TUGAS DAN FUNGSI

Rincian Tugas Pokok dan Fungsi :

Direktur :

1) Direktur mempunyai tugas pokok menyelenggarakan pelayanan kesehatan meliputi promotif, pencegahan, pemulihan, rehabilitasi dan menyelenggarakan upaya rujukan di sektyor kesehatan terutama dibidang kesehatan jiwa serta kesehatan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku berdasarkan asas desentralisasi, dekonsentrasi dan tugas pembantguan.

2) Untuk menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana dimaksud dalam ayat 1)   Direktur mempunyai fungsi :

a)   Perumusan kebijakan teknis di bidang administrasi, medis dan keperawatan;

b)   Penyelenggaraan urusan administrasi, medis dan keperawatan;

c)    Pembinaan dan penyelnggaraan tugas dibidang administrasi, medis dan keperawatan;

d)   Penyelenggaraan tugas kedinasan lain sesuai bidang tugasnya.

Direktur membawahi :

a)         Wakil Direktur Pelayanan Medis; dan

b)Wakil Direktur Umum dan Keuangan

Wakil Direktur Pelayanan :

(1)     Wadir Pelayanan mempunyai tugas pokok membantu Direktur dalam mengkoordinasi tugas bidang pelayanan medis, keperawatan, pelayanan penunjang dan tugas-tugas bidang sesuai dengan peraturan perundang-undangan;

(2)     Untuk menyelenggarakan tugas Wadir Pelayanan mempunyai Fungsi :

(a)     pengkoordinasian pengelolaan pelayanan rawat jalan;

(b)     pengkoordinasian pengelolaan pelayanan rawat inap;

(c)      pengkoordinasian pengelolaan keperawatan, etika dan frofesi keperawatan;

(d)     pelaksanaan tugas kedinasan lain sesuai bidang tugasnya.

(3)     Wadir Pelayanan membawahi;

(a)     Bidang Pelayanan Medis;

(b)     Bidang Pelayanan Keperawatan;

(c)      Bidang Penunjang Medik;

Bidang Pelayanan Medis :

  1. Bidang Pelayanan Medis mempunyai tugas pokok memimpin, melaksanakan dan mengkoordinasikan pelaksanaan tugas di bidang pelayanan medis.
  2. Untuk menyelenggarakan tugas, Bidang Pelayanan Medis mempunyai fungsi
    1. penyusunan rencana kebutuhan pelayanan medis, elektromedik dan rehab medis;
    2. pengelolaan dan penyajian data pelayanan medis, elektromedik dan rehab medis;
    3. pengelolaan dan pelayanan perawatan medik, elektromedik dan rehab medis;
    4. pelaksanaan tugas kedinasan lain sesuai bidang tugasnya.
  3. Bidang Pelayanan Medis membawahi :

           a.  Seksi Ketenagaan dan Pengendalian Mutu Pelayanan Medis;

           b.  Seksi Pengembangan dan Pemeliharaan, Fasilitasi Pelayanan Medis;

 

Bidang Keperawatan :

1)   Bidang Keperawatan mempunyai tugas pokok memimpin, melaksanakan dan mengkoordinasikan pengelolaan asuhan, etika dan profesi keperawatan serta pengelolaan logistik keperawatan.

2)   Untuk menyelenggarakan tugas Bidang Keperawatan mempunyai fungsi :

a)        pengkoordinasian, perencanaan, pemantauan, pengendalian, pembinaan, evaluasi kegiatan bidang keperawatan.

b)        Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugas;

3)        Bidang Keperawatan membawahi :

a)        Seksi Profesi dan Asuhan Keperawatan;

b)        Seksi Logistik Keperawatan;

 

Bidang Penunjang Medik :

1)        Bidang Penunjang Medik mempunyai tugas pokok memimpin, melaksanakan dan mengkoordinasikan tugas-tugas Bidang Penunjang Medik sesuai dengan bidang tugasnya;

2)        Untuk menyelenggarakan tugas Bidang Penunjang Medik mempunyai fungsi

a)   penyusunan standar farmakologi RSJ;

b)   pelaksanaan pelayanan Instalasi RSJ;

c)    pengelolaan sarana dan prasarana RSJ;

d)   pelaksanaan tugas kedinasan sesuai bidang tugasnya;

 

3)        Bidang Penunjang Medik membawahi :

a)   Seksi Ketenagaan dan Pengendalian Mutu Penunjang Medik;

b)   Seksi Pengembangan dan Pemeliharaan, Fasilitasi Penunjang Medik;

 

Wakil Direktur Umum dan Keuangan :

(1)     Wakil Direktur Umum dan Keuangan mempunyai tugas pokok membantu Direktur dalam mengkoordinasikan tugas bagian ketatausahaan, keuangan dan penelitian dan pengembangan dan tugas-tugas bagian sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

(2)     Untuk menyelenggarakan tugas Wakil Direktur Umum dan Keuangan mempunyai fungsi :

(a)      pengkoordinasian perumusan program Pendidikan dan latihan serta Penelitian dan Pengembangan RSJ;

(b)      Pengelolaan urusan kepegawaian, tatalaksana dan rumah tangga RSJ;

(c)      Pengelolaan keuangan data dan informasi Rumah Sakit Khusus Daerah;

(d)      Pelaksanaan tugas kedinasan lain sesuai bidang tugasnya;

(3)    Wakil Direktur Umum dan Keuangan membawahi :

(a)   Bidang Pendidikan dan Latihan serta Penelitian dan Pengembangan;

(b)   Bagian Tata Usaha;

(c)   Bagian Keuangan;

Bidang Pendidikan dan Latihan serta Penelitian dan Pengembangan :

1)        Bidang Pendidikan dan Latihan serta Penelitian dan Pengembangan mempunayi tugas melaksanakan penyiapan perumusan kebijakan teknis, pelaksanaan dan pelayanan administrasi dan teknis di bidang Pendidikan dan Latihan serta Penelitian dan Pengembangan;

2)        Untuk menyelenggarakan tugas Bidang Pendidikan dan Latihan serta Penelitian dan Pengembangan mempunyai fungsi;

a)        Penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis, pelaksanaan dan pelayanan administrasi dan teknis di bidang Pendidikan dan lLatihan serta Penelitian dan Pengembangan;

b)        Penyiapan bahan perumusan dibidang pendidikan dan latihan;

c)         Penyiapan bahan perumusan di bidang penelitian dan pengembangan;

d)        Menyelenggarakan tugas lain sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

 

3)        Bidang Pendidikan dan Latihan serta Penelitian dan Pengembangan membawahi :

a)   Seksi Pendidikan dan Latihan;

b)   Seksi Penelitian dan Pengembangan.

Bagian Tata Usaha :

1)   Bagian tata Usaha mempunyai tugas pokok memimpin, melaksanakan dan mengkoordinasikan tugas-tugas sub bagian sesuai dengan bidang tugasnya;

2)   Untuk menyelenggarakan tugas Bagian tata Usaha mempunyai fungsi :

a)        pengkoordinasian pelaksanaan kegiatan;

b)        pengelolaan urusan umum dan administrasi kepegawaian;

c)        pengelolaan administrasi keuangan;

d)        pengkoordinasian dan penyusunan program serta pengelolaan dan penyajian data;

e)        pengelolaan dan pembinaan organisasi dan tatalaksana;

f)         pelaksanaan tugas kedinasan sesuai bidang tugasnya;

3)    Bagian Tata Usaha membawahi :

a)   Sub Bagian Umum, Aset dan Perlengkapan;

b)   Sub Bagian Kepegawaian, Humas, Organisasi dan Hukum;

 

 

Bagian Keuangan :

1)   Bagian Keuangan mempunyai tugas pokok memimpin, melaksanakan pengelolaan administrasi keuangan di lingkunggan RSJ;

2)   Untuk menyelenggarakan tugas Bagian Keuangan mempunyai fungsi :

a)   pelaksanaan administrasi akutansi dan verifikasi;

b)   pelaksanaan administrasi anggaran dan perbendaharaan;

c)    pelaksanaan tugas kedinasan lain sesuai bidang tugasnya;

3)    Bagian Keuangan membawahi :

a)   Sub Bagian Anggaran dan Perbendaharaan;

b)   Sub Bagian Akuntansi dan Verifikasi;

Komite :

1)   Komite dibentuk dengan keputusan direktur untuk tujuan dan tugas tertentu;

2)   Komite berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Direktur;

3)   Komite dipimpin oleh seorang Ketua yang dipilih oleh anggota dan ditetapkan dengan Keputusan Direktur;

4)   Komite mempunyai tugas membantu Direktur dalam menyusun standar pelayanan profesi, memantau pelaksanaan standar profesi, melaksanakan pembinaan etika profesi, memberikan saran dan pertimbangan dalam pengembangan pelayanan profesi;

5)   Jumlah Komite ditetapkan oleh Direktur sesuai kebutuhan;

6)   Dalam melaksanakan tugas, komite dapat membentuk Sub.Komite dan atau Panitia yang merupakan kelompok kerja tertentu yang ditetapkan dengan keputusan direktur.

SPI :

1). SPI dibentuk dan ditetapkan oleh Direktur;

2). SPI berdada dibawah dan bertanggung jawab kepada Direktur

3). SPI dipimpin oleh seorang Ketua yang diangkat dan diberhentikan oleh Direktur

4). Anggota SPI harus berjumlah ganjil, sekurang-kurangnya 3 (tiga) orang dan sebanyak-banyaknya 7 (tujuh) orang.

 

Instalasi :

1)        Instalasi adalah unit layanan non struktural yang menyediakan fasilitas dan menyelenggarakan kegiatan pelayanan, pendidikan, pelatihan dan penelitian rumah sakit;

2)        Pembentukan Instalasi ditetapkan oleh Direktur sesuai kebutuhan;

3)        Instalasi dipimpin oleh seorang Kepala yang diangkat dan diberhentikan oleh Direktur;

4)        Kepala instalasi dalam melaksanakan tugasnya dibantu oleh tenaga-tenaga fungsional dan atau non medis;

 TATA KERJA

  1. Dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya, Direktur, Wakil Direktur, Kepala Bidang, Kepala Bagian, Kepala Seksi, Kepala Sub.Bagian dan Kelompok Jabatan Fungsional dalam lingkup RSJ Prof. Dr. HB. Saanin Padang menerapkan koordinasi, Integrasi,sinkronisasi baik secara vertikal maupun horizontal dengan sebaik-baiknya.
  2. Dalam menjalankan tugas, RSJ Prof. Dr. HB. Saanin Padang melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan.
  3. RS Jiwa Prof. HB. Saanin Padang secara fungsional dibina oleh Dinas Kesehatan.

Direktur berkewajiban memberikan petunjuk, membimbing, mengawasi pekerjaan unsur-unsur pembantu dan pelaksana dalam lingkungan satuan kerjanya.

 ESELONERING :

Eselonering Jabatan Struktural pada RS Jiwa Prof. Dr. HB. Saanin Padang adalah sebagai berikut :

  1. Direktur, eselon II b;
  2. Wakil Direktur, eselon III a;
  3. Kepala Bagian / Bidang, eselon III b;
  4. Kepala Sub Bagian / Seksi, eselon IV a.
Kategori:
TATA CARA PENGADUAN PENYALAHGUNAAN WEWENANG/PELANGGARAN OLEH PEJABAT BADAN PUBLIK Daftar Rekapitulasi Disiplin Pegawai PEMBERI PELAYANAN Visi Misi PPID Informasi Berkala Alur Pelayanan Laboratorium serta Persyaratan Pelayanan DOKUMEN TENTANG MOU/NOTA KERJASAMA RKT SPO Penarikan Peralatan Medik KEPUTUSAN PELAYANAN INFORMASI PUBLIK Asuhan Keperawatan NAPZA yang Menjalani Detoksifikasi Prosedur Pelayanan Pasien IGD Bezzeting SOP PENGELOLAAN PERMOHONAN INFORMASI LAPORAN TAHUNAN DAFTAR INFORMASI PUBLIK Kenaikan Pangkat Struktur Organisasi dan Uraian Tugas PPID RENSTRA PERUBAHAN 2016-2021 Informasi Setiap Saat INFORMASI YANG DIKECUALIKAN SOP Penanganan Klien Fase Terminal INDIKATOR KINERJA UTAMA Bezzetting Pegawai SPO Perbaikan Peralatan Medik SOP Interaksi dengan Keluarga Struktur Organisasi RSJ LAYANAN PUBLIK RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG Izin Pemanfaatan Tenaga Nuklir Laporan Kinerja BLUD PENGUMUMAN SOP PENDOKUMENTASIAN INFORMASI PUBLIK Informasi Berkala Petunjuk Penggunaan APAR Pedoman Pelayanan Instalasi Rawat Inap INFO KEPEGAWAIAN/PENGUMUMAN Monitoring dan Evaluasi Penanganan Pengaduan Masyarakat Informasi Berkala Daftar Nama Pegawai Cuti per Bulan Panduan Penanggulangan Kebakaran RBA BLUD WBK/WBBM Laporan Semester II UKL-UPL LAPORAN LAYANAN INFORMASI SPO Penyimpanan Limbah B3 (fixer) Informasi Setiap Saat Rekrutmen Menu Pasien Rawat Inap di Instalasi Gizi Alur Pelayanan Linen SPO Pemeliharaan Peralatan Medik SK Penetapan Standar Pelayanan Verifikasi Pengeluaran Keuangan DOKUMEN PERJANJIAN PENGADAAN BARANG DAN JASA PROFIL PIMPINAN RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG SOP Komunikasi Efektif FORMULIR DAN TANDA TERIMA PERMOHONAN INFORMASI Evaluasi Awal Zona Integritas (ZI) Menuju WBK/WBBM DATA STATISTIK KEUANGAN KALENDER KEGIATAN TAHUNAN SOP Terapi Aktivitas Kelompok SK PPID Evaluasi Program Kerja Ruangan Rehabilitasi Mental DATA DIKLAT & PENGEMBANGAN RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG INFORMASI DATA PERBENDAHARAAN/INVENTARIS BARANG MILIK NEGARA Usulan Pengelola Keuangan (PA, KPA, PPK dan Bendahara) Standar pemberian makanan dan minuman pasien di Instalasi Gizi Informasi Penggunaan Obat Berita Terkini Program Kerja Bidang Keperawatan JADWAL PELAYANAN INFORMASI PUBLIK SK Dewan Pengawas Asuhan Keperawatan NAPZA yang Menjalani Rehabilitasi SOP PENGELOLAAN KEBERATAN ATAS INFORMASI Alur Pengelolaan Pengaduan Masyarakat Prosedur Verifikasi Penerimaan dan Pengeluaran Keuangan Daftar Jumlah PNS per Bulan Artikel PNS DAFTAR REGISTER PERMOHONAN Prosedur Penyusunan Laporan Pengeluaran Keuangan BLUD Panduan Pemeliharaan Utilitas Daftar Jumlah Pegawai Non PNS per Bulan PELAYANAN RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG Prosedur Pelayanan Pasien Rawat Jalan STANDAR BIAYA PEROLEHAN INFORMASI Panduan Hand Hygiene Tugas Belajar PROFIL RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG SPO Pelayanan Pengaduan KGB Penghargaan Kalender Kegiatan TATA CARA PERMOHONAN INFORMASI Laporan akuntabilitas Bidang Diklat Daftar Urut Kepangkatan (DUK) IJAZAH TATA CARA PENGAJUAN KEBERATAN INFORMASI BERKALA SOP PENETAPAN DAN PEMUKTAHIRAN DIP PEDOMAN PENGELOLAAN ORGANISASI INFORMASI PUBLIK RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG LAKIP Pensiun Daftar Koleksi KTI SOP PENANGANAN SENGKETA INFORMASI PUBLIK Tarif Layanan Radiologi Jadwal Piket Pengaduan Pelayanan Panduan Pengelolaan Limbah Cair Buku Standar Kode Etik Keperawatan Tahun 2017-2020 SPO Hak Pasien dan Keluarga Pengumuman Peserta Lulus Seleksi Administrasi Penerimaan Pegawai Non PNS (Formasi Programmer) RS. JIwa Prof. HB. Saanin Padang Tahun 2020 Pemutkhiran Data Pegawai Izin Tempat Penyimpanan Sementara Limbah B3 Daftar Koleksi Audio Visual Surat - Menyurat RS. Jiwa Prof. HB. Saanin Padang Jumlah Porsi dan Jenis Makanan yang diproduksi di Inst. Gizi Informasi Berkala BROSUR PELAYANAN STRUKTUR ORGANISASI PPID LAPORAN PELAKSANAAN VALIDITAS DATA INDIKATOR MUTU Panduan Resiko Jatuh PERATURAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK SOP Penitipan/Penyimpanan Barang Milik Pasien SK TIM LAYANAN PENGADUAN Pengumuman Lainnya SOP Pengiriman Pasien Rehabilitasi Mental Dokumen RUP (Rencana Umum Pengadaan) SKP SOP Pelayanan Pasien Rehabilitasi Mental SOP Interaksi dengan Pasien VISI DAN MISI PPID SOP Pemulangan Pasien (Dropping) Prosedur Penyusunan Laporan Keuangan dan Akuntansi Panduan Pelayanan Pasien Tahap Terminal WEBSITE RSJ BERBASIS ANDROID NON PNS SPO Pengelolaan Linen PEDOMAN PENGELOLAAN ADMINISTRASI SK PNS Informasi Setiap Saat FASILITAS/KELENGKAPAN LAYANAN INFORMASI PUBLIK SK Penunjukan ASN sebagai PA, KPA, PPK dan Bendahara Pelayanan Informasi Obat DOKUMEN PERATURAN/KEPUTUSAN YANG TELAH DITETAPKAN Profil PPID Panduan Perlindungan Terhadap Kekerasan Fisik Jadwal DPJP Download Daftar Judul Buku Perpustakaan RSJ Laporan Keuangan KLINIK JIWA DEWASA Panduan Komunikasi Efektif Informasi Setiap Saat Rekrutmen Pegawai Non PNS Alur Pelayanan Radiologi SOP Pengekangan Fisik LAPORAN PENINGKATAN MUTU DAN KESELAMATAN PASIEN SPO Pengelolaan Limbah Cair PEDOMAN KEPEGAWAIAN Berita Populer LAKIP Laporan Layanan Keterbukaan Informasi Publik Penempatan Tim Penanggulangan Bencana DATA STATISTIK KEPEGAWAIAN PEDOMAN PENGELOLAAN KEUANGAN Panduan Pengelolaan Bahan Bahaya Beracun SOP Layanan Publik Daftar Jumlah PNS per Bulan Alur Penyelenggaraan Makanan di Instalasi Gizi PERJANJIAN KINERJA (PK) ESELON II SOP Pindah Ruangan RKA SOP Pencegahan Risiko Pasien Jatuh Prosedur Pembentukan Dewan Pengawas SPO Pemeliharaan Berkala / Kalibrasi Ekternal Peralatan Medik Laporan Keuangan SAK Pedoman Pelayanan Resiko Tinggi Pergub No.43 Tahun 2016 Sarana Penerimaan FORMULIR KEBERATAN LAYANAN UNGGULAN Prosedur Pengeluaran Keuangan Anggaran APBD NASKAH AKADEMIK Daftar Surat Keputusan Direktur Produk Hukum Alur Pelayanan Obat Laporan Kegiatan Bulanan Loundry Panduan Perlindungan Harta Benda Milik Pasien TUGAS DAN FUNGSI PPID SPO Pemulasaran Jenazah Panduan Pengaplikasian Restraint dan Isolasi Pengasingan terhadap Pasien Tugas dan Fungsi RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG SOP Bidang Diklat dan Litbang Prosedur Pengawasan Dewan Pengawas RENCANA STRATEGIS Program Kerja Sub Bidang Profesi dan Asuhan Keperawatan Layanan Pengaduan Online SOP Kepegawaian SOP Pengelolaan Pelaksanaan Teknis Kegiatan SPO Pengambilan Sampel di Laboratorium LAPORAN KEPUASAN PELAYANAN INFORMASI PUBLIK SOP PENGUJIAN TENTANG KONSEKUENSI FASILITAS PELAYANAN Informasi Publik Laboratorium Prosedur Penyusunan Anggaran APBD SOP PENDOKUMENTASIAN INFORMASI YANG DIKECUALIKAN Prosedur Penerimaan Pendapatan BLUD Peta Jabatan Panduan Asuhan Keperawatan pada Pasien Resiko Bunuh Diri Prosedur Penyusunan Anggaran BLUD ppid pembantu Izin Belajar Daftar Nama Pegawai Mengikuti Pelatihan SURAT KEPUTUSAN DIREKTUR ANJAB-ABK Alur Pengelolaan Pengaduan Masyarakat Jenis-Jenis Pemeriksaan Laboratorium LAKIP 2019 TARIF TATA CARA PENGAJUAN PERMOHONAN PENYELESAIAN SENGKETA KE KOMISI INFORMASI Program Kerja Dewan Pengawas Berita Utama

Sosial Media

Share to Facebook Share to Twitter Share to Gmail Print More...