TUGAS DAN FUNGSI

Rincian Tugas Pokok dan Fungsi :

Direktur :

1) Direktur mempunyai tugas pokok menyelenggarakan pelayanan kesehatan meliputi promotif, pencegahan, pemulihan, rehabilitasi dan menyelenggarakan upaya rujukan di sektyor kesehatan terutama dibidang kesehatan jiwa serta kesehatan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku berdasarkan asas desentralisasi, dekonsentrasi dan tugas pembantguan.

2) Untuk menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana dimaksud dalam ayat 1)   Direktur mempunyai fungsi :

a)   Perumusan kebijakan teknis di bidang administrasi, medis dan keperawatan;

b)   Penyelenggaraan urusan administrasi, medis dan keperawatan;

c)    Pembinaan dan penyelnggaraan tugas dibidang administrasi, medis dan keperawatan;

d)   Penyelenggaraan tugas kedinasan lain sesuai bidang tugasnya.

Direktur membawahi :

a)         Wakil Direktur Pelayanan Medis; dan

b)Wakil Direktur Umum dan Keuangan

Wakil Direktur Pelayanan :

(1)     Wadir Pelayanan mempunyai tugas pokok membantu Direktur dalam mengkoordinasi tugas bidang pelayanan medis, keperawatan, pelayanan penunjang dan tugas-tugas bidang sesuai dengan peraturan perundang-undangan;

(2)     Untuk menyelenggarakan tugas Wadir Pelayanan mempunyai Fungsi :

(a)     pengkoordinasian pengelolaan pelayanan rawat jalan;

(b)     pengkoordinasian pengelolaan pelayanan rawat inap;

(c)      pengkoordinasian pengelolaan keperawatan, etika dan frofesi keperawatan;

(d)     pelaksanaan tugas kedinasan lain sesuai bidang tugasnya.

(3)     Wadir Pelayanan membawahi;

(a)     Bidang Pelayanan Medis;

(b)     Bidang Pelayanan Keperawatan;

(c)      Bidang Penunjang Medik;

Bidang Pelayanan Medis :

  1. Bidang Pelayanan Medis mempunyai tugas pokok memimpin, melaksanakan dan mengkoordinasikan pelaksanaan tugas di bidang pelayanan medis.
  2. Untuk menyelenggarakan tugas, Bidang Pelayanan Medis mempunyai fungsi
    1. penyusunan rencana kebutuhan pelayanan medis, elektromedik dan rehab medis;
    2. pengelolaan dan penyajian data pelayanan medis, elektromedik dan rehab medis;
    3. pengelolaan dan pelayanan perawatan medik, elektromedik dan rehab medis;
    4. pelaksanaan tugas kedinasan lain sesuai bidang tugasnya.
  3. Bidang Pelayanan Medis membawahi :

           a.  Seksi Ketenagaan dan Pengendalian Mutu Pelayanan Medis;

           b.  Seksi Pengembangan dan Pemeliharaan, Fasilitasi Pelayanan Medis;

 

Bidang Keperawatan :

1)   Bidang Keperawatan mempunyai tugas pokok memimpin, melaksanakan dan mengkoordinasikan pengelolaan asuhan, etika dan profesi keperawatan serta pengelolaan logistik keperawatan.

2)   Untuk menyelenggarakan tugas Bidang Keperawatan mempunyai fungsi :

a)        pengkoordinasian, perencanaan, pemantauan, pengendalian, pembinaan, evaluasi kegiatan bidang keperawatan.

b)        Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugas;

3)        Bidang Keperawatan membawahi :

a)        Seksi Profesi dan Asuhan Keperawatan;

b)        Seksi Logistik Keperawatan;

 

Bidang Penunjang Medik :

1)        Bidang Penunjang Medik mempunyai tugas pokok memimpin, melaksanakan dan mengkoordinasikan tugas-tugas Bidang Penunjang Medik sesuai dengan bidang tugasnya;

2)        Untuk menyelenggarakan tugas Bidang Penunjang Medik mempunyai fungsi

a)   penyusunan standar farmakologi RSJ;

b)   pelaksanaan pelayanan Instalasi RSJ;

c)    pengelolaan sarana dan prasarana RSJ;

d)   pelaksanaan tugas kedinasan sesuai bidang tugasnya;

 

3)        Bidang Penunjang Medik membawahi :

a)   Seksi Ketenagaan dan Pengendalian Mutu Penunjang Medik;

b)   Seksi Pengembangan dan Pemeliharaan, Fasilitasi Penunjang Medik;

 

Wakil Direktur Umum dan Keuangan :

(1)     Wakil Direktur Umum dan Keuangan mempunyai tugas pokok membantu Direktur dalam mengkoordinasikan tugas bagian ketatausahaan, keuangan dan penelitian dan pengembangan dan tugas-tugas bagian sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

(2)     Untuk menyelenggarakan tugas Wakil Direktur Umum dan Keuangan mempunyai fungsi :

(a)      pengkoordinasian perumusan program Pendidikan dan latihan serta Penelitian dan Pengembangan RSJ;

(b)      Pengelolaan urusan kepegawaian, tatalaksana dan rumah tangga RSJ;

(c)      Pengelolaan keuangan data dan informasi Rumah Sakit Khusus Daerah;

(d)      Pelaksanaan tugas kedinasan lain sesuai bidang tugasnya;

(3)    Wakil Direktur Umum dan Keuangan membawahi :

(a)   Bidang Pendidikan dan Latihan serta Penelitian dan Pengembangan;

(b)   Bagian Tata Usaha;

(c)   Bagian Keuangan;

Bidang Pendidikan dan Latihan serta Penelitian dan Pengembangan :

1)        Bidang Pendidikan dan Latihan serta Penelitian dan Pengembangan mempunayi tugas melaksanakan penyiapan perumusan kebijakan teknis, pelaksanaan dan pelayanan administrasi dan teknis di bidang Pendidikan dan Latihan serta Penelitian dan Pengembangan;

2)        Untuk menyelenggarakan tugas Bidang Pendidikan dan Latihan serta Penelitian dan Pengembangan mempunyai fungsi;

a)        Penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis, pelaksanaan dan pelayanan administrasi dan teknis di bidang Pendidikan dan lLatihan serta Penelitian dan Pengembangan;

b)        Penyiapan bahan perumusan dibidang pendidikan dan latihan;

c)         Penyiapan bahan perumusan di bidang penelitian dan pengembangan;

d)        Menyelenggarakan tugas lain sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

 

3)        Bidang Pendidikan dan Latihan serta Penelitian dan Pengembangan membawahi :

a)   Seksi Pendidikan dan Latihan;

b)   Seksi Penelitian dan Pengembangan.

Bagian Tata Usaha :

1)   Bagian tata Usaha mempunyai tugas pokok memimpin, melaksanakan dan mengkoordinasikan tugas-tugas sub bagian sesuai dengan bidang tugasnya;

2)   Untuk menyelenggarakan tugas Bagian tata Usaha mempunyai fungsi :

a)        pengkoordinasian pelaksanaan kegiatan;

b)        pengelolaan urusan umum dan administrasi kepegawaian;

c)        pengelolaan administrasi keuangan;

d)        pengkoordinasian dan penyusunan program serta pengelolaan dan penyajian data;

e)        pengelolaan dan pembinaan organisasi dan tatalaksana;

f)         pelaksanaan tugas kedinasan sesuai bidang tugasnya;

3)    Bagian Tata Usaha membawahi :

a)   Sub Bagian Umum, Aset dan Perlengkapan;

b)   Sub Bagian Kepegawaian, Humas, Organisasi dan Hukum;

 

 

Bagian Keuangan :

1)   Bagian Keuangan mempunyai tugas pokok memimpin, melaksanakan pengelolaan administrasi keuangan di lingkunggan RSJ;

2)   Untuk menyelenggarakan tugas Bagian Keuangan mempunyai fungsi :

a)   pelaksanaan administrasi akutansi dan verifikasi;

b)   pelaksanaan administrasi anggaran dan perbendaharaan;

c)    pelaksanaan tugas kedinasan lain sesuai bidang tugasnya;

3)    Bagian Keuangan membawahi :

a)   Sub Bagian Anggaran dan Perbendaharaan;

b)   Sub Bagian Akuntansi dan Verifikasi;

Komite :

1)   Komite dibentuk dengan keputusan direktur untuk tujuan dan tugas tertentu;

2)   Komite berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Direktur;

3)   Komite dipimpin oleh seorang Ketua yang dipilih oleh anggota dan ditetapkan dengan Keputusan Direktur;

4)   Komite mempunyai tugas membantu Direktur dalam menyusun standar pelayanan profesi, memantau pelaksanaan standar profesi, melaksanakan pembinaan etika profesi, memberikan saran dan pertimbangan dalam pengembangan pelayanan profesi;

5)   Jumlah Komite ditetapkan oleh Direktur sesuai kebutuhan;

6)   Dalam melaksanakan tugas, komite dapat membentuk Sub.Komite dan atau Panitia yang merupakan kelompok kerja tertentu yang ditetapkan dengan keputusan direktur.

SPI :

1). SPI dibentuk dan ditetapkan oleh Direktur;

2). SPI berdada dibawah dan bertanggung jawab kepada Direktur

3). SPI dipimpin oleh seorang Ketua yang diangkat dan diberhentikan oleh Direktur

4). Anggota SPI harus berjumlah ganjil, sekurang-kurangnya 3 (tiga) orang dan sebanyak-banyaknya 7 (tujuh) orang.

 

Instalasi :

1)        Instalasi adalah unit layanan non struktural yang menyediakan fasilitas dan menyelenggarakan kegiatan pelayanan, pendidikan, pelatihan dan penelitian rumah sakit;

2)        Pembentukan Instalasi ditetapkan oleh Direktur sesuai kebutuhan;

3)        Instalasi dipimpin oleh seorang Kepala yang diangkat dan diberhentikan oleh Direktur;

4)        Kepala instalasi dalam melaksanakan tugasnya dibantu oleh tenaga-tenaga fungsional dan atau non medis;

 TATA KERJA

  1. Dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya, Direktur, Wakil Direktur, Kepala Bidang, Kepala Bagian, Kepala Seksi, Kepala Sub.Bagian dan Kelompok Jabatan Fungsional dalam lingkup RSJ Prof. Dr. HB. Saanin Padang menerapkan koordinasi, Integrasi,sinkronisasi baik secara vertikal maupun horizontal dengan sebaik-baiknya.
  2. Dalam menjalankan tugas, RSJ Prof. Dr. HB. Saanin Padang melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan.
  3. RS Jiwa Prof. HB. Saanin Padang secara fungsional dibina oleh Dinas Kesehatan.

Direktur berkewajiban memberikan petunjuk, membimbing, mengawasi pekerjaan unsur-unsur pembantu dan pelaksana dalam lingkungan satuan kerjanya.

 ESELONERING :

Eselonering Jabatan Struktural pada RS Jiwa Prof. Dr. HB. Saanin Padang adalah sebagai berikut :

  1. Direktur, eselon II b;
  2. Wakil Direktur, eselon III a;
  3. Kepala Bagian / Bidang, eselon III b;
  4. Kepala Sub Bagian / Seksi, eselon IV a.
Kategori:
INFORMASI DATA PERBENDAHARAAN/INVENTARIS BARANG MILIK NEGARA Peta Jabatan Alur Pelayanan Laboratorium serta Persyaratan Pelayanan Daftar Jumlah PNS per Bulan IJAZAH INFORMASI YANG DIKECUALIKAN Panduan Pengelolaan Bahan Bahaya Beracun Evaluasi Program Kerja Ruangan Rehabilitasi Mental Daftar Koleksi Audio Visual SK Penetapan Standar Pelayanan Verifikasi Pengeluaran Keuangan Panduan Pengaplikasian Restraint dan Isolasi Pengasingan terhadap Pasien Laporan akuntabilitas Bidang Diklat SOP Pengekangan Fisik PEDOMAN KEPEGAWAIAN Prosedur Penerimaan Pendapatan BLUD SOP Penitipan/Penyimpanan Barang Milik Pasien JADWAL PELAYANAN INFORMASI PUBLIK Daftar Nama Pegawai Cuti per Bulan Laporan Keuangan Jumlah Porsi dan Jenis Makanan yang diproduksi di Inst. Gizi PNS PROFIL RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG Surat - Menyurat RS. Jiwa Prof. HB. Saanin Padang Prosedur Penyusunan Anggaran BLUD SK PNS TARIF Sarana Penerimaan SOP Pindah Ruangan LAPORAN TAHUNAN SOP PENDOKUMENTASIAN INFORMASI YANG DIKECUALIKAN SPO Pengambilan Sampel di Laboratorium Kenaikan Pangkat Tarif Layanan Radiologi Laporan Kinerja BLUD PENGUMUMAN VISI DAN MISI PPID INFORMASI PUBLIK RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG Prosedur Penyusunan Anggaran APBD Asuhan Keperawatan NAPZA yang Menjalani Rehabilitasi PROFIL PIMPINAN RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG Daftar Nama Pegawai Mengikuti Pelatihan Tugas Belajar SOP PENETAPAN DAN PEMUKTAHIRAN DIP INDIKATOR KINERJA UTAMA Daftar Jumlah PNS per Bulan SKP Produk Hukum Prosedur Verifikasi Penerimaan dan Pengeluaran Keuangan SPO Pengelolaan Linen Menu Pasien Rawat Inap di Instalasi Gizi SOP Layanan Publik Jenis-Jenis Pemeriksaan Laboratorium LAKIP Panduan Resiko Jatuh Standar pemberian makanan dan minuman pasien di Instalasi Gizi SOP Interaksi dengan Pasien SOP Terapi Aktivitas Kelompok DOKUMEN PERATURAN/KEPUTUSAN YANG TELAH DITETAPKAN SK Dewan Pengawas SOP Pengelolaan Pelaksanaan Teknis Kegiatan Prosedur Pembentukan Dewan Pengawas Izin Pemanfaatan Tenaga Nuklir Program Kerja Bidang Keperawatan Daftar Jumlah Pegawai Non PNS per Bulan Dokumen RUP (Rencana Umum Pengadaan) PEDOMAN PENGELOLAAN ADMINISTRASI Penghargaan SOP Bidang Diklat dan Litbang RKT SOP Kepegawaian SOP Penanganan Klien Fase Terminal RENCANA STRATEGIS PEDOMAN PENGELOLAAN KEUANGAN TUGAS DAN FUNGSI PPID Informasi Publik Laboratorium SPO Penyimpanan Limbah B3 (fixer) Panduan Pemeliharaan Utilitas PERJANJIAN KINERJA (PK) ESELON II Laporan Keuangan SAK LAYANAN PUBLIK RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG SOP PENDOKUMENTASIAN INFORMASI PUBLIK INFO KEPEGAWAIAN/PENGUMUMAN KALENDER KEGIATAN TAHUNAN SOP Pencegahan Risiko Pasien Jatuh Penempatan Tim Penanggulangan Bencana RKA DATA STATISTIK KEPEGAWAIAN Prosedur Penyusunan Laporan Keuangan dan Akuntansi Laporan Kegiatan Bulanan Loundry Prosedur Pelayanan Pasien IGD SOP Pengiriman Pasien Rehabilitasi Mental SPO Pemeliharaan Peralatan Medik LAPORAN KEPUASAN PELAYANAN INFORMASI PUBLIK Berita Populer Alur Pelayanan Obat Pergub No.43 Tahun 2016 SOP PENGELOLAAN KEBERATAN ATAS INFORMASI Daftar Koleksi KTI SURAT KEPUTUSAN DIREKTUR Pelayanan Informasi Obat SOP PENANGANAN SENGKETA INFORMASI PUBLIK SPO Hak Pasien dan Keluarga Berita Utama Alur Pelayanan Linen Daftar Surat Keputusan Direktur SK TIM LAYANAN PENGADUAN Bezzeting SPO Penarikan Peralatan Medik DATA DIKLAT & PENGEMBANGAN RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG DAFTAR REGISTER PERMOHONAN Panduan Perlindungan Harta Benda Milik Pasien NASKAH AKADEMIK Buku Standar Kode Etik Keperawatan Tahun 2017-2020 Daftar Judul Buku Perpustakaan RSJ Alur Pelayanan Radiologi FORMULIR KEBERATAN Daftar Urut Kepangkatan (DUK) Program Kerja Sub Bidang Profesi dan Asuhan Keperawatan PERATURAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK Pedoman Pelayanan Instalasi Rawat Inap SOP Interaksi dengan Keluarga PELAYANAN RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG Panduan Hand Hygiene Panduan Asuhan Keperawatan pada Pasien Resiko Bunuh Diri SPO Perbaikan Peralatan Medik SOP PENGUJIAN TENTANG KONSEKUENSI Daftar Rekapitulasi Disiplin Pegawai Prosedur Penyusunan Laporan Pengeluaran Keuangan BLUD SOP PENGELOLAAN PERMOHONAN INFORMASI WEBSITE RSJ BERBASIS ANDROID Pensiun KGB LAPORAN LAYANAN INFORMASI Izin Belajar DOKUMEN PERJANJIAN PENGADAAN BARANG DAN JASA Panduan Perlindungan Terhadap Kekerasan Fisik Lainnya Rekrutmen Alur Penyelenggaraan Makanan di Instalasi Gizi SOP Pemulangan Pasien (Dropping) STRUKTUR ORGANISASI PPID Petunjuk Penggunaan APAR SPO Pemeliharaan Berkala / Kalibrasi Ekternal Peralatan Medik SPO Pemulasaran Jenazah Prosedur Pengawasan Dewan Pengawas Panduan Komunikasi Efektif DATA STATISTIK KEUANGAN Pedoman Pelayanan Resiko Tinggi STANDAR BIAYA PEROLEHAN INFORMASI RBA BLUD TATA CARA PENGADUAN PENYALAHGUNAAN WEWENANG/PELANGGARAN OLEH PEJABAT BADAN PUBLIK Panduan Pelayanan Pasien Tahap Terminal LAKIP SK Penunjukan ASN sebagai PA, KPA, PPK dan Bendahara Informasi Penggunaan Obat SOP Komunikasi Efektif FORMULIR DAN TANDA TERIMA PERMOHONAN INFORMASI DOKUMEN TENTANG MOU/NOTA KERJASAMA LAKIP RENSTRA PERUBAHAN 2016-2021 KEPUTUSAN PELAYANAN INFORMASI PUBLIK Tugas dan Fungsi RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG WBK/WBBM Bezzetting Pegawai TATA CARA PENGAJUAN PERMOHONAN PENYELESAIAN SENGKETA KE KOMISI INFORMASI Asuhan Keperawatan NAPZA yang Menjalani Detoksifikasi Download PEDOMAN PENGELOLAAN ORGANISASI Izin Tempat Penyimpanan Sementara Limbah B3 Artikel TATA CARA PERMOHONAN INFORMASI ANJAB-ABK NON PNS SK PPID Pengumuman TATA CARA PENGAJUAN KEBERATAN FASILITAS/KELENGKAPAN LAYANAN INFORMASI PUBLIK Program Kerja Dewan Pengawas Berita Terkini Usulan Pengelola Keuangan (PA, KPA, PPK dan Bendahara) Prosedur Pelayanan Pasien Rawat Jalan SPO Pengelolaan Limbah Cair Panduan Pengelolaan Limbah Cair Pemutkhiran Data Pegawai Laporan Semester II UKL-UPL Prosedur Pengeluaran Keuangan Anggaran APBD DAFTAR INFORMASI PUBLIK Panduan Penanggulangan Kebakaran SOP Pelayanan Pasien Rehabilitasi Mental