SEJARAH SINGKAT RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG

Pada tahun 1932 di Padang terdapat dua tempat penampungan orang sakit jiwa. Lokasi pertama dibelakang Rumah&nbsp; Sakit Tentara di Parak Pisang (Sekarang Rumah Sakit Tentara Reksodiwiryo) disebut sebagai <em>Doorganghuis voorKrankzinnigen, dan ini merupakan bagian dari Militaire Hospital</em> dan lokasi kedua ditempat RSJ sekarang, disebut sebagai Koloni Orang Sakit Djiwa (KOSD) Ulu Gadut. Di Ulu Gadut ini orang sakit jiwa melakukan kegiatan pertanian (sawah,ladang dan perkebunan). Setelah diresmikan berdiri pada tahun 1932 disebut Rumah Sakit Jiwa Parak Pisang, dan Ulu Gadut adalah tempat Koloni Orang Sakit Djiwa.


Pada zaman Revolusi 1945 terjadi pengungsian orang sakit jiwa secara keseluruhan dari Parak Pisang ke KOSD Ulu Gadut karena situasi semakin tidak aman Dan 21 Januari 1947, waktu agresi Belanda terjadi lagi evakusi/pengungsisan karena situasi tidak aman lagi dari Ulu Gadut ke Sawah Lunto, menumpang dan bergabung dengan RSU Sawah Lunto (Pimpinan RSU waktu itu Dr.H.Hasan Basri Sa`anin Dt.Tan Pariaman) kemudian bernama Rumah Perawatan Sakit Jiwa (RPSD).

Tahun 1954 dilakukan pembangunan kembali serta pemugaran bangsal-bangsal di Ulu Gadut dan pasien dikembalikan secara bertahap, dan KOSD diubah namanya menjadi Rumah Sakit Jiwa Ulu Gadut.Sejak tahun 1961 statusnya diubah menjadi Rumah Sakit Jiwa Pusat Ulu Gadut Padang (kapasitas 110 tempat tidur) dan berakhir sampai tahun 2000. Berdasarkan surat Menkes-Kesos RI No 1735/Menkes-Kesos / 2000 tanggal 12 Desember 2000 perihal Pengalihan UPT dimana kepemilikan Rumah Sakit Jiwa Prof. Dr.HB.Sa`anin Padang berada dibawah Pemerintah daerah Provinsi Sumatera Barat.

Dalam pelaksanaan tugas dan kegiatan RSJ mengacu kepada Peraturan Daerah Provinsi Sumatera Barat Nomor: 7 Tahun 2010 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Rumah Sakit Jiwa Prof. HB. Saanin Padangdan dan Peraturan Gubernur Sumatera Barat No. 6 tahun 2011 tentang Rincian Tugas Pokok, Fungsidan Tata Kerja Rumah Sakit Jiwa Prof. HB. Saanin Padang. Dan Peraturan Gubernur Sumatera Barat Nomor: 440-538-2011.

Kategori:
Berita Utama SK PNS Prosedur Pengeluaran Keuangan Anggaran APBD JADWAL PELAYANAN INFORMASI PUBLIK Laporan Semester II UKL-UPL FORMULIR KEBERATAN SOP Penitipan/Penyimpanan Barang Milik Pasien Prosedur Penyusunan Laporan Pengeluaran Keuangan BLUD DATA STATISTIK KEPEGAWAIAN PEDOMAN PENGELOLAAN KEUANGAN Pedoman Pelayanan Instalasi Rawat Inap SOP PENDOKUMENTASIAN INFORMASI PUBLIK Informasi Setiap Saat Berita Terkini Berita Populer SPO Pemulasaran Jenazah INFORMASI BERKALA Informasi Setiap Saat Daftar Jumlah PNS per Bulan SOP Pencegahan Risiko Pasien Jatuh BROSUR PELAYANAN SOP Interaksi dengan Pasien TATA CARA PERMOHONAN INFORMASI Prosedur Verifikasi Penerimaan dan Pengeluaran Keuangan Jadwal Piket Pengaduan Pelayanan Petunjuk Penggunaan APAR SOP Pindah Ruangan WEBSITE RSJ BERBASIS ANDROID IJAZAH PERJANJIAN KINERJA (PK) ESELON II Daftar Koleksi KTI RENCANA STRATEGIS Layanan Pengaduan Online SPO Pengelolaan Limbah Cair WBK/WBBM Prosedur Pelayanan Pasien Rawat Jalan SOP Pengelolaan Pelaksanaan Teknis Kegiatan KLINIK JIWA DEWASA Peta Jabatan SOP Terapi Aktivitas Kelompok Artikel Daftar Jumlah Pegawai Non PNS per Bulan ANJAB-ABK SOP Komunikasi Efektif Prosedur Pembentukan Dewan Pengawas Daftar Judul Buku Perpustakaan RSJ PEDOMAN PENGELOLAAN ADMINISTRASI Tarif Layanan Radiologi Izin Pemanfaatan Tenaga Nuklir KALENDER KEGIATAN TAHUNAN TARIF TATA CARA PENGADUAN PENYALAHGUNAAN WEWENANG/PELANGGARAN OLEH PEJABAT BADAN PUBLIK Daftar Rekapitulasi Disiplin Pegawai Alur Pengelolaan Pengaduan Masyarakat ppid pembantu Laporan Layanan Keterbukaan Informasi Publik NASKAH AKADEMIK Program Kerja Bidang Keperawatan SOP Penanganan Klien Fase Terminal Asuhan Keperawatan NAPZA yang Menjalani Rehabilitasi Standar pemberian makanan dan minuman pasien di Instalasi Gizi Kenaikan Pangkat TATA CARA PENGAJUAN PERMOHONAN PENYELESAIAN SENGKETA KE KOMISI INFORMASI PENGUMUMAN Panduan Perlindungan Terhadap Kekerasan Fisik PERATURAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK Tugas Belajar DOKUMEN PERATURAN/KEPUTUSAN YANG TELAH DITETAPKAN Jadwal DPJP Bezzetting Pegawai INFORMASI DATA PERBENDAHARAAN/INVENTARIS BARANG MILIK NEGARA SK PPID Panduan Pemeliharaan Utilitas Buku Standar Kode Etik Keperawatan Tahun 2017-2020 Pensiun PEDOMAN KEPEGAWAIAN FASILITAS/KELENGKAPAN LAYANAN INFORMASI PUBLIK Prosedur Penerimaan Pendapatan BLUD INDIKATOR KINERJA UTAMA Panduan Komunikasi Efektif Daftar Koleksi Audio Visual SOP PENETAPAN DAN PEMUKTAHIRAN DIP Pedoman Pelayanan Resiko Tinggi Laporan Kegiatan Bulanan Loundry LAPORAN PELAKSANAAN VALIDITAS DATA INDIKATOR MUTU Alur Pelayanan Linen NON PNS Daftar Jumlah PNS per Bulan SOP PENGELOLAAN PERMOHONAN INFORMASI Panduan Asuhan Keperawatan pada Pasien Resiko Bunuh Diri DATA STATISTIK KEUANGAN DAFTAR REGISTER PERMOHONAN Bezzeting SPO Pengelolaan Linen SOP Pengiriman Pasien Rehabilitasi Mental Informasi Berkala RKT INFORMASI PUBLIK RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG Menu Pasien Rawat Inap di Instalasi Gizi LAYANAN PUBLIK RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG Prosedur Penyusunan Laporan Keuangan dan Akuntansi Informasi Setiap Saat PROFIL RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG LAYANAN UNGGULAN Download Kalender Kegiatan Pemutkhiran Data Pegawai Prosedur Pengawasan Dewan Pengawas INFO KEPEGAWAIAN/PENGUMUMAN LAKIP 2019 LAPORAN LAYANAN INFORMASI Penghargaan SURAT KEPUTUSAN DIREKTUR STANDAR BIAYA PEROLEHAN INFORMASI PNS Dokumen RUP (Rencana Umum Pengadaan) SK Penunjukan ASN sebagai PA, KPA, PPK dan Bendahara Panduan Pengelolaan Limbah Cair Informasi Berkala DOKUMEN PERJANJIAN PENGADAAN BARANG DAN JASA FORMULIR DAN TANDA TERIMA PERMOHONAN INFORMASI Prosedur Penyusunan Anggaran BLUD Pengumuman Peserta Lulus Seleksi Administrasi Penerimaan Pegawai Non PNS (Formasi Programmer) RS. JIwa Prof. HB. Saanin Padang Tahun 2020 SOP Pengekangan Fisik Informasi Publik Laboratorium Evaluasi Program Kerja Ruangan Rehabilitasi Mental PEDOMAN PENGELOLAAN ORGANISASI SPO Perbaikan Peralatan Medik LAPORAN PENINGKATAN MUTU DAN KESELAMATAN PASIEN Alur Pelayanan Radiologi PELAYANAN RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG Panduan Pengelolaan Bahan Bahaya Beracun SOP Kepegawaian Sarana Penerimaan VISI DAN MISI PPID SK Dewan Pengawas LAPORAN TAHUNAN Surat - Menyurat RS. Jiwa Prof. HB. Saanin Padang Penempatan Tim Penanggulangan Bencana Daftar Urut Kepangkatan (DUK) LAKIP SPO Pelayanan Pengaduan Daftar Nama Pegawai Cuti per Bulan RKA Pengumuman Panduan Resiko Jatuh Izin Belajar Alur Penyelenggaraan Makanan di Instalasi Gizi Pelayanan Informasi Obat SOP PENANGANAN SENGKETA INFORMASI PUBLIK Struktur Organisasi RSJ SOP Bidang Diklat dan Litbang KGB Informasi Berkala Panduan Penanggulangan Kebakaran Jenis-Jenis Pemeriksaan Laboratorium Informasi Setiap Saat INFORMASI YANG DIKECUALIKAN SKP Panduan Perlindungan Harta Benda Milik Pasien Program Kerja Sub Bidang Profesi dan Asuhan Keperawatan TATA CARA PENGAJUAN KEBERATAN Rekrutmen Pegawai Non PNS DATA DIKLAT & PENGEMBANGAN RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG Profil PPID SK TIM LAYANAN PENGADUAN SOP PENDOKUMENTASIAN INFORMASI YANG DIKECUALIKAN Panduan Pengaplikasian Restraint dan Isolasi Pengasingan terhadap Pasien Pergub No.43 Tahun 2016 PEMBERI PELAYANAN Laporan akuntabilitas Bidang Diklat SPO Penarikan Peralatan Medik DAFTAR INFORMASI PUBLIK Informasi Berkala Laporan Keuangan SAK LAPORAN KEPUASAN PELAYANAN INFORMASI PUBLIK Daftar Surat Keputusan Direktur Evaluasi Awal Zona Integritas (ZI) Menuju WBK/WBBM Asuhan Keperawatan NAPZA yang Menjalani Detoksifikasi RBA BLUD Lainnya Monitoring dan Evaluasi Penanganan Pengaduan Masyarakat Program Kerja Dewan Pengawas STRUKTUR ORGANISASI PPID Alur Pengelolaan Pengaduan Masyarakat SOP PENGUJIAN TENTANG KONSEKUENSI Prosedur Penyusunan Anggaran APBD Tugas dan Fungsi RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG Laporan Kinerja BLUD FASILITAS PELAYANAN PROFIL PIMPINAN RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG Izin Tempat Penyimpanan Sementara Limbah B3 Visi Misi PPID Rekrutmen Daftar Nama Pegawai Mengikuti Pelatihan DOKUMEN TENTANG MOU/NOTA KERJASAMA SOP Interaksi dengan Keluarga Struktur Organisasi dan Uraian Tugas PPID Usulan Pengelola Keuangan (PA, KPA, PPK dan Bendahara) SPO Penyimpanan Limbah B3 (fixer) Alur Pelayanan Laboratorium serta Persyaratan Pelayanan RENSTRA PERUBAHAN 2016-2021 Panduan Pelayanan Pasien Tahap Terminal SOP Layanan Publik SK Penetapan Standar Pelayanan Verifikasi Pengeluaran Keuangan Prosedur Pelayanan Pasien IGD Produk Hukum Informasi Penggunaan Obat SPO Pengambilan Sampel di Laboratorium Panduan Hand Hygiene KEPUTUSAN PELAYANAN INFORMASI PUBLIK TUGAS DAN FUNGSI PPID SOP Pelayanan Pasien Rehabilitasi Mental SOP Pemulangan Pasien (Dropping) SOP PENGELOLAAN KEBERATAN ATAS INFORMASI SPO Hak Pasien dan Keluarga SPO Pemeliharaan Peralatan Medik Alur Pelayanan Obat SPO Pemeliharaan Berkala / Kalibrasi Ekternal Peralatan Medik LAKIP Laporan Keuangan Jumlah Porsi dan Jenis Makanan yang diproduksi di Inst. Gizi

Sosial Media

Share to Facebook Share to Twitter Share to Gmail Print More...