Wira Firmalinda, SKM, M.I.Kom | 24 September 2020 10:08:21 WIB | 4,923 kali dilihat.


INOVASI DAERAH : SIPOLIN (SISTIM PENGUKURAN KINERJA ONLINE) RS. JIWA PROF. HB SAANIN PADANG


Perjanjian kinerja adalah lembar/dokumen yang berisikan penugasan dari pimpinan instansi yang lebih tinggi kepada pimpinan instansi yang lebih rendah untuk melaksanakan program/kegiatan yang disertai dengan indikator kinerja. Melalui perjanjian kinerja, terwujudlah komitmen penerima amanah dan kesepakatan antara penerima dan pemberi amanah atas kinerja terukur tertentu berdasarkan tugas, fungsi dan wewenang serta sumber daya yang tersedia. Kinerja yang disepakati tidak dibatasi pada kinerja yang dihasilkan atas kegiatan tahun bersangkutan, tetapi termasuk kinerja (outcome) yang seharusnya terwujud akibat kegiatan tahun-tahun sebelumnya. Dengan demikian target kinerja yang diperjanjikan juga mencakup outcome yang dihasilkan dari kegiatan tahun-tahun sebelumnya, sehingga terwujud kesinambungan kinerja setiap tahunnya.

Sedangkan laporan kinerja merupakan bentuk akuntabilitas dari pelaksanaan tugas dan fungsi yang dipercayakan kepada setiap instansi pemerintah atas penggunaan anggaran. Hal terpenting yang diperlukan dalam penyusunan laporan kinerja adalah pengukuran kinerja dan evaluasi serta pengungkapan (disclosure) secara memadai hasil analisis terhadap pengukuran kinerja.

RS. Jiwa Prof. HB. Saanin Padang merupakan RS milik pemerintah Provinsi Sumatera barat dengan SDM yang padat karya. Saat ini, jumlah pegawai PNS di RS. Jiwa Prof.HB. Saanin Padang adalah 237 orang dan non PNS 115 orang. Demi memudahkan pengukuran kinerja setiap pegawai, RS. Jiwa Prof. HB.Saanin Padang membuat inovasi kategori tata kelola pemerintah daerah yang diberi nama SIPOLIN(Sistem Pengukuran Kinerja Online). Diharapkan dengan adanya sistem ini, terjadi efektivitas dan efisiensi dalam proses pengukuran kinerja pegawai (humas-hbsaanin)


Share Berita :