TIM PENELITI BIDANG DIKLAT DAN LITBANG RS.JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG LAKUKAN SOSIALISASI HASIL SURVEY KEPUASAN PELANGGAN INTERNAL

Dalam sebuah organisasi kepuasan kerja secara menyeluruh merupakan hal yang penting. Kepuasan pegawai merupakan suatu prasyarat untuk meningkatkan produktifitas, tanggung jawab, kualitas, loyalitas dan pelayanan kepada pelanggan RS. Jiwa Prof. HB. Saanin Padang. Sebagai organisasi badan publik yang bergerak di bidang pelayanan kesehatan jiwa telah ditetapkan sebagai rumah sakit khusus kelas A berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan RI No. HK.02.03/I/1247/2015 tanggal 15 Mei 2015.Perkembangan yang sangat pesat itu tidak mungkin terjadi tanpa didukung dengan lahirnya berbagai kebijakan organisasi dan program kerja yang progresif dan berorientasi pada kemajuan organisasi. Juga tidak mungkin terjadi tanpa didukung oleh kinerja pegawai yang baik dan juga berorientasi pada kemajuan.

Hari Jumat 24 Juni 2016 , Tim Peneliti Bidang Diklat & Litbang RS. Jiwa Prof. HB. Saanin Padang melakukan Sosialisasi tentang Hasil Survei Kepuasan Pelanggan Internal. Survey yang telah dilaksanakan selama 2 minggu dari tanggal 24 Mei s.d 4 Juni 2016 di RS. Jiwa Prof. HB.Saanin Padang. dengan responden seluruh pegawai RS. Jiwa Prof. HB. Saanin Padang yang berjumlah 342 orang pegawai.Kuesioner yang digunakan sesuai dengan Prosedur Peningkatan (PIN) 09 NO. 5.3.3 Dokumen ISO 9001: 2008 BLUD RS.Jiwa Prof. HB. Saanin Padang. Kegiatan Sosialisasi ini di hadiri oleh Jajaran Pimpinan dilingkungan RS. Jiwa Prof. HB. Saanin Padang mulai dari Direktur , Ka.bag/Ka.Bid, dan Ka.Subbag/Ka.Subbid bertempat di Ruang Rapat Direktur RS. Jiwa Prof. HB.Saanin Padang.

Acara dibuka langsung oleh Ibu Direktur RS. Jiwa Prof. HB. Saanin Padang “ dr.Lily Gracediani, M.Kes dengan moderator Ka. Bidang Diklat & Litbang “ Ibu Eni Susiyeti, SH dan dilanjutkan dengan pemaparan Hasil Survei Kepuasan Pelanggan oleh “ NS. Titi Purwani, S.Kep”

Survei Kepuasan Pegawai RS. Jiwa Prof. HB. Saanin Padang dilakukan untuk mengetahui gambaran kepuasan pelanggan internal RS. Jiwa Prof. HB.Saanin dan pedoman untuk menyusun rencana tindak lanjut dan pengembangan organisasi dan SDM. Dari hasil survey dapat digambarkan kegiatan pelayanan RSJ terhadap staffnya dengan beberapa aspek antara lain : administrasi kepegawaian, system pembinaan karir, pengembangan kompetensi, system remunirasi, dan aspek budaya organisasi dan dapat disimpulkan bahwa petugas/pegawai RS.Jiwa Prof. HB. Saanin Padang baik PNS maupun Non PNS merasa tingkat kepuasan yang cukup baik. Dari hasil survey juga ada beberapa hal yang ditingkatkan /ditindaklanjuti berdasarkan saran dari responden.Hal ini mendapat respon dari manajemen untuk melakukan perbaikan dengan segera pada beberapa aspek yang dibutuhkan petugas, sehingga dapat mendukung dalam peningkatan pelayanan RS. Jiwa Prof. HB. Saanin Padang.

Pada akhir acara Ibu Direktur “ dr. Lily Gracediani, M.Kes mengungkapkan “ Bahwa hasil survey ini juga menjadi sangat penting, karena organisasi RS. Jiwa Prof. HB. Saanin Padang yang bergerak di bidang Jasa pelayanan kesehatan, modal utamanya adalah kualitas dan kinerja pegawai. Untuk selanjutnya survey ini menjadi masukan bagi manajemen dalam menganalisa program dan kebijakan RS. Jiwa Prof. HB. Saanin Padang yang sudah dan akan dilaksanakan. ( Humas_RSJ )

 

Share Berita :

Sosial Media

Share to Facebook Share to Twitter Share to Gmail Print More...