENGADUAN LAPORAN PENINGKATAN MUTU DAN KESELAMATAN PASIEN Rekrutmen SOP Pengelolaan Pelaksanaan Teknis Kegiatan Informasi Setiap Saat Informasi Berkala Bezzetting Pegawai PNS PEDOMAN PENGELOLAAN KEUANGAN Alur Pengelolaan Pengaduan Masyarakat Peta Jabatan SKP Daftar Jumlah Pegawai Non PNS per Bulan Informasi Setiap Saat PROFIL RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG Prosedur Penyusunan Anggaran BLUD PELAYANAN RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG SPO Pemeliharaan Berkala / Kalibrasi Ekternal Peralatan Medik SPO Hak Pasien dan Keluarga RKT Dokumen RUP (Rencana Umum Pengadaan) Laporan akuntabilitas Bidang Diklat ppid pembantu Panduan Perlindungan Harta Benda Milik Pasien Buku Standar Kode Etik Keperawatan Tahun 2017-2020 SK PNS Asuhan Keperawatan NAPZA yang Menjalani Rehabilitasi Daftar Judul Buku Perpustakaan RSJ SOP Penanganan Klien Fase Terminal PERJANJIAN KINERJA (PK) ESELON II Pedoman Pelayanan Instalasi Rawat Inap PENGUMUMAN SOP Pengekangan Fisik LAKIP 2019 DATA STATISTIK KEPEGAWAIAN TUGAS DAN FUNGSI PPID Program Kerja Dewan Pengawas Prosedur Penerimaan Pendapatan BLUD Standar pemberian makanan dan minuman pasien di Instalasi Gizi Panduan Penanggulangan Kebakaran Panduan Komunikasi Efektif SOP Pengiriman Pasien Rehabilitasi Mental DOKUMEN PERATURAN/KEPUTUSAN YANG TELAH DITETAPKAN SOP PENGELOLAAN KEBERATAN ATAS INFORMASI LAPORAN PELAKSANAAN VALIDITAS DATA INDIKATOR MUTU WEBSITE RSJ BERBASIS ANDROID Pemutkhiran Data Pegawai Daftar Urut Kepangkatan (DUK) SOP Pemulangan Pasien (Dropping) RENCANA STRATEGIS SOP PENGELOLAAN PERMOHONAN INFORMASI Laporan Semester II UKL-UPL Daftar Koleksi KTI NON PNS Prosedur Pengawasan Dewan Pengawas SOP Pindah Ruangan RENSTRA PERUBAHAN 2016-2021 Prosedur Pengeluaran Keuangan Anggaran APBD Informasi Publik Laboratorium SPO Penarikan Peralatan Medik Monitoring dan Evaluasi Penanganan Pengaduan Masyarakat SOP Komunikasi Efektif SPO Pelayanan Pengaduan DAFTAR REGISTER PERMOHONAN SOP PENDOKUMENTASIAN INFORMASI YANG DIKECUALIKAN Alur Penyelenggaraan Makanan di Instalasi Gizi TATA CARA PENGAJUAN PERMOHONAN PENYELESAIAN SENGKETA KE KOMISI INFORMASI Panduan Pemeliharaan Utilitas STRUKTUR ORGANISASI PPID Alur Pelayanan Obat Laporan Kinerja BLUD DATA STATISTIK KEUANGAN JADWAL PELAYANAN INFORMASI PUBLIK SPO Pengambilan Sampel di Laboratorium DATA DIKLAT & PENGEMBANGAN RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG Informasi Penggunaan Obat PEDOMAN PENGELOLAAN ADMINISTRASI Artikel Panduan Pelayanan Pasien Tahap Terminal Prosedur Penyusunan Laporan Pengeluaran Keuangan BLUD DOKUMEN PERJANJIAN PENGADAAN BARANG DAN JASA Visi Misi PPID Panduan Pengelolaan Limbah Cair Tarif Layanan Radiologi Panduan Perlindungan Terhadap Kekerasan Fisik SOP PENETAPAN DAN PEMUKTAHIRAN DIP Produk Hukum TATA CARA PENGAJUAN KEBERATAN

Sosial Media

Share to Facebook Share to Twitter Share to Gmail Print More...