TUGAS DAN FUNGSI

Rincian Tugas Pokok dan Fungsi :

Direktur :

1) Direktur mempunyai tugas pokok menyelenggarakan pelayanan kesehatan meliputi promotif, pencegahan, pemulihan, rehabilitasi dan menyelenggarakan upaya rujukan di sektyor kesehatan terutama dibidang kesehatan jiwa serta kesehatan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku berdasarkan asas desentralisasi, dekonsentrasi dan tugas pembantguan.

2) Untuk menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana dimaksud dalam ayat 1)   Direktur mempunyai fungsi :

a)   Perumusan kebijakan teknis di bidang administrasi, medis dan keperawatan;

b)   Penyelenggaraan urusan administrasi, medis dan keperawatan;

c)    Pembinaan dan penyelnggaraan tugas dibidang administrasi, medis dan keperawatan;

d)   Penyelenggaraan tugas kedinasan lain sesuai bidang tugasnya.

Direktur membawahi :

a)         Wakil Direktur Pelayanan Medis; dan

b)Wakil Direktur Umum dan Keuangan

Wakil Direktur Pelayanan :

(1)     Wadir Pelayanan mempunyai tugas pokok membantu Direktur dalam mengkoordinasi tugas bidang pelayanan medis, keperawatan, pelayanan penunjang dan tugas-tugas bidang sesuai dengan peraturan perundang-undangan;

(2)     Untuk menyelenggarakan tugas Wadir Pelayanan mempunyai Fungsi :

(a)     pengkoordinasian pengelolaan pelayanan rawat jalan;

(b)     pengkoordinasian pengelolaan pelayanan rawat inap;

(c)      pengkoordinasian pengelolaan keperawatan, etika dan frofesi keperawatan;

(d)     pelaksanaan tugas kedinasan lain sesuai bidang tugasnya.

(3)     Wadir Pelayanan membawahi;

(a)     Bidang Pelayanan Medis;

(b)     Bidang Pelayanan Keperawatan;

(c)      Bidang Penunjang Medik;

Bidang Pelayanan Medis :

  1. Bidang Pelayanan Medis mempunyai tugas pokok memimpin, melaksanakan dan mengkoordinasikan pelaksanaan tugas di bidang pelayanan medis.
  2. Untuk menyelenggarakan tugas, Bidang Pelayanan Medis mempunyai fungsi
    1. penyusunan rencana kebutuhan pelayanan medis, elektromedik dan rehab medis;
    2. pengelolaan dan penyajian data pelayanan medis, elektromedik dan rehab medis;
    3. pengelolaan dan pelayanan perawatan medik, elektromedik dan rehab medis;
    4. pelaksanaan tugas kedinasan lain sesuai bidang tugasnya.
  3. Bidang Pelayanan Medis membawahi :

           a.  Seksi Ketenagaan dan Pengendalian Mutu Pelayanan Medis;

           b.  Seksi Pengembangan dan Pemeliharaan, Fasilitasi Pelayanan Medis;

 

Bidang Keperawatan :

1)   Bidang Keperawatan mempunyai tugas pokok memimpin, melaksanakan dan mengkoordinasikan pengelolaan asuhan, etika dan profesi keperawatan serta pengelolaan logistik keperawatan.

2)   Untuk menyelenggarakan tugas Bidang Keperawatan mempunyai fungsi :

a)        pengkoordinasian, perencanaan, pemantauan, pengendalian, pembinaan, evaluasi kegiatan bidang keperawatan.

b)        Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugas;

3)        Bidang Keperawatan membawahi :

a)        Seksi Profesi dan Asuhan Keperawatan;

b)        Seksi Logistik Keperawatan;

 

Bidang Penunjang Medik :

1)        Bidang Penunjang Medik mempunyai tugas pokok memimpin, melaksanakan dan mengkoordinasikan tugas-tugas Bidang Penunjang Medik sesuai dengan bidang tugasnya;

2)        Untuk menyelenggarakan tugas Bidang Penunjang Medik mempunyai fungsi

a)   penyusunan standar farmakologi RSJ;

b)   pelaksanaan pelayanan Instalasi RSJ;

c)    pengelolaan sarana dan prasarana RSJ;

d)   pelaksanaan tugas kedinasan sesuai bidang tugasnya;

 

3)        Bidang Penunjang Medik membawahi :

a)   Seksi Ketenagaan dan Pengendalian Mutu Penunjang Medik;

b)   Seksi Pengembangan dan Pemeliharaan, Fasilitasi Penunjang Medik;

 

Wakil Direktur Umum dan Keuangan :

(1)     Wakil Direktur Umum dan Keuangan mempunyai tugas pokok membantu Direktur dalam mengkoordinasikan tugas bagian ketatausahaan, keuangan dan penelitian dan pengembangan dan tugas-tugas bagian sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

(2)     Untuk menyelenggarakan tugas Wakil Direktur Umum dan Keuangan mempunyai fungsi :

(a)      pengkoordinasian perumusan program Pendidikan dan latihan serta Penelitian dan Pengembangan RSJ;

(b)      Pengelolaan urusan kepegawaian, tatalaksana dan rumah tangga RSJ;

(c)      Pengelolaan keuangan data dan informasi Rumah Sakit Khusus Daerah;

(d)      Pelaksanaan tugas kedinasan lain sesuai bidang tugasnya;

(3)    Wakil Direktur Umum dan Keuangan membawahi :

(a)   Bidang Pendidikan dan Latihan serta Penelitian dan Pengembangan;

(b)   Bagian Tata Usaha;

(c)   Bagian Keuangan;

Bidang Pendidikan dan Latihan serta Penelitian dan Pengembangan :

1)        Bidang Pendidikan dan Latihan serta Penelitian dan Pengembangan mempunayi tugas melaksanakan penyiapan perumusan kebijakan teknis, pelaksanaan dan pelayanan administrasi dan teknis di bidang Pendidikan dan Latihan serta Penelitian dan Pengembangan;

2)        Untuk menyelenggarakan tugas Bidang Pendidikan dan Latihan serta Penelitian dan Pengembangan mempunyai fungsi;

a)        Penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis, pelaksanaan dan pelayanan administrasi dan teknis di bidang Pendidikan dan lLatihan serta Penelitian dan Pengembangan;

b)        Penyiapan bahan perumusan dibidang pendidikan dan latihan;

c)         Penyiapan bahan perumusan di bidang penelitian dan pengembangan;

d)        Menyelenggarakan tugas lain sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

 

3)        Bidang Pendidikan dan Latihan serta Penelitian dan Pengembangan membawahi :

a)   Seksi Pendidikan dan Latihan;

b)   Seksi Penelitian dan Pengembangan.

Bagian Tata Usaha :

1)   Bagian tata Usaha mempunyai tugas pokok memimpin, melaksanakan dan mengkoordinasikan tugas-tugas sub bagian sesuai dengan bidang tugasnya;

2)   Untuk menyelenggarakan tugas Bagian tata Usaha mempunyai fungsi :

a)        pengkoordinasian pelaksanaan kegiatan;

b)        pengelolaan urusan umum dan administrasi kepegawaian;

c)        pengelolaan administrasi keuangan;

d)        pengkoordinasian dan penyusunan program serta pengelolaan dan penyajian data;

e)        pengelolaan dan pembinaan organisasi dan tatalaksana;

f)         pelaksanaan tugas kedinasan sesuai bidang tugasnya;

3)    Bagian Tata Usaha membawahi :

a)   Sub Bagian Umum, Aset dan Perlengkapan;

b)   Sub Bagian Kepegawaian, Humas, Organisasi dan Hukum;

 

 

Bagian Keuangan :

1)   Bagian Keuangan mempunyai tugas pokok memimpin, melaksanakan pengelolaan administrasi keuangan di lingkunggan RSJ;

2)   Untuk menyelenggarakan tugas Bagian Keuangan mempunyai fungsi :

a)   pelaksanaan administrasi akutansi dan verifikasi;

b)   pelaksanaan administrasi anggaran dan perbendaharaan;

c)    pelaksanaan tugas kedinasan lain sesuai bidang tugasnya;

3)    Bagian Keuangan membawahi :

a)   Sub Bagian Anggaran dan Perbendaharaan;

b)   Sub Bagian Akuntansi dan Verifikasi;

Komite :

1)   Komite dibentuk dengan keputusan direktur untuk tujuan dan tugas tertentu;

2)   Komite berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Direktur;

3)   Komite dipimpin oleh seorang Ketua yang dipilih oleh anggota dan ditetapkan dengan Keputusan Direktur;

4)   Komite mempunyai tugas membantu Direktur dalam menyusun standar pelayanan profesi, memantau pelaksanaan standar profesi, melaksanakan pembinaan etika profesi, memberikan saran dan pertimbangan dalam pengembangan pelayanan profesi;

5)   Jumlah Komite ditetapkan oleh Direktur sesuai kebutuhan;

6)   Dalam melaksanakan tugas, komite dapat membentuk Sub.Komite dan atau Panitia yang merupakan kelompok kerja tertentu yang ditetapkan dengan keputusan direktur.

SPI :

1). SPI dibentuk dan ditetapkan oleh Direktur;

2). SPI berdada dibawah dan bertanggung jawab kepada Direktur

3). SPI dipimpin oleh seorang Ketua yang diangkat dan diberhentikan oleh Direktur

4). Anggota SPI harus berjumlah ganjil, sekurang-kurangnya 3 (tiga) orang dan sebanyak-banyaknya 7 (tujuh) orang.

 

Instalasi :

1)        Instalasi adalah unit layanan non struktural yang menyediakan fasilitas dan menyelenggarakan kegiatan pelayanan, pendidikan, pelatihan dan penelitian rumah sakit;

2)        Pembentukan Instalasi ditetapkan oleh Direktur sesuai kebutuhan;

3)        Instalasi dipimpin oleh seorang Kepala yang diangkat dan diberhentikan oleh Direktur;

4)        Kepala instalasi dalam melaksanakan tugasnya dibantu oleh tenaga-tenaga fungsional dan atau non medis;

 TATA KERJA

  1. Dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya, Direktur, Wakil Direktur, Kepala Bidang, Kepala Bagian, Kepala Seksi, Kepala Sub.Bagian dan Kelompok Jabatan Fungsional dalam lingkup RSJ Prof. Dr. HB. Saanin Padang menerapkan koordinasi, Integrasi,sinkronisasi baik secara vertikal maupun horizontal dengan sebaik-baiknya.
  2. Dalam menjalankan tugas, RSJ Prof. Dr. HB. Saanin Padang melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan.
  3. RS Jiwa Prof. HB. Saanin Padang secara fungsional dibina oleh Dinas Kesehatan.

Direktur berkewajiban memberikan petunjuk, membimbing, mengawasi pekerjaan unsur-unsur pembantu dan pelaksana dalam lingkungan satuan kerjanya.

 ESELONERING :

Eselonering Jabatan Struktural pada RS Jiwa Prof. Dr. HB. Saanin Padang adalah sebagai berikut :

  1. Direktur, eselon II b;
  2. Wakil Direktur, eselon III a;
  3. Kepala Bagian / Bidang, eselon III b;
  4. Kepala Sub Bagian / Seksi, eselon IV a.
Kategori:
Menu Pasien Rawat Inap di Instalasi Gizi Petunjuk Penggunaan APAR SOP Komunikasi Efektif Berita Utama Prosedur Penyusunan Laporan Pengeluaran Keuangan BLUD VISI DAN MISI PPID Jadwal Piket Pengaduan Pelayanan SPO Perbaikan Peralatan Medik Program Kerja Dewan Pengawas JADWAL PELAYANAN INFORMASI PUBLIK SOP Bidang Diklat dan Litbang Prosedur Pelayanan Pasien Rawat Jalan PNS SOP Pengelolaan Pelaksanaan Teknis Kegiatan SPO Penyimpanan Limbah B3 (fixer) Berita Terkini LAKIP 2019 Prosedur Verifikasi Penerimaan dan Pengeluaran Keuangan SOP Pencegahan Risiko Pasien Jatuh PEMBERI PELAYANAN DOKUMEN PERATURAN/KEPUTUSAN YANG TELAH DITETAPKAN RBA BLUD Monitoring dan Evaluasi Penanganan Pengaduan Masyarakat Struktur Organisasi dan Uraian Tugas PPID Panduan Perlindungan Harta Benda Milik Pasien FASILITAS PELAYANAN Surat - Menyurat RS. Jiwa Prof. HB. Saanin Padang STANDAR BIAYA PEROLEHAN INFORMASI SPO Pelayanan Pengaduan FORMULIR KEBERATAN BROSUR PELAYANAN Pelayanan Informasi Obat DOKUMEN TENTANG MOU/NOTA KERJASAMA Panduan Hand Hygiene Informasi Setiap Saat Download Evaluasi Program Kerja Ruangan Rehabilitasi Mental Program Kerja Sub Bidang Profesi dan Asuhan Keperawatan Panduan Resiko Jatuh Program Kerja Bidang Keperawatan Laporan Semester II UKL-UPL Panduan Penanggulangan Kebakaran Daftar Jumlah PNS per Bulan Struktur Organisasi RSJ WBK/WBBM WEBSITE RSJ BERBASIS ANDROID SPO Pemeliharaan Berkala / Kalibrasi Ekternal Peralatan Medik Panduan Asuhan Keperawatan pada Pasien Resiko Bunuh Diri Prosedur Pengawasan Dewan Pengawas Laporan Keuangan Tugas dan Fungsi RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG SOP PENDOKUMENTASIAN INFORMASI PUBLIK Panduan Perlindungan Terhadap Kekerasan Fisik SOP Interaksi dengan Keluarga Daftar Surat Keputusan Direktur Panduan Pemeliharaan Utilitas Pengumuman SOP Pengiriman Pasien Rehabilitasi Mental Profil PPID DATA STATISTIK KEUANGAN TATA CARA PERMOHONAN INFORMASI Bezzetting Pegawai KLINIK JIWA DEWASA PROFIL RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG Daftar Judul Buku Perpustakaan RSJ TUGAS DAN FUNGSI PPID Informasi Setiap Saat DAFTAR REGISTER PERMOHONAN TATA CARA PENGAJUAN KEBERATAN Informasi Setiap Saat LAKIP STRUKTUR ORGANISASI PPID INFORMASI DATA PERBENDAHARAAN/INVENTARIS BARANG MILIK NEGARA KALENDER KEGIATAN TAHUNAN INFORMASI YANG DIKECUALIKAN Bezzeting SKP NON PNS Laporan akuntabilitas Bidang Diklat RKT Izin Tempat Penyimpanan Sementara Limbah B3 Alur Pelayanan Laboratorium serta Persyaratan Pelayanan KGB SK Penetapan Standar Pelayanan Verifikasi Pengeluaran Keuangan RKA Layanan Pengaduan Online Daftar Urut Kepangkatan (DUK) Pedoman Pelayanan Resiko Tinggi Produk Hukum PERJANJIAN KINERJA (PK) ESELON II Tugas Belajar Standar pemberian makanan dan minuman pasien di Instalasi Gizi SOP Penitipan/Penyimpanan Barang Milik Pasien SOP Penanganan Klien Fase Terminal Daftar Nama Pegawai Mengikuti Pelatihan Informasi Penggunaan Obat KEPUTUSAN PELAYANAN INFORMASI PUBLIK Izin Belajar SOP Pengekangan Fisik Buku Standar Kode Etik Keperawatan Tahun 2017-2020 Laporan Layanan Keterbukaan Informasi Publik Sarana Penerimaan INFORMASI PUBLIK RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG Prosedur Penyusunan Laporan Keuangan dan Akuntansi Penempatan Tim Penanggulangan Bencana Prosedur Penerimaan Pendapatan BLUD SPO Pemulasaran Jenazah DATA STATISTIK KEPEGAWAIAN IJAZAH Panduan Pengaplikasian Restraint dan Isolasi Pengasingan terhadap Pasien Asuhan Keperawatan NAPZA yang Menjalani Rehabilitasi Kenaikan Pangkat Artikel PERATURAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK FORMULIR DAN TANDA TERIMA PERMOHONAN INFORMASI Informasi Berkala ANJAB-ABK SOP PENGELOLAAN KEBERATAN ATAS INFORMASI SPO Pengambilan Sampel di Laboratorium Rekrutmen SK Dewan Pengawas Panduan Pengelolaan Limbah Cair SOP Pindah Ruangan Berita Populer LAPORAN KEPUASAN PELAYANAN INFORMASI PUBLIK Panduan Pelayanan Pasien Tahap Terminal Daftar Koleksi Audio Visual Laporan Kinerja BLUD TARIF Alur Pelayanan Radiologi DOKUMEN PERJANJIAN PENGADAAN BARANG DAN JASA TATA CARA PENGADUAN PENYALAHGUNAAN WEWENANG/PELANGGARAN OLEH PEJABAT BADAN PUBLIK Informasi Berkala SK Penunjukan ASN sebagai PA, KPA, PPK dan Bendahara Visi Misi PPID Prosedur Penyusunan Anggaran APBD LAPORAN PELAKSANAAN VALIDITAS DATA INDIKATOR MUTU Daftar Rekapitulasi Disiplin Pegawai Alur Penyelenggaraan Makanan di Instalasi Gizi RENCANA STRATEGIS SPO Penarikan Peralatan Medik SOP PENGELOLAAN PERMOHONAN INFORMASI LAYANAN PUBLIK RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG SK PNS Rekrutmen Pegawai Non PNS SPO Pengelolaan Linen Informasi Setiap Saat SOP PENDOKUMENTASIAN INFORMASI YANG DIKECUALIKAN Jadwal DPJP Pemutkhiran Data Pegawai DATA DIKLAT & PENGEMBANGAN RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG Prosedur Pengeluaran Keuangan Anggaran APBD TATA CARA PENGAJUAN PERMOHONAN PENYELESAIAN SENGKETA KE KOMISI INFORMASI Daftar Nama Pegawai Cuti per Bulan Prosedur Pembentukan Dewan Pengawas PROFIL PIMPINAN RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG INDIKATOR KINERJA UTAMA LAPORAN TAHUNAN Lainnya PEDOMAN KEPEGAWAIAN SOP PENANGANAN SENGKETA INFORMASI PUBLIK LAPORAN PENINGKATAN MUTU DAN KESELAMATAN PASIEN Pengumuman Peserta Lulus Seleksi Administrasi Penerimaan Pegawai Non PNS (Formasi Programmer) RS. JIwa Prof. HB. Saanin Padang Tahun 2020 Informasi Publik Laboratorium Pergub No.43 Tahun 2016 SOP Terapi Aktivitas Kelompok Kalender Kegiatan Alur Pengelolaan Pengaduan Masyarakat Peta Jabatan SOP Kepegawaian Alur Pelayanan Obat SK PPID Asuhan Keperawatan NAPZA yang Menjalani Detoksifikasi PENGUMUMAN SK TIM LAYANAN PENGADUAN Evaluasi Awal Zona Integritas (ZI) Menuju WBK/WBBM SURAT KEPUTUSAN DIREKTUR Alur Pengelolaan Pengaduan Masyarakat Izin Pemanfaatan Tenaga Nuklir LAKIP SOP PENGUJIAN TENTANG KONSEKUENSI SOP Layanan Publik INFO KEPEGAWAIAN/PENGUMUMAN Prosedur Penyusunan Anggaran BLUD Panduan Komunikasi Efektif PEDOMAN PENGELOLAAN KEUANGAN Prosedur Pelayanan Pasien IGD RENSTRA PERUBAHAN 2016-2021 Pedoman Pelayanan Instalasi Rawat Inap FASILITAS/KELENGKAPAN LAYANAN INFORMASI PUBLIK PEDOMAN PENGELOLAAN ADMINISTRASI Pensiun SOP Interaksi dengan Pasien Laporan Keuangan SAK Laporan Kegiatan Bulanan Loundry Dokumen RUP (Rencana Umum Pengadaan) Daftar Jumlah PNS per Bulan Alur Pelayanan Linen Jumlah Porsi dan Jenis Makanan yang diproduksi di Inst. Gizi PEDOMAN PENGELOLAAN ORGANISASI Penghargaan PELAYANAN RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG SPO Pengelolaan Limbah Cair LAPORAN LAYANAN INFORMASI DAFTAR INFORMASI PUBLIK Daftar Koleksi KTI NASKAH AKADEMIK Tarif Layanan Radiologi SPO Hak Pasien dan Keluarga Usulan Pengelola Keuangan (PA, KPA, PPK dan Bendahara) ppid pembantu SOP Pemulangan Pasien (Dropping) Panduan Pengelolaan Bahan Bahaya Beracun SOP Pelayanan Pasien Rehabilitasi Mental SPO Pemeliharaan Peralatan Medik Jenis-Jenis Pemeriksaan Laboratorium LAYANAN UNGGULAN Daftar Jumlah Pegawai Non PNS per Bulan SOP PENETAPAN DAN PEMUKTAHIRAN DIP

Sosial Media

Share to Facebook Share to Twitter Share to Gmail Print More...