TUGAS DAN FUNGSI

Rincian Tugas Pokok dan Fungsi :

Direktur :

1) Direktur mempunyai tugas pokok menyelenggarakan pelayanan kesehatan meliputi promotif, pencegahan, pemulihan, rehabilitasi dan menyelenggarakan upaya rujukan di sektyor kesehatan terutama dibidang kesehatan jiwa serta kesehatan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku berdasarkan asas desentralisasi, dekonsentrasi dan tugas pembantguan.

2) Untuk menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana dimaksud dalam ayat 1)   Direktur mempunyai fungsi :

a)   Perumusan kebijakan teknis di bidang administrasi, medis dan keperawatan;

b)   Penyelenggaraan urusan administrasi, medis dan keperawatan;

c)    Pembinaan dan penyelnggaraan tugas dibidang administrasi, medis dan keperawatan;

d)   Penyelenggaraan tugas kedinasan lain sesuai bidang tugasnya.

Direktur membawahi :

a)         Wakil Direktur Pelayanan Medis; dan

b)Wakil Direktur Umum dan Keuangan

Wakil Direktur Pelayanan :

(1)     Wadir Pelayanan mempunyai tugas pokok membantu Direktur dalam mengkoordinasi tugas bidang pelayanan medis, keperawatan, pelayanan penunjang dan tugas-tugas bidang sesuai dengan peraturan perundang-undangan;

(2)     Untuk menyelenggarakan tugas Wadir Pelayanan mempunyai Fungsi :

(a)     pengkoordinasian pengelolaan pelayanan rawat jalan;

(b)     pengkoordinasian pengelolaan pelayanan rawat inap;

(c)      pengkoordinasian pengelolaan keperawatan, etika dan frofesi keperawatan;

(d)     pelaksanaan tugas kedinasan lain sesuai bidang tugasnya.

(3)     Wadir Pelayanan membawahi;

(a)     Bidang Pelayanan Medis;

(b)     Bidang Pelayanan Keperawatan;

(c)      Bidang Penunjang Medik;

Bidang Pelayanan Medis :

  1. Bidang Pelayanan Medis mempunyai tugas pokok memimpin, melaksanakan dan mengkoordinasikan pelaksanaan tugas di bidang pelayanan medis.
  2. Untuk menyelenggarakan tugas, Bidang Pelayanan Medis mempunyai fungsi
    1. penyusunan rencana kebutuhan pelayanan medis, elektromedik dan rehab medis;
    2. pengelolaan dan penyajian data pelayanan medis, elektromedik dan rehab medis;
    3. pengelolaan dan pelayanan perawatan medik, elektromedik dan rehab medis;
    4. pelaksanaan tugas kedinasan lain sesuai bidang tugasnya.
  3. Bidang Pelayanan Medis membawahi :

           a.  Seksi Ketenagaan dan Pengendalian Mutu Pelayanan Medis;

           b.  Seksi Pengembangan dan Pemeliharaan, Fasilitasi Pelayanan Medis;

 

Bidang Keperawatan :

1)   Bidang Keperawatan mempunyai tugas pokok memimpin, melaksanakan dan mengkoordinasikan pengelolaan asuhan, etika dan profesi keperawatan serta pengelolaan logistik keperawatan.

2)   Untuk menyelenggarakan tugas Bidang Keperawatan mempunyai fungsi :

a)        pengkoordinasian, perencanaan, pemantauan, pengendalian, pembinaan, evaluasi kegiatan bidang keperawatan.

b)        Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugas;

3)        Bidang Keperawatan membawahi :

a)        Seksi Profesi dan Asuhan Keperawatan;

b)        Seksi Logistik Keperawatan;

 

Bidang Penunjang Medik :

1)        Bidang Penunjang Medik mempunyai tugas pokok memimpin, melaksanakan dan mengkoordinasikan tugas-tugas Bidang Penunjang Medik sesuai dengan bidang tugasnya;

2)        Untuk menyelenggarakan tugas Bidang Penunjang Medik mempunyai fungsi

a)   penyusunan standar farmakologi RSJ;

b)   pelaksanaan pelayanan Instalasi RSJ;

c)    pengelolaan sarana dan prasarana RSJ;

d)   pelaksanaan tugas kedinasan sesuai bidang tugasnya;

 

3)        Bidang Penunjang Medik membawahi :

a)   Seksi Ketenagaan dan Pengendalian Mutu Penunjang Medik;

b)   Seksi Pengembangan dan Pemeliharaan, Fasilitasi Penunjang Medik;

 

Wakil Direktur Umum dan Keuangan :

(1)     Wakil Direktur Umum dan Keuangan mempunyai tugas pokok membantu Direktur dalam mengkoordinasikan tugas bagian ketatausahaan, keuangan dan penelitian dan pengembangan dan tugas-tugas bagian sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

(2)     Untuk menyelenggarakan tugas Wakil Direktur Umum dan Keuangan mempunyai fungsi :

(a)      pengkoordinasian perumusan program Pendidikan dan latihan serta Penelitian dan Pengembangan RSJ;

(b)      Pengelolaan urusan kepegawaian, tatalaksana dan rumah tangga RSJ;

(c)      Pengelolaan keuangan data dan informasi Rumah Sakit Khusus Daerah;

(d)      Pelaksanaan tugas kedinasan lain sesuai bidang tugasnya;

(3)    Wakil Direktur Umum dan Keuangan membawahi :

(a)   Bidang Pendidikan dan Latihan serta Penelitian dan Pengembangan;

(b)   Bagian Tata Usaha;

(c)   Bagian Keuangan;

Bidang Pendidikan dan Latihan serta Penelitian dan Pengembangan :

1)        Bidang Pendidikan dan Latihan serta Penelitian dan Pengembangan mempunayi tugas melaksanakan penyiapan perumusan kebijakan teknis, pelaksanaan dan pelayanan administrasi dan teknis di bidang Pendidikan dan Latihan serta Penelitian dan Pengembangan;

2)        Untuk menyelenggarakan tugas Bidang Pendidikan dan Latihan serta Penelitian dan Pengembangan mempunyai fungsi;

a)        Penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis, pelaksanaan dan pelayanan administrasi dan teknis di bidang Pendidikan dan lLatihan serta Penelitian dan Pengembangan;

b)        Penyiapan bahan perumusan dibidang pendidikan dan latihan;

c)         Penyiapan bahan perumusan di bidang penelitian dan pengembangan;

d)        Menyelenggarakan tugas lain sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

 

3)        Bidang Pendidikan dan Latihan serta Penelitian dan Pengembangan membawahi :

a)   Seksi Pendidikan dan Latihan;

b)   Seksi Penelitian dan Pengembangan.

Bagian Tata Usaha :

1)   Bagian tata Usaha mempunyai tugas pokok memimpin, melaksanakan dan mengkoordinasikan tugas-tugas sub bagian sesuai dengan bidang tugasnya;

2)   Untuk menyelenggarakan tugas Bagian tata Usaha mempunyai fungsi :

a)        pengkoordinasian pelaksanaan kegiatan;

b)        pengelolaan urusan umum dan administrasi kepegawaian;

c)        pengelolaan administrasi keuangan;

d)        pengkoordinasian dan penyusunan program serta pengelolaan dan penyajian data;

e)        pengelolaan dan pembinaan organisasi dan tatalaksana;

f)         pelaksanaan tugas kedinasan sesuai bidang tugasnya;

3)    Bagian Tata Usaha membawahi :

a)   Sub Bagian Umum, Aset dan Perlengkapan;

b)   Sub Bagian Kepegawaian, Humas, Organisasi dan Hukum;

 

 

Bagian Keuangan :

1)   Bagian Keuangan mempunyai tugas pokok memimpin, melaksanakan pengelolaan administrasi keuangan di lingkunggan RSJ;

2)   Untuk menyelenggarakan tugas Bagian Keuangan mempunyai fungsi :

a)   pelaksanaan administrasi akutansi dan verifikasi;

b)   pelaksanaan administrasi anggaran dan perbendaharaan;

c)    pelaksanaan tugas kedinasan lain sesuai bidang tugasnya;

3)    Bagian Keuangan membawahi :

a)   Sub Bagian Anggaran dan Perbendaharaan;

b)   Sub Bagian Akuntansi dan Verifikasi;

Komite :

1)   Komite dibentuk dengan keputusan direktur untuk tujuan dan tugas tertentu;

2)   Komite berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Direktur;

3)   Komite dipimpin oleh seorang Ketua yang dipilih oleh anggota dan ditetapkan dengan Keputusan Direktur;

4)   Komite mempunyai tugas membantu Direktur dalam menyusun standar pelayanan profesi, memantau pelaksanaan standar profesi, melaksanakan pembinaan etika profesi, memberikan saran dan pertimbangan dalam pengembangan pelayanan profesi;

5)   Jumlah Komite ditetapkan oleh Direktur sesuai kebutuhan;

6)   Dalam melaksanakan tugas, komite dapat membentuk Sub.Komite dan atau Panitia yang merupakan kelompok kerja tertentu yang ditetapkan dengan keputusan direktur.

SPI :

1). SPI dibentuk dan ditetapkan oleh Direktur;

2). SPI berdada dibawah dan bertanggung jawab kepada Direktur

3). SPI dipimpin oleh seorang Ketua yang diangkat dan diberhentikan oleh Direktur

4). Anggota SPI harus berjumlah ganjil, sekurang-kurangnya 3 (tiga) orang dan sebanyak-banyaknya 7 (tujuh) orang.

 

Instalasi :

1)        Instalasi adalah unit layanan non struktural yang menyediakan fasilitas dan menyelenggarakan kegiatan pelayanan, pendidikan, pelatihan dan penelitian rumah sakit;

2)        Pembentukan Instalasi ditetapkan oleh Direktur sesuai kebutuhan;

3)        Instalasi dipimpin oleh seorang Kepala yang diangkat dan diberhentikan oleh Direktur;

4)        Kepala instalasi dalam melaksanakan tugasnya dibantu oleh tenaga-tenaga fungsional dan atau non medis;

 TATA KERJA

  1. Dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya, Direktur, Wakil Direktur, Kepala Bidang, Kepala Bagian, Kepala Seksi, Kepala Sub.Bagian dan Kelompok Jabatan Fungsional dalam lingkup RSJ Prof. Dr. HB. Saanin Padang menerapkan koordinasi, Integrasi,sinkronisasi baik secara vertikal maupun horizontal dengan sebaik-baiknya.
  2. Dalam menjalankan tugas, RSJ Prof. Dr. HB. Saanin Padang melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan.
  3. RS Jiwa Prof. HB. Saanin Padang secara fungsional dibina oleh Dinas Kesehatan.

Direktur berkewajiban memberikan petunjuk, membimbing, mengawasi pekerjaan unsur-unsur pembantu dan pelaksana dalam lingkungan satuan kerjanya.

 ESELONERING :

Eselonering Jabatan Struktural pada RS Jiwa Prof. Dr. HB. Saanin Padang adalah sebagai berikut :

  1. Direktur, eselon II b;
  2. Wakil Direktur, eselon III a;
  3. Kepala Bagian / Bidang, eselon III b;
  4. Kepala Sub Bagian / Seksi, eselon IV a.
Kategori:
Panduan Pengelolaan Limbah Cair Laporan Kinerja BLUD SPO Perbaikan Peralatan Medik Alur Pelayanan Linen Panduan Perlindungan Terhadap Kekerasan Fisik Pergub No.43 Tahun 2016 Menu Pasien Rawat Inap di Instalasi Gizi Alur Pelayanan Radiologi LAYANAN PUBLIK RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG Artikel PERJANJIAN KINERJA (PK) ESELON II KEPUTUSAN PELAYANAN INFORMASI PUBLIK TARIF Dokumen RUP (Rencana Umum Pengadaan) INFORMASI YANG DIKECUALIKAN Penempatan Tim Penanggulangan Bencana SOP Kepegawaian SOP PENANGANAN SENGKETA INFORMASI PUBLIK PEDOMAN PENGELOLAAN ORGANISASI SPO Pengambilan Sampel di Laboratorium SK Dewan Pengawas PNS SOP Terapi Aktivitas Kelompok NASKAH AKADEMIK Informasi Setiap Saat Laporan Layanan Keterbukaan Informasi Publik SK PNS LAPORAN PENINGKATAN MUTU DAN KESELAMATAN PASIEN RENCANA STRATEGIS SOP Interaksi dengan Pasien Berita Terkini Tarif Layanan Radiologi Produk Hukum SK TIM LAYANAN PENGADUAN SPO Pemeliharaan Peralatan Medik Daftar Surat Keputusan Direktur Program Kerja Sub Bidang Profesi dan Asuhan Keperawatan DOKUMEN PERATURAN/KEPUTUSAN YANG TELAH DITETAPKAN DOKUMEN PERJANJIAN PENGADAAN BARANG DAN JASA Penghargaan Informasi Publik Laboratorium Pensiun Alur Pelayanan Laboratorium serta Persyaratan Pelayanan Berita Populer RBA BLUD Daftar Urut Kepangkatan (DUK) DOKUMEN TENTANG MOU/NOTA KERJASAMA Panduan Perlindungan Harta Benda Milik Pasien Petunjuk Penggunaan APAR Laporan Semester II UKL-UPL KLINIK JIWA DEWASA Bezzeting Jumlah Porsi dan Jenis Makanan yang diproduksi di Inst. Gizi Prosedur Pelayanan Pasien Rawat Jalan FORMULIR DAN TANDA TERIMA PERMOHONAN INFORMASI SOP PENGUJIAN TENTANG KONSEKUENSI SPO Pengelolaan Linen FASILITAS PELAYANAN SOP PENDOKUMENTASIAN INFORMASI PUBLIK Sarana Penerimaan SOP Komunikasi Efektif SOP Layanan Publik Pemutkhiran Data Pegawai KALENDER KEGIATAN TAHUNAN Prosedur Penyusunan Laporan Pengeluaran Keuangan BLUD Prosedur Penyusunan Anggaran APBD Informasi Berkala LAPORAN TAHUNAN Pedoman Pelayanan Resiko Tinggi INFO KEPEGAWAIAN/PENGUMUMAN PERATURAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK Pengumuman ppid pembantu LAPORAN PELAKSANAAN VALIDITAS DATA INDIKATOR MUTU Prosedur Penyusunan Anggaran BLUD Panduan Komunikasi Efektif Asuhan Keperawatan NAPZA yang Menjalani Rehabilitasi WBK/WBBM BROSUR PELAYANAN TATA CARA PENGAJUAN KEBERATAN Laporan Keuangan Kenaikan Pangkat Pengumuman Peserta Lulus Seleksi Administrasi Penerimaan Pegawai Non PNS (Formasi Programmer) RS. JIwa Prof. HB. Saanin Padang Tahun 2020 LAKIP 2019 SPO Hak Pasien dan Keluarga WEBSITE RSJ BERBASIS ANDROID TATA CARA PERMOHONAN INFORMASI ANJAB-ABK Profil PPID SOP Interaksi dengan Keluarga DATA STATISTIK KEUANGAN LAYANAN UNGGULAN Daftar Jumlah Pegawai Non PNS per Bulan Bezzetting Pegawai Izin Belajar Daftar Koleksi Audio Visual Daftar Nama Pegawai Mengikuti Pelatihan Buku Standar Kode Etik Keperawatan Tahun 2017-2020 SOP Bidang Diklat dan Litbang Prosedur Pembentukan Dewan Pengawas Izin Pemanfaatan Tenaga Nuklir FASILITAS/KELENGKAPAN LAYANAN INFORMASI PUBLIK PEDOMAN KEPEGAWAIAN SOP Pengekangan Fisik RENSTRA PERUBAHAN 2016-2021 Alur Penyelenggaraan Makanan di Instalasi Gizi PELAYANAN RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG FORMULIR KEBERATAN INDIKATOR KINERJA UTAMA Monitoring dan Evaluasi Penanganan Pengaduan Masyarakat SOP Penanganan Klien Fase Terminal SPO Pemeliharaan Berkala / Kalibrasi Ekternal Peralatan Medik Alur Pengelolaan Pengaduan Masyarakat Informasi Setiap Saat Download PEMBERI PELAYANAN SKP Panduan Resiko Jatuh LAPORAN KEPUASAN PELAYANAN INFORMASI PUBLIK TATA CARA PENGADUAN PENYALAHGUNAAN WEWENANG/PELANGGARAN OLEH PEJABAT BADAN PUBLIK Evaluasi Program Kerja Ruangan Rehabilitasi Mental PEDOMAN PENGELOLAAN KEUANGAN SOP PENGELOLAAN KEBERATAN ATAS INFORMASI Program Kerja Dewan Pengawas KGB IJAZAH SPO Penyimpanan Limbah B3 (fixer) Prosedur Pengawasan Dewan Pengawas SOP Pelayanan Pasien Rehabilitasi Mental SOP PENGELOLAAN PERMOHONAN INFORMASI SOP Pencegahan Risiko Pasien Jatuh DAFTAR INFORMASI PUBLIK SOP PENDOKUMENTASIAN INFORMASI YANG DIKECUALIKAN DATA DIKLAT & PENGEMBANGAN RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG SPO Penarikan Peralatan Medik Informasi Berkala Kalender Kegiatan SK Penetapan Standar Pelayanan Verifikasi Pengeluaran Keuangan Alur Pengelolaan Pengaduan Masyarakat DATA STATISTIK KEPEGAWAIAN SPO Pengelolaan Limbah Cair Daftar Nama Pegawai Cuti per Bulan Informasi Penggunaan Obat Panduan Penanggulangan Kebakaran Tugas dan Fungsi RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG SOP Pengiriman Pasien Rehabilitasi Mental INFORMASI PUBLIK RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG Rekrutmen Pegawai Non PNS Program Kerja Bidang Keperawatan RKA TUGAS DAN FUNGSI PPID Informasi Setiap Saat LAKIP Informasi Berkala DAFTAR REGISTER PERMOHONAN STRUKTUR ORGANISASI PPID TATA CARA PENGAJUAN PERMOHONAN PENYELESAIAN SENGKETA KE KOMISI INFORMASI Standar pemberian makanan dan minuman pasien di Instalasi Gizi SOP PENETAPAN DAN PEMUKTAHIRAN DIP SPO Pemulasaran Jenazah Panduan Asuhan Keperawatan pada Pasien Resiko Bunuh Diri Tugas Belajar SK PPID Daftar Jumlah PNS per Bulan Daftar Jumlah PNS per Bulan Panduan Pengaplikasian Restraint dan Isolasi Pengasingan terhadap Pasien Visi Misi PPID Jadwal DPJP Panduan Pemeliharaan Utilitas NON PNS Informasi Setiap Saat Prosedur Verifikasi Penerimaan dan Pengeluaran Keuangan Panduan Pelayanan Pasien Tahap Terminal Struktur Organisasi dan Uraian Tugas PPID Layanan Pengaduan Online Pedoman Pelayanan Instalasi Rawat Inap PROFIL RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG Panduan Hand Hygiene SOP Pengelolaan Pelaksanaan Teknis Kegiatan INFORMASI BERKALA Usulan Pengelola Keuangan (PA, KPA, PPK dan Bendahara) Berita Utama Informasi Berkala SK Penunjukan ASN sebagai PA, KPA, PPK dan Bendahara SOP Pindah Ruangan SOP Pemulangan Pasien (Dropping) Daftar Judul Buku Perpustakaan RSJ Prosedur Penerimaan Pendapatan BLUD Jadwal Piket Pengaduan Pelayanan Asuhan Keperawatan NAPZA yang Menjalani Detoksifikasi SPO Pelayanan Pengaduan PROFIL PIMPINAN RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG Lainnya Daftar Rekapitulasi Disiplin Pegawai Laporan Kegiatan Bulanan Loundry Prosedur Penyusunan Laporan Keuangan dan Akuntansi Struktur Organisasi RSJ LAPORAN LAYANAN INFORMASI LAKIP Surat - Menyurat RS. Jiwa Prof. HB. Saanin Padang Alur Pelayanan Obat Izin Tempat Penyimpanan Sementara Limbah B3 SURAT KEPUTUSAN DIREKTUR Laporan akuntabilitas Bidang Diklat VISI DAN MISI PPID SOP Penitipan/Penyimpanan Barang Milik Pasien Evaluasi Awal Zona Integritas (ZI) Menuju WBK/WBBM Jenis-Jenis Pemeriksaan Laboratorium Pelayanan Informasi Obat Peta Jabatan Panduan Pengelolaan Bahan Bahaya Beracun Laporan Keuangan SAK Prosedur Pengeluaran Keuangan Anggaran APBD STANDAR BIAYA PEROLEHAN INFORMASI PENGUMUMAN Rekrutmen JADWAL PELAYANAN INFORMASI PUBLIK INFORMASI DATA PERBENDAHARAAN/INVENTARIS BARANG MILIK NEGARA PEDOMAN PENGELOLAAN ADMINISTRASI Prosedur Pelayanan Pasien IGD RKT Daftar Koleksi KTI

Sosial Media

Share to Facebook Share to Twitter Share to Gmail Print More...