TUGAS DAN FUNGSI

Rincian Tugas Pokok dan Fungsi :

Direktur :

1) Direktur mempunyai tugas pokok menyelenggarakan pelayanan kesehatan meliputi promotif, pencegahan, pemulihan, rehabilitasi dan menyelenggarakan upaya rujukan di sektyor kesehatan terutama dibidang kesehatan jiwa serta kesehatan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku berdasarkan asas desentralisasi, dekonsentrasi dan tugas pembantguan.

2) Untuk menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana dimaksud dalam ayat 1)   Direktur mempunyai fungsi :

a)   Perumusan kebijakan teknis di bidang administrasi, medis dan keperawatan;

b)   Penyelenggaraan urusan administrasi, medis dan keperawatan;

c)    Pembinaan dan penyelnggaraan tugas dibidang administrasi, medis dan keperawatan;

d)   Penyelenggaraan tugas kedinasan lain sesuai bidang tugasnya.

Direktur membawahi :

a)         Wakil Direktur Pelayanan Medis; dan

b)Wakil Direktur Umum dan Keuangan

Wakil Direktur Pelayanan :

(1)     Wadir Pelayanan mempunyai tugas pokok membantu Direktur dalam mengkoordinasi tugas bidang pelayanan medis, keperawatan, pelayanan penunjang dan tugas-tugas bidang sesuai dengan peraturan perundang-undangan;

(2)     Untuk menyelenggarakan tugas Wadir Pelayanan mempunyai Fungsi :

(a)     pengkoordinasian pengelolaan pelayanan rawat jalan;

(b)     pengkoordinasian pengelolaan pelayanan rawat inap;

(c)      pengkoordinasian pengelolaan keperawatan, etika dan frofesi keperawatan;

(d)     pelaksanaan tugas kedinasan lain sesuai bidang tugasnya.

(3)     Wadir Pelayanan membawahi;

(a)     Bidang Pelayanan Medis;

(b)     Bidang Pelayanan Keperawatan;

(c)      Bidang Penunjang Medik;

Bidang Pelayanan Medis :

  1. Bidang Pelayanan Medis mempunyai tugas pokok memimpin, melaksanakan dan mengkoordinasikan pelaksanaan tugas di bidang pelayanan medis.
  2. Untuk menyelenggarakan tugas, Bidang Pelayanan Medis mempunyai fungsi
    1. penyusunan rencana kebutuhan pelayanan medis, elektromedik dan rehab medis;
    2. pengelolaan dan penyajian data pelayanan medis, elektromedik dan rehab medis;
    3. pengelolaan dan pelayanan perawatan medik, elektromedik dan rehab medis;
    4. pelaksanaan tugas kedinasan lain sesuai bidang tugasnya.
  3. Bidang Pelayanan Medis membawahi :

           a.  Seksi Ketenagaan dan Pengendalian Mutu Pelayanan Medis;

           b.  Seksi Pengembangan dan Pemeliharaan, Fasilitasi Pelayanan Medis;

 

Bidang Keperawatan :

1)   Bidang Keperawatan mempunyai tugas pokok memimpin, melaksanakan dan mengkoordinasikan pengelolaan asuhan, etika dan profesi keperawatan serta pengelolaan logistik keperawatan.

2)   Untuk menyelenggarakan tugas Bidang Keperawatan mempunyai fungsi :

a)        pengkoordinasian, perencanaan, pemantauan, pengendalian, pembinaan, evaluasi kegiatan bidang keperawatan.

b)        Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugas;

3)        Bidang Keperawatan membawahi :

a)        Seksi Profesi dan Asuhan Keperawatan;

b)        Seksi Logistik Keperawatan;

 

Bidang Penunjang Medik :

1)        Bidang Penunjang Medik mempunyai tugas pokok memimpin, melaksanakan dan mengkoordinasikan tugas-tugas Bidang Penunjang Medik sesuai dengan bidang tugasnya;

2)        Untuk menyelenggarakan tugas Bidang Penunjang Medik mempunyai fungsi

a)   penyusunan standar farmakologi RSJ;

b)   pelaksanaan pelayanan Instalasi RSJ;

c)    pengelolaan sarana dan prasarana RSJ;

d)   pelaksanaan tugas kedinasan sesuai bidang tugasnya;

 

3)        Bidang Penunjang Medik membawahi :

a)   Seksi Ketenagaan dan Pengendalian Mutu Penunjang Medik;

b)   Seksi Pengembangan dan Pemeliharaan, Fasilitasi Penunjang Medik;

 

Wakil Direktur Umum dan Keuangan :

(1)     Wakil Direktur Umum dan Keuangan mempunyai tugas pokok membantu Direktur dalam mengkoordinasikan tugas bagian ketatausahaan, keuangan dan penelitian dan pengembangan dan tugas-tugas bagian sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

(2)     Untuk menyelenggarakan tugas Wakil Direktur Umum dan Keuangan mempunyai fungsi :

(a)      pengkoordinasian perumusan program Pendidikan dan latihan serta Penelitian dan Pengembangan RSJ;

(b)      Pengelolaan urusan kepegawaian, tatalaksana dan rumah tangga RSJ;

(c)      Pengelolaan keuangan data dan informasi Rumah Sakit Khusus Daerah;

(d)      Pelaksanaan tugas kedinasan lain sesuai bidang tugasnya;

(3)    Wakil Direktur Umum dan Keuangan membawahi :

(a)   Bidang Pendidikan dan Latihan serta Penelitian dan Pengembangan;

(b)   Bagian Tata Usaha;

(c)   Bagian Keuangan;

Bidang Pendidikan dan Latihan serta Penelitian dan Pengembangan :

1)        Bidang Pendidikan dan Latihan serta Penelitian dan Pengembangan mempunayi tugas melaksanakan penyiapan perumusan kebijakan teknis, pelaksanaan dan pelayanan administrasi dan teknis di bidang Pendidikan dan Latihan serta Penelitian dan Pengembangan;

2)        Untuk menyelenggarakan tugas Bidang Pendidikan dan Latihan serta Penelitian dan Pengembangan mempunyai fungsi;

a)        Penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis, pelaksanaan dan pelayanan administrasi dan teknis di bidang Pendidikan dan lLatihan serta Penelitian dan Pengembangan;

b)        Penyiapan bahan perumusan dibidang pendidikan dan latihan;

c)         Penyiapan bahan perumusan di bidang penelitian dan pengembangan;

d)        Menyelenggarakan tugas lain sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

 

3)        Bidang Pendidikan dan Latihan serta Penelitian dan Pengembangan membawahi :

a)   Seksi Pendidikan dan Latihan;

b)   Seksi Penelitian dan Pengembangan.

Bagian Tata Usaha :

1)   Bagian tata Usaha mempunyai tugas pokok memimpin, melaksanakan dan mengkoordinasikan tugas-tugas sub bagian sesuai dengan bidang tugasnya;

2)   Untuk menyelenggarakan tugas Bagian tata Usaha mempunyai fungsi :

a)        pengkoordinasian pelaksanaan kegiatan;

b)        pengelolaan urusan umum dan administrasi kepegawaian;

c)        pengelolaan administrasi keuangan;

d)        pengkoordinasian dan penyusunan program serta pengelolaan dan penyajian data;

e)        pengelolaan dan pembinaan organisasi dan tatalaksana;

f)         pelaksanaan tugas kedinasan sesuai bidang tugasnya;

3)    Bagian Tata Usaha membawahi :

a)   Sub Bagian Umum, Aset dan Perlengkapan;

b)   Sub Bagian Kepegawaian, Humas, Organisasi dan Hukum;

 

 

Bagian Keuangan :

1)   Bagian Keuangan mempunyai tugas pokok memimpin, melaksanakan pengelolaan administrasi keuangan di lingkunggan RSJ;

2)   Untuk menyelenggarakan tugas Bagian Keuangan mempunyai fungsi :

a)   pelaksanaan administrasi akutansi dan verifikasi;

b)   pelaksanaan administrasi anggaran dan perbendaharaan;

c)    pelaksanaan tugas kedinasan lain sesuai bidang tugasnya;

3)    Bagian Keuangan membawahi :

a)   Sub Bagian Anggaran dan Perbendaharaan;

b)   Sub Bagian Akuntansi dan Verifikasi;

Komite :

1)   Komite dibentuk dengan keputusan direktur untuk tujuan dan tugas tertentu;

2)   Komite berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Direktur;

3)   Komite dipimpin oleh seorang Ketua yang dipilih oleh anggota dan ditetapkan dengan Keputusan Direktur;

4)   Komite mempunyai tugas membantu Direktur dalam menyusun standar pelayanan profesi, memantau pelaksanaan standar profesi, melaksanakan pembinaan etika profesi, memberikan saran dan pertimbangan dalam pengembangan pelayanan profesi;

5)   Jumlah Komite ditetapkan oleh Direktur sesuai kebutuhan;

6)   Dalam melaksanakan tugas, komite dapat membentuk Sub.Komite dan atau Panitia yang merupakan kelompok kerja tertentu yang ditetapkan dengan keputusan direktur.

SPI :

1). SPI dibentuk dan ditetapkan oleh Direktur;

2). SPI berdada dibawah dan bertanggung jawab kepada Direktur

3). SPI dipimpin oleh seorang Ketua yang diangkat dan diberhentikan oleh Direktur

4). Anggota SPI harus berjumlah ganjil, sekurang-kurangnya 3 (tiga) orang dan sebanyak-banyaknya 7 (tujuh) orang.

 

Instalasi :

1)        Instalasi adalah unit layanan non struktural yang menyediakan fasilitas dan menyelenggarakan kegiatan pelayanan, pendidikan, pelatihan dan penelitian rumah sakit;

2)        Pembentukan Instalasi ditetapkan oleh Direktur sesuai kebutuhan;

3)        Instalasi dipimpin oleh seorang Kepala yang diangkat dan diberhentikan oleh Direktur;

4)        Kepala instalasi dalam melaksanakan tugasnya dibantu oleh tenaga-tenaga fungsional dan atau non medis;

 TATA KERJA

  1. Dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya, Direktur, Wakil Direktur, Kepala Bidang, Kepala Bagian, Kepala Seksi, Kepala Sub.Bagian dan Kelompok Jabatan Fungsional dalam lingkup RSJ Prof. Dr. HB. Saanin Padang menerapkan koordinasi, Integrasi,sinkronisasi baik secara vertikal maupun horizontal dengan sebaik-baiknya.
  2. Dalam menjalankan tugas, RSJ Prof. Dr. HB. Saanin Padang melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan.
  3. RS Jiwa Prof. HB. Saanin Padang secara fungsional dibina oleh Dinas Kesehatan.

Direktur berkewajiban memberikan petunjuk, membimbing, mengawasi pekerjaan unsur-unsur pembantu dan pelaksana dalam lingkungan satuan kerjanya.

 ESELONERING :

Eselonering Jabatan Struktural pada RS Jiwa Prof. Dr. HB. Saanin Padang adalah sebagai berikut :

  1. Direktur, eselon II b;
  2. Wakil Direktur, eselon III a;
  3. Kepala Bagian / Bidang, eselon III b;
  4. Kepala Sub Bagian / Seksi, eselon IV a.
Kategori:
SOP Pengekangan Fisik Tarif Layanan Radiologi Izin Tempat Penyimpanan Sementara Limbah B3 Informasi Publik Laboratorium TATA CARA PENGADUAN PENYALAHGUNAAN WEWENANG/PELANGGARAN OLEH PEJABAT BADAN PUBLIK SOP Kepegawaian SPO Pengambilan Sampel di Laboratorium Pengumuman Peserta Lulus Seleksi Administrasi Penerimaan Pegawai Non PNS (Formasi Programmer) RS. JIwa Prof. HB. Saanin Padang Tahun 2020 Daftar Nama Pegawai Cuti per Bulan DAFTAR INFORMASI PUBLIK INFORMASI PUBLIK RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG Petunjuk Penggunaan APAR SPO Penarikan Peralatan Medik Pengumuman Prosedur Pengeluaran Keuangan Anggaran APBD SPO Pelayanan Pengaduan Tugas dan Fungsi RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG Jadwal Piket Pengaduan Pelayanan Penghargaan SKP Program Kerja Bidang Keperawatan Berita Terkini SOP PENETAPAN DAN PEMUKTAHIRAN DIP Panduan Perlindungan Harta Benda Milik Pasien Daftar Koleksi KTI Izin Pemanfaatan Tenaga Nuklir Peta Jabatan RKT Rekrutmen Pegawai Non PNS Daftar Rekapitulasi Disiplin Pegawai Prosedur Pelayanan Pasien IGD Daftar Jumlah PNS per Bulan Berita Utama TATA CARA PENGAJUAN PERMOHONAN PENYELESAIAN SENGKETA KE KOMISI INFORMASI NON PNS Pemutkhiran Data Pegawai Asuhan Keperawatan NAPZA yang Menjalani Detoksifikasi SOP PENGUJIAN TENTANG KONSEKUENSI Jumlah Porsi dan Jenis Makanan yang diproduksi di Inst. Gizi SPO Hak Pasien dan Keluarga SK TIM LAYANAN PENGADUAN Panduan Pengelolaan Bahan Bahaya Beracun Laporan Semester II UKL-UPL INFO KEPEGAWAIAN/PENGUMUMAN SPO Pengelolaan Linen SPO Pengelolaan Limbah Cair Informasi Penggunaan Obat Panduan Komunikasi Efektif Bezzetting Pegawai Alur Penyelenggaraan Makanan di Instalasi Gizi TARIF PEDOMAN PENGELOLAAN ORGANISASI SOP Interaksi dengan Keluarga Artikel Panduan Resiko Jatuh Laporan Keuangan Pelayanan Informasi Obat TUGAS DAN FUNGSI PPID LAPORAN LAYANAN INFORMASI Prosedur Penyusunan Laporan Keuangan dan Akuntansi Menu Pasien Rawat Inap di Instalasi Gizi Kenaikan Pangkat Prosedur Pembentukan Dewan Pengawas PEDOMAN PENGELOLAAN KEUANGAN PEMBERI PELAYANAN Daftar Jumlah PNS per Bulan Alur Pengelolaan Pengaduan Masyarakat SPO Pemulasaran Jenazah WEBSITE RSJ BERBASIS ANDROID PENGUMUMAN FORMULIR DAN TANDA TERIMA PERMOHONAN INFORMASI Informasi Berkala Profil PPID Struktur Organisasi dan Uraian Tugas PPID Panduan Pelayanan Pasien Tahap Terminal SOP Pengiriman Pasien Rehabilitasi Mental LAYANAN UNGGULAN LAPORAN PELAKSANAAN VALIDITAS DATA INDIKATOR MUTU STANDAR BIAYA PEROLEHAN INFORMASI SPO Penyimpanan Limbah B3 (fixer) PEDOMAN KEPEGAWAIAN SK Penunjukan ASN sebagai PA, KPA, PPK dan Bendahara Evaluasi Program Kerja Ruangan Rehabilitasi Mental Informasi Setiap Saat Prosedur Verifikasi Penerimaan dan Pengeluaran Keuangan Daftar Urut Kepangkatan (DUK) LAPORAN TAHUNAN Produk Hukum PROFIL RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG Laporan Kegiatan Bulanan Loundry Izin Belajar Evaluasi Awal Zona Integritas (ZI) Menuju WBK/WBBM PERATURAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK SPO Perbaikan Peralatan Medik DATA DIKLAT & PENGEMBANGAN RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG ANJAB-ABK Informasi Berkala Laporan Kinerja BLUD Panduan Hand Hygiene RBA BLUD DOKUMEN PERJANJIAN PENGADAAN BARANG DAN JASA SOP Pindah Ruangan SOP PENANGANAN SENGKETA INFORMASI PUBLIK Pensiun Kalender Kegiatan Rekrutmen DATA STATISTIK KEUANGAN Prosedur Pengawasan Dewan Pengawas PNS Alur Pelayanan Laboratorium serta Persyaratan Pelayanan SOP PENDOKUMENTASIAN INFORMASI PUBLIK Alur Pelayanan Linen SK PPID Prosedur Penyusunan Laporan Pengeluaran Keuangan BLUD SOP Terapi Aktivitas Kelompok BROSUR PELAYANAN INFORMASI BERKALA Panduan Pengaplikasian Restraint dan Isolasi Pengasingan terhadap Pasien SOP Pelayanan Pasien Rehabilitasi Mental STRUKTUR ORGANISASI PPID FORMULIR KEBERATAN TATA CARA PERMOHONAN INFORMASI Informasi Berkala KEPUTUSAN PELAYANAN INFORMASI PUBLIK SOP Interaksi dengan Pasien Laporan Keuangan SAK Monitoring dan Evaluasi Penanganan Pengaduan Masyarakat FASILITAS/KELENGKAPAN LAYANAN INFORMASI PUBLIK Standar pemberian makanan dan minuman pasien di Instalasi Gizi Alur Pengelolaan Pengaduan Masyarakat Pergub No.43 Tahun 2016 INFORMASI YANG DIKECUALIKAN SOP Pengelolaan Pelaksanaan Teknis Kegiatan Prosedur Penerimaan Pendapatan BLUD Program Kerja Dewan Pengawas KGB JADWAL PELAYANAN INFORMASI PUBLIK Daftar Koleksi Audio Visual SK PNS Informasi Setiap Saat Sarana Penerimaan SOP Bidang Diklat dan Litbang WBK/WBBM Penempatan Tim Penanggulangan Bencana SK Dewan Pengawas Pedoman Pelayanan Instalasi Rawat Inap RKA VISI DAN MISI PPID Prosedur Penyusunan Anggaran BLUD SOP Pemulangan Pasien (Dropping) SOP PENGELOLAAN PERMOHONAN INFORMASI PELAYANAN RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG SOP Penitipan/Penyimpanan Barang Milik Pasien Struktur Organisasi RSJ SOP PENGELOLAAN KEBERATAN ATAS INFORMASI LAKIP Laporan Layanan Keterbukaan Informasi Publik LAKIP Panduan Pemeliharaan Utilitas SPO Pemeliharaan Peralatan Medik Asuhan Keperawatan NAPZA yang Menjalani Rehabilitasi Laporan akuntabilitas Bidang Diklat Panduan Pengelolaan Limbah Cair Bezzeting TATA CARA PENGAJUAN KEBERATAN SK Penetapan Standar Pelayanan Verifikasi Pengeluaran Keuangan Informasi Setiap Saat Visi Misi PPID Usulan Pengelola Keuangan (PA, KPA, PPK dan Bendahara) Jadwal DPJP KLINIK JIWA DEWASA Program Kerja Sub Bidang Profesi dan Asuhan Keperawatan PEDOMAN PENGELOLAAN ADMINISTRASI Jenis-Jenis Pemeriksaan Laboratorium INDIKATOR KINERJA UTAMA DOKUMEN TENTANG MOU/NOTA KERJASAMA RENCANA STRATEGIS Tugas Belajar LAYANAN PUBLIK RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG Daftar Nama Pegawai Mengikuti Pelatihan Pedoman Pelayanan Resiko Tinggi Buku Standar Kode Etik Keperawatan Tahun 2017-2020 DATA STATISTIK KEPEGAWAIAN Layanan Pengaduan Online DAFTAR REGISTER PERMOHONAN LAPORAN PENINGKATAN MUTU DAN KESELAMATAN PASIEN FASILITAS PELAYANAN LAKIP 2019 Alur Pelayanan Radiologi Daftar Jumlah Pegawai Non PNS per Bulan Surat - Menyurat RS. Jiwa Prof. HB. Saanin Padang Informasi Berkala Dokumen RUP (Rencana Umum Pengadaan) PROFIL PIMPINAN RS. JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG NASKAH AKADEMIK SPO Pemeliharaan Berkala / Kalibrasi Ekternal Peralatan Medik IJAZAH Panduan Perlindungan Terhadap Kekerasan Fisik Prosedur Penyusunan Anggaran APBD SURAT KEPUTUSAN DIREKTUR DOKUMEN PERATURAN/KEPUTUSAN YANG TELAH DITETAPKAN Berita Populer RENSTRA PERUBAHAN 2016-2021 SOP Layanan Publik Lainnya ppid pembantu Prosedur Pelayanan Pasien Rawat Jalan Panduan Penanggulangan Kebakaran SOP Komunikasi Efektif Panduan Asuhan Keperawatan pada Pasien Resiko Bunuh Diri PERJANJIAN KINERJA (PK) ESELON II Daftar Surat Keputusan Direktur INFORMASI DATA PERBENDAHARAAN/INVENTARIS BARANG MILIK NEGARA Alur Pelayanan Obat SOP PENDOKUMENTASIAN INFORMASI YANG DIKECUALIKAN Informasi Setiap Saat SOP Penanganan Klien Fase Terminal LAPORAN KEPUASAN PELAYANAN INFORMASI PUBLIK Download SOP Pencegahan Risiko Pasien Jatuh KALENDER KEGIATAN TAHUNAN Daftar Judul Buku Perpustakaan RSJ

Sosial Media

Share to Facebook Share to Twitter Share to Gmail Print More...