TUGAS DAN FUNGSI

Rincian Tugas Pokok dan Fungsi :

Direktur :

1) Direktur mempunyai tugas pokok menyelenggarakan pelayanan kesehatan meliputi promotif, pencegahan, pemulihan, rehabilitasi dan menyelenggarakan upaya rujukan di sektyor kesehatan terutama dibidang kesehatan jiwa serta kesehatan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku berdasarkan asas desentralisasi, dekonsentrasi dan tugas pembantguan.

2) Untuk menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana dimaksud dalam ayat 1)   Direktur mempunyai fungsi :

a)   Perumusan kebijakan teknis di bidang administrasi, medis dan keperawatan;

b)   Penyelenggaraan urusan administrasi, medis dan keperawatan;

c)    Pembinaan dan penyelnggaraan tugas dibidang administrasi, medis dan keperawatan;

d)   Penyelenggaraan tugas kedinasan lain sesuai bidang tugasnya.

Direktur membawahi :

a)         Wakil Direktur Pelayanan Medis; dan

b)Wakil Direktur Umum dan Keuangan

Wakil Direktur Pelayanan :

(1)     Wadir Pelayanan mempunyai tugas pokok membantu Direktur dalam mengkoordinasi tugas bidang pelayanan medis, keperawatan, pelayanan penunjang dan tugas-tugas bidang sesuai dengan peraturan perundang-undangan;

(2)     Untuk menyelenggarakan tugas Wadir Pelayanan mempunyai Fungsi :

(a)     pengkoordinasian pengelolaan pelayanan rawat jalan;

(b)     pengkoordinasian pengelolaan pelayanan rawat inap;

(c)      pengkoordinasian pengelolaan keperawatan, etika dan frofesi keperawatan;

(d)     pelaksanaan tugas kedinasan lain sesuai bidang tugasnya.

(3)     Wadir Pelayanan membawahi;

(a)     Bidang Pelayanan Medis;

(b)     Bidang Pelayanan Keperawatan;

(c)      Bidang Penunjang Medik;

Bidang Pelayanan Medis :

  1. Bidang Pelayanan Medis mempunyai tugas pokok memimpin, melaksanakan dan mengkoordinasikan pelaksanaan tugas di bidang pelayanan medis.
  2. Untuk menyelenggarakan tugas, Bidang Pelayanan Medis mempunyai fungsi
    1. penyusunan rencana kebutuhan pelayanan medis, elektromedik dan rehab medis;
    2. pengelolaan dan penyajian data pelayanan medis, elektromedik dan rehab medis;
    3. pengelolaan dan pelayanan perawatan medik, elektromedik dan rehab medis;
    4. pelaksanaan tugas kedinasan lain sesuai bidang tugasnya.
  3. Bidang Pelayanan Medis membawahi :

           a.  Seksi Ketenagaan dan Pengendalian Mutu Pelayanan Medis;

           b.  Seksi Pengembangan dan Pemeliharaan, Fasilitasi Pelayanan Medis;

 

Bidang Keperawatan :

1)   Bidang Keperawatan mempunyai tugas pokok memimpin, melaksanakan dan mengkoordinasikan pengelolaan asuhan, etika dan profesi keperawatan serta pengelolaan logistik keperawatan.

2)   Untuk menyelenggarakan tugas Bidang Keperawatan mempunyai fungsi :

a)        pengkoordinasian, perencanaan, pemantauan, pengendalian, pembinaan, evaluasi kegiatan bidang keperawatan.

b)        Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugas;

3)        Bidang Keperawatan membawahi :

a)        Seksi Profesi dan Asuhan Keperawatan;

b)        Seksi Logistik Keperawatan;

 

Bidang Penunjang Medik :

1)        Bidang Penunjang Medik mempunyai tugas pokok memimpin, melaksanakan dan mengkoordinasikan tugas-tugas Bidang Penunjang Medik sesuai dengan bidang tugasnya;

2)        Untuk menyelenggarakan tugas Bidang Penunjang Medik mempunyai fungsi

a)   penyusunan standar farmakologi RSJ;

b)   pelaksanaan pelayanan Instalasi RSJ;

c)    pengelolaan sarana dan prasarana RSJ;

d)   pelaksanaan tugas kedinasan sesuai bidang tugasnya;

 

3)        Bidang Penunjang Medik membawahi :

a)   Seksi Ketenagaan dan Pengendalian Mutu Penunjang Medik;

b)   Seksi Pengembangan dan Pemeliharaan, Fasilitasi Penunjang Medik;

 

Wakil Direktur Umum dan Keuangan :

(1)     Wakil Direktur Umum dan Keuangan mempunyai tugas pokok membantu Direktur dalam mengkoordinasikan tugas bagian ketatausahaan, keuangan dan penelitian dan pengembangan dan tugas-tugas bagian sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

(2)     Untuk menyelenggarakan tugas Wakil Direktur Umum dan Keuangan mempunyai fungsi :

(a)      pengkoordinasian perumusan program Pendidikan dan latihan serta Penelitian dan Pengembangan RSJ;

(b)      Pengelolaan urusan kepegawaian, tatalaksana dan rumah tangga RSJ;

(c)      Pengelolaan keuangan data dan informasi Rumah Sakit Khusus Daerah;

(d)      Pelaksanaan tugas kedinasan lain sesuai bidang tugasnya;

(3)    Wakil Direktur Umum dan Keuangan membawahi :

(a)   Bidang Pendidikan dan Latihan serta Penelitian dan Pengembangan;

(b)   Bagian Tata Usaha;

(c)   Bagian Keuangan;

Bidang Pendidikan dan Latihan serta Penelitian dan Pengembangan :

1)        Bidang Pendidikan dan Latihan serta Penelitian dan Pengembangan mempunayi tugas melaksanakan penyiapan perumusan kebijakan teknis, pelaksanaan dan pelayanan administrasi dan teknis di bidang Pendidikan dan Latihan serta Penelitian dan Pengembangan;

2)        Untuk menyelenggarakan tugas Bidang Pendidikan dan Latihan serta Penelitian dan Pengembangan mempunyai fungsi;

a)        Penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis, pelaksanaan dan pelayanan administrasi dan teknis di bidang Pendidikan dan lLatihan serta Penelitian dan Pengembangan;

b)        Penyiapan bahan perumusan dibidang pendidikan dan latihan;

c)         Penyiapan bahan perumusan di bidang penelitian dan pengembangan;

d)        Menyelenggarakan tugas lain sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

 

3)        Bidang Pendidikan dan Latihan serta Penelitian dan Pengembangan membawahi :

a)   Seksi Pendidikan dan Latihan;

b)   Seksi Penelitian dan Pengembangan.

Bagian Tata Usaha :

1)   Bagian tata Usaha mempunyai tugas pokok memimpin, melaksanakan dan mengkoordinasikan tugas-tugas sub bagian sesuai dengan bidang tugasnya;

2)   Untuk menyelenggarakan tugas Bagian tata Usaha mempunyai fungsi :

a)        pengkoordinasian pelaksanaan kegiatan;

b)        pengelolaan urusan umum dan administrasi kepegawaian;

c)        pengelolaan administrasi keuangan;

d)        pengkoordinasian dan penyusunan program serta pengelolaan dan penyajian data;

e)        pengelolaan dan pembinaan organisasi dan tatalaksana;

f)         pelaksanaan tugas kedinasan sesuai bidang tugasnya;

3)    Bagian Tata Usaha membawahi :

a)   Sub Bagian Umum, Aset dan Perlengkapan;

b)   Sub Bagian Kepegawaian, Humas, Organisasi dan Hukum;

 

 

Bagian Keuangan :

1)   Bagian Keuangan mempunyai tugas pokok memimpin, melaksanakan pengelolaan administrasi keuangan di lingkunggan RSJ;

2)   Untuk menyelenggarakan tugas Bagian Keuangan mempunyai fungsi :

a)   pelaksanaan administrasi akutansi dan verifikasi;

b)   pelaksanaan administrasi anggaran dan perbendaharaan;

c)    pelaksanaan tugas kedinasan lain sesuai bidang tugasnya;

3)    Bagian Keuangan membawahi :

a)   Sub Bagian Anggaran dan Perbendaharaan;

b)   Sub Bagian Akuntansi dan Verifikasi;

Komite :

1)   Komite dibentuk dengan keputusan direktur untuk tujuan dan tugas tertentu;

2)   Komite berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Direktur;

3)   Komite dipimpin oleh seorang Ketua yang dipilih oleh anggota dan ditetapkan dengan Keputusan Direktur;

4)   Komite mempunyai tugas membantu Direktur dalam menyusun standar pelayanan profesi, memantau pelaksanaan standar profesi, melaksanakan pembinaan etika profesi, memberikan saran dan pertimbangan dalam pengembangan pelayanan profesi;

5)   Jumlah Komite ditetapkan oleh Direktur sesuai kebutuhan;

6)   Dalam melaksanakan tugas, komite dapat membentuk Sub.Komite dan atau Panitia yang merupakan kelompok kerja tertentu yang ditetapkan dengan keputusan direktur.

SPI :

1). SPI dibentuk dan ditetapkan oleh Direktur;

2). SPI berdada dibawah dan bertanggung jawab kepada Direktur

3). SPI dipimpin oleh seorang Ketua yang diangkat dan diberhentikan oleh Direktur

4). Anggota SPI harus berjumlah ganjil, sekurang-kurangnya 3 (tiga) orang dan sebanyak-banyaknya 7 (tujuh) orang.

 

Instalasi :

1)        Instalasi adalah unit layanan non struktural yang menyediakan fasilitas dan menyelenggarakan kegiatan pelayanan, pendidikan, pelatihan dan penelitian rumah sakit;

2)        Pembentukan Instalasi ditetapkan oleh Direktur sesuai kebutuhan;

3)        Instalasi dipimpin oleh seorang Kepala yang diangkat dan diberhentikan oleh Direktur;

4)        Kepala instalasi dalam melaksanakan tugasnya dibantu oleh tenaga-tenaga fungsional dan atau non medis;

 TATA KERJA

  1. Dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya, Direktur, Wakil Direktur, Kepala Bidang, Kepala Bagian, Kepala Seksi, Kepala Sub.Bagian dan Kelompok Jabatan Fungsional dalam lingkup RSJ Prof. Dr. HB. Saanin Padang menerapkan koordinasi, Integrasi,sinkronisasi baik secara vertikal maupun horizontal dengan sebaik-baiknya.
  2. Dalam menjalankan tugas, RSJ Prof. Dr. HB. Saanin Padang melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan.
  3. RS Jiwa Prof. HB. Saanin Padang secara fungsional dibina oleh Dinas Kesehatan.

Direktur berkewajiban memberikan petunjuk, membimbing, mengawasi pekerjaan unsur-unsur pembantu dan pelaksana dalam lingkungan satuan kerjanya.

 ESELONERING :

Eselonering Jabatan Struktural pada RS Jiwa Prof. Dr. HB. Saanin Padang adalah sebagai berikut :

  1. Direktur, eselon II b;
  2. Wakil Direktur, eselon III a;
  3. Kepala Bagian / Bidang, eselon III b;
  4. Kepala Sub Bagian / Seksi, eselon IV a.
Kategori:
SOP Pelayanan Pasien Rehabilitasi Mental TATA CARA PENGAJUAN PERMOHONAN PENYELESAIAN SENGKETA KE KOMISI INFORMASI DAFTAR REGISTER PERMOHONAN Pengumuman INFORMASI YANG DIKECUALIKAN Prosedur Penyusunan Anggaran APBD Panduan Pengaplikasian Restraint dan Isolasi Pengasingan terhadap Pasien Alur Pelayanan Laboratorium serta Persyaratan Pelayanan Bezzetting Pegawai ANJAB-ABK SOP Interaksi dengan Pasien LAYANAN UNGGULAN Pelayanan Informasi Obat SOP Pencegahan Risiko Pasien Jatuh Menu Pasien Rawat Inap di Instalasi Gizi Tarif Layanan Radiologi Lainnya PEDOMAN PENGELOLAAN ORGANISASI PEDOMAN PENGELOLAAN KEUANGAN Berita Populer SOP Pengiriman Pasien Rehabilitasi Mental SPO Pengelolaan Limbah Cair DATA STATISTIK KEPEGAWAIAN LAKIP Petunjuk Penggunaan APAR Usulan Pengelola Keuangan (PA, KPA, PPK dan Bendahara) Panduan Hand Hygiene LAKIP 2019 SPO Hak Pasien dan Keluarga SOP Layanan Publik Rekrutmen Panduan Perlindungan Harta Benda Milik Pasien Sarana Penerimaan Prosedur Penerimaan Pendapatan BLUD KLINIK JIWA DEWASA DOKUMEN PERJANJIAN PENGADAAN BARANG DAN JASA SOP Terapi Aktivitas Kelompok Prosedur Penyusunan Laporan Pengeluaran Keuangan BLUD Penghargaan Prosedur Verifikasi Penerimaan dan Pengeluaran Keuangan Daftar Urut Kepangkatan (DUK) Asuhan Keperawatan NAPZA yang Menjalani Detoksifikasi Panduan Pengelolaan Bahan Bahaya Beracun RENSTRA PERUBAHAN 2016-2021 Izin Tempat Penyimpanan Sementara Limbah B3 FORMULIR KEBERATAN DOKUMEN PERATURAN/KEPUTUSAN YANG TELAH DITETAPKAN Panduan Pengelolaan Limbah Cair Berita Utama Peta Jabatan STANDAR BIAYA PEROLEHAN INFORMASI Program Kerja Sub Bidang Profesi dan Asuhan Keperawatan Program Kerja Bidang Keperawatan IJAZAH SPO Pengambilan Sampel di Laboratorium INFORMASI DATA PERBENDAHARAAN/INVENTARIS BARANG MILIK NEGARA SK PPID DAFTAR INFORMASI PUBLIK Buku Standar Kode Etik Keperawatan Tahun 2017-2020 TATA CARA PENGADUAN PENYALAHGUNAAN WEWENANG/PELANGGARAN OLEH PEJABAT BADAN PUBLIK Pensiun SPO Penarikan Peralatan Medik KALENDER KEGIATAN TAHUNAN Asuhan Keperawatan NAPZA yang Menjalani Rehabilitasi Daftar Nama Pegawai Mengikuti Pelatihan LAKIP JADWAL PELAYANAN INFORMASI PUBLIK Panduan Pemeliharaan Utilitas Laporan Semester II UKL-UPL Download PERJANJIAN KINERJA (PK) ESELON II SOP PENANGANAN SENGKETA INFORMASI PUBLIK Bezzeting Panduan Penanggulangan Kebakaran SOP Kepegawaian PENGUMUMAN PROFIL RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG Alur Penyelenggaraan Makanan di Instalasi Gizi RBA BLUD LAYANAN PUBLIK RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG Jumlah Porsi dan Jenis Makanan yang diproduksi di Inst. Gizi SK Dewan Pengawas SOP Penanganan Klien Fase Terminal INDIKATOR KINERJA UTAMA Daftar Nama Pegawai Cuti per Bulan DOKUMEN TENTANG MOU/NOTA KERJASAMA Pedoman Pelayanan Resiko Tinggi Daftar Surat Keputusan Direktur Panduan Asuhan Keperawatan pada Pasien Resiko Bunuh Diri Prosedur Penyusunan Laporan Keuangan dan Akuntansi TATA CARA PENGAJUAN KEBERATAN Tugas Belajar Daftar Jumlah PNS per Bulan Kenaikan Pangkat Prosedur Pembentukan Dewan Pengawas Panduan Resiko Jatuh Daftar Koleksi KTI VISI DAN MISI PPID Alur Pelayanan Obat Pemutkhiran Data Pegawai FASILITAS/KELENGKAPAN LAYANAN INFORMASI PUBLIK PERATURAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK Daftar Judul Buku Perpustakaan RSJ SURAT KEPUTUSAN DIREKTUR LAPORAN PELAKSANAAN VALIDITAS DATA INDIKATOR MUTU Daftar Jumlah PNS per Bulan Laporan akuntabilitas Bidang Diklat Prosedur Pelayanan Pasien Rawat Jalan SOP PENETAPAN DAN PEMUKTAHIRAN DIP Informasi Penggunaan Obat Jenis-Jenis Pemeriksaan Laboratorium SOP PENDOKUMENTASIAN INFORMASI YANG DIKECUALIKAN SOP Interaksi dengan Keluarga FASILITAS PELAYANAN Informasi Publik Laboratorium TARIF SOP Penitipan/Penyimpanan Barang Milik Pasien Produk Hukum LAPORAN KEPUASAN PELAYANAN INFORMASI PUBLIK DATA DIKLAT & PENGEMBANGAN RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG NASKAH AKADEMIK Daftar Koleksi Audio Visual Prosedur Penyusunan Anggaran BLUD TUGAS DAN FUNGSI PPID Panduan Pelayanan Pasien Tahap Terminal SOP Pemulangan Pasien (Dropping) Surat - Menyurat RS. Jiwa Prof. HB. Saanin Padang LAPORAN LAYANAN INFORMASI LAPORAN PENINGKATAN MUTU DAN KESELAMATAN PASIEN Panduan Perlindungan Terhadap Kekerasan Fisik WEBSITE RSJ BERBASIS ANDROID Alur Pelayanan Linen NON PNS SOP Komunikasi Efektif Laporan Kegiatan Bulanan Loundry Pedoman Pelayanan Instalasi Rawat Inap Dokumen RUP (Rencana Umum Pengadaan) Daftar Rekapitulasi Disiplin Pegawai FORMULIR DAN TANDA TERIMA PERMOHONAN INFORMASI SPO Perbaikan Peralatan Medik PEMBERI PELAYANAN SOP PENGUJIAN TENTANG KONSEKUENSI WBK/WBBM Penempatan Tim Penanggulangan Bencana INFORMASI PUBLIK RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG RKT Tugas dan Fungsi RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG SPO Pemulasaran Jenazah Artikel SOP Bidang Diklat dan Litbang Daftar Jumlah Pegawai Non PNS per Bulan DATA STATISTIK KEUANGAN RKA Prosedur Pelayanan Pasien IGD Pergub No.43 Tahun 2016 Program Kerja Dewan Pengawas SOP PENGELOLAAN KEBERATAN ATAS INFORMASI PEDOMAN PENGELOLAAN ADMINISTRASI TATA CARA PERMOHONAN INFORMASI SOP Pengelolaan Pelaksanaan Teknis Kegiatan PELAYANAN RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG Berita Terkini Laporan Kinerja BLUD STRUKTUR ORGANISASI PPID SKP Alur Pelayanan Radiologi SK Penunjukan ASN sebagai PA, KPA, PPK dan Bendahara SPO Pemeliharaan Berkala / Kalibrasi Ekternal Peralatan Medik SK PNS Prosedur Pengawasan Dewan Pengawas Standar pemberian makanan dan minuman pasien di Instalasi Gizi SOP PENGELOLAAN PERMOHONAN INFORMASI SK TIM LAYANAN PENGADUAN KGB PEDOMAN KEPEGAWAIAN PROFIL PIMPINAN RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG Izin Pemanfaatan Tenaga Nuklir LAPORAN TAHUNAN RENCANA STRATEGIS SPO Penyimpanan Limbah B3 (fixer) INFO KEPEGAWAIAN/PENGUMUMAN Evaluasi Program Kerja Ruangan Rehabilitasi Mental SOP Pengekangan Fisik Laporan Keuangan SAK Panduan Komunikasi Efektif KEPUTUSAN PELAYANAN INFORMASI PUBLIK SK Penetapan Standar Pelayanan Verifikasi Pengeluaran Keuangan Prosedur Pengeluaran Keuangan Anggaran APBD SPO Pengelolaan Linen SPO Pemeliharaan Peralatan Medik Laporan Keuangan Izin Belajar SOP Pindah Ruangan SOP PENDOKUMENTASIAN INFORMASI PUBLIK PNS